Work From Home : Tips Agar Tetap Produktif dan Gak Bikin Stress

Januari 07, 2022

Work From Home : Tips Agar Tetap Produktif dan Gak Bikin Stress

Di masa pandemi ini mengharuskan kita untuk beraktivitas di rumah, baik itu sekolah maupun bekerja atau work from home. Dibutuhkan penyesuaian untuk melakukan perubahan yang terjadi ini. Mulai dari menyesuaikan waktu, dan juga mental dari diri kita sendiri. Melakukan kegiatan dari rumah dapat membuat kita menjadi malas dan kurang produktif terlebih lagi bagi karyawan yang harus work from home. Untuk itu kita perlu menerapkan beberapa tips berikut agar work from home yang kita jalankan tetap produktif dan juga gak bikin kita stress, berikut tips nya :

1. Atur Waktu Sebaik Mungkin

atur waktu

Ini merupakan hal mendasar yang harus kita lakukan saat work from home. Membagi waktu bekerja dirumah bisa dibilang cukup sulit, apalagi untuk orang yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Untuk itu kamu perlu membuat jadwal dan pembagian waktu yang sangat efisien agar work from home kamu tetap produktif. Untuk memudahkan, sebaiknya jadwal kerja dirumah tetap disesuaikan dengan jadwal kerja ketika berada di kantor.

 

2. Grooming

grooming

Meski kamu bekerja dari rumah, usahakan untuk tetap grooming layaknya kamu akan bekerja di kantor. Bangun pagi dan kemudian mandi, lalu memakai pakaian yang bersih dan nyaman. Untuk wanita, usahakan berdandan juga ya, percaya deh dengan melakukan hal ini bisa bikin mood kamu menjadi lebih baik dan pastinya semangat untuk melakukan apapun.

 

3. Sarapan dan Morning Coffee

Morning coffee

Meski bekerja dari rumah kamu juga membutuhkan tenaga, jadi pastikan kamu tidak melewatkan sarapan kamu. Morning coffee juga bisa membuat kamu lebih bersemangat di pagi hari loh. Selain mencegah rasa kantuk, morning coffee juga bisa menambah tenaga dan energi kamu.

 

4. Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman

ruang kerja nyaman

Memiliki ruang kerja pribadi yang nyaman dan jauh dari gangguan. Jika bekerja dari rumah, seringkali kita mendapatkan gangguan seperti suara TV, suara ketika anak – anak bermain dan percakapan orang yang berada di rumah. Hal ini sudah pasti akan mengganggu konsentrasi kamu ketika sedang bekerja. Ruang kerja pribadi yang ideal adalah di dalam ruangan yang tertutup, agar terhindar dari kebisingan dan pastinya harus nyaman. Nyaman bukan dalam arti kalian bekerja di tempat tidur, justru jika kalian bekerja di tempat tidur kalian akan lebih membuat menjadi tidak produktif karena kalian akan sulit menahan godaan untuk tidur. Ruang kerja yang baik adalah stress free zone, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat ruang kerja yang baik dan nyaman di rumah :

  • Pilih area di sudut kamar yang memiliki pencahayaan yang bagus.
  • Pilih kursi yang nyaman untuk bekerja. Ingat, meski dirumah kamu juga harus bekerja selama 8 jam, pastikan kursi dan meja yang kamu gunakan adalah yang nyaman.
  • Siapkan alat pendukung bekerja yang lengkap, seperti stationary dan juga teknologi yang kamu gunakan juga harus yang bagus. Teknologi yang bagus bukan hanya komputer dan kelengkapannya saja, tetapi juga termasuk fasilitas internet yang mumpuni dan pastinya memiliki koneksi yang cepat dan gak gampang putus – putus. Salah satu rekomendasi provider internet yang bagus adalah MyRepublic. Anti lemot dan gak putus – putus, dijamin work from home kamu pun akan semakin produktif.

 

 

5. Buat To - Do List

to do list

Dengan membuat to-do list maka pekerjaan kamu akan lebih tertata dan terjadwal. Kamu bisa tau mana yang harus kamu prioritaskan dan menghindari terjadi nya pekerjaan yang terlewat. Di akhir jam bekerja, pastikan kamu sudah membuat to-do list untuk hari berikutnya, pastikan juga kamu memasukkan jadwal meeting agar kamu bisa dengan mudah mempersiapkan nya besok pagi.

 

6. Take A Break

take a break

Kadangkala bekerja dirumah suka membuat kita malas untuk beristirahat. Hal ini jangan sampai kamu lakukan ya, meskipun kamu bekerja dari rumah, pastikan kamu untuk juga beristirahat. Kamu bisa mengisi istirahat kamu dengan makan siang bersama keluarga, dan di sore hari nya kamu bisa menyempatkan untuk berolahraga ringan di rumah. Dengan beristirahat akan membuat kamu sehat secara fisik dan juga mental.

 

7. Batasi Diri Dari Media Sosial

sosial media

Salah satu tantangan terbesar saat work from home adalah media sosial. Bekerja dirumah memungkinkan kamu untuk memiliki banyak waktu untuk membuka media sosial. Memang media sosial juga diperlukan untuk aktivitas pekerjaan kamu, tetapi kamu juga harus membatasi pemakaian nya. Jika kamu menggunakan media sosial secara berlebihan, ini akan mempengaruhi fokus kamu dalam bekerja.

 

8. Sebisa Mungkin Memiliki Perangkat Elektronik dan Internet Yang Bagus

koneksi internet

Untuk bisa produktif pada saat bekerja dirumah selain mempunyai ruang kerja yang nyaman, pastinya harus didukung dengan perangkat elektronik dan internet yang bagus. Selain laptop atau PC yang kamu gunakan, kamu juga bisa menambahkan speaker yang bagus agar kamu bisa mendengarkan musik supaya kerja kamu juga semakin asik. Dan hal yang paling penting yang harus kamu perhatikan pada saat work from home adalah internet rumah yang bagus. Kamu pasti gak akan merasa nyaman jika ditengah tengah meeting online dengan client atau tim tiba – tiba internet kamu putus atau lemot. Pilih provider internet yang bagus, yang memberikan fasilitas internet cepat dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Kamu bisa memilih paket internet dari MyRepublic. Selain memiliki berbagai paket internet yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, harga yang ditawarkan MyRepublic juga sangat terjangkau. Untuk lebih jelas tentang pilihan paket internet nya, kamu bisa cek disini ya.

 

promo MyRepublic

Demikian tadi sedikit tips agar work from home kamu tetap produktif dan tanpa stress. Patut dicoba loh guys! Dan jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan.  

Baca Juga: Auto Sultan, Ini Dia Cara Mendapatkan Uang Dari Internet
Tag : work from home
Klik Untuk Berlangganan