Unik Banget, Ini Dia Tradisi Merayakan Tahun Baru Di Berbagai Negara

Desember 23, 2021

Unik Banget, Ini Dia Tradisi Merayakan Tahun Baru Di Berbagai Negara

Tradisi Merayakan Tahun Baru Di Berbagai Negara - Perayaan tahun baru sudah menghitung hari, pasti banyak dari kalian yang sudah punya rencana untuk merayakan malam pergantian tahun ini. Malam pergantian tahun termasuk salah satu hal yang paling ditunggu oleh semua orang untuk bersama sama merayakannya. Banyak cara untuk merayakan malam pergantian tahun, ada yang merayakan dengan menggelar pesta kembang api, menyalakan api unggun dan masih banyak kegiatan lainnya. Berikut tradisi merayakan Malam Tahun Baru dari berbagai negara yang bisa dibilang cukup unik.

1. Spanyol – Makan 12 Buah Anggur

Masyarakat Spanyol mempunyai tradisi untuk merayakan malam pergantian tahun dengan memakan buah anggur sebanyak 12 buah. Mereka percaya dengan makan 12 anggur akan membawa keberuntungan di tahun yang baru. Setiap buah anggur mewakili dari setiap bulan dan selama 1 tahun. Di kota-kota besar seperti Madrid dan Barcelona, ​​​​orang berkumpul di alun-alun utama untuk makan anggur bersama dan membagikan botol cava.

2. Turki – Menabur Garam di Depan Pintu

Jika kamu merayakan tahun baru di negara Turki, jangan lupa menyediakan garam untuk kamu taburkan di depan pintu tempat kamu tinggal. Di Turki, menaburkan garam di depan pintu dianggap sebagai keberuntungan jika menaburkan nya tepat pada jam menunjukkan tengah malam pada Hari Tahun Baru. Seperti banyak tradisi Malam Tahun Baru lainnya di seluruh dunia, tradisi ini dikatakan mempromosikan perdamaian dan kemakmuran sepanjang tahun.

3. Denmark – Memecahkan Piring

Penduduk Denmark merayakan pergantian tahun dengan melemparkan piring dan gelas tua ke pintu keluarga dan teman untuk mengusir roh jahat. Mereka juga berdiri di atas kursi dan melompat bersama tepat di tengah malam. Ini melambangkan mereka siap "melompat" ke Januari dengan harapan keberuntungan.

4. Yunani – Menggantung Bawang

Orang Yunani percaya bahwa bawang adalah simbol kelahiran kembali. Dan para orang tua akan membangunkan anak – anak mereka di hari pertama tahun yang baru dengan menepuk kepala anaknya dengan bawang.

5. Jepang – Membunyikan Lonceng 108 Kali di Kuil Budha

Salah satu tradisi unik orang Jepang dalam merayakan tahun baru adalah membunyikan lonceng yang ada di kuil umat Budha sebanyak 108 kali. Mereka akan membunyikan lonceng ini tepat pada tengah malam. Orang Jepang percaya bahwa dengan membunyikan lonceng akan menghilangkan sifat negatif dari manusia, angka 108 melambangkan banyaknya sifat negatif pada manusia.

promo MyRepublic

6. Afrika Selatan – Melempar Sofa

Melempar sofa bekas yang sudah tidak terpakai dari jendela rumah merupakan tradisi orang Afrika Selatan dalam menyambut tahun baru. Tradisi ini sudah dilakukan selama puluhan tahun karena diyakini bahwa sofa bekas adalah simbol dari masalah dan kesialan, maka dengan membuang sofa dan barang barang bekas dianggap sudah membuang kesialan dan masalah mereka. Dan kemudian menggantinya dengan yang baru diharapkan mereka bisa memulai tahun yang baru dengan harapan baru.

7. Skotlandia – Tamu Pertama

Orang Skotlandia percaya bahwa tamu yang datang pada hari pertama tahun baru bisa mendatangkan keberuntungan, tamu yang dianggap membawa keberuntungan adalah tamu laki – laki berambut gelap. Hal ini terkait pada cerita bangsa Skotlandia ketika mereka sedang diserang Viking hal terakhir yang mereka lihat pada pintu mereka adalah seorang laki – laki berambut pirang dengan membawa kapak, dan karena inilah, sekarang mereka berharap yang mereka lihat di pintu mereka adalah seorang laki – laki yang berambut gelap. Karena dipercaya akan membawa keberuntungan dan kesuksesan. Dan tamu pertama yang datang akan diberikan kado oleh tuan rumah. Tradisi ini dikenal dengan sebutan Hogmanay.

8. Ekuador – Membakar Orang orangan Sawah

Di Ekuador, perayaan Malam Tahun Baru dirayakan dengan menyalakan api unggun. Di tengah masing-masing api unggun ini terdapat boneka seperti orang orangan sawah atau patung dan foto dari tahun sebelumnya (tahun tua). Pembakaran "año viejo," atau "tahun tua", demikian sebutan mereka, diadakan pada akhir setiap tahun untuk membersihkan dunia dari semua hal buruk dari 12 bulan terakhir dan memberi ruang bagi kebaikan yang akan datang.

9. Estonia – Makan 7 Kali

Jika kamu termasuk orang yang suka makan, cocok banget nih kalau kamu merayakan pergantian tahun di Estonia. Orang Estonia percaya bahwa makan sebanyak 7 kali akan membawa keberuntungan di tahun yang akan datang. Dan jika makanan yang dimakan tidak habis, mereka akan meninggalkan makanan tersebut pada piring mereka tanpa membuang nya. Hal itu dilakukan untuk memberi makan roh kerabat yang datang pada saat itu.

10. Filipina – Serba Bulat

Dalam merayakan pergantian tahun, kamu akan melihat dekorasi dan ornamen yang serba bulat di Filipina. Orang Filipina akan memakai baju yang memiliki pola bulat, menyajikan dan memakan makanan yang berbentuk bulat. Mereka percaya bahwa bentuk bulat melambangkan keberuntungan dan keberkahan.

Itu tadi tradisi unik untuk merayakan pergantian tahun di setiap negara. Selama ini apakah kalian memiliki tradisi unik untuk merayakan tahun baru? Nah untuk kalian yang memiliki tradisi merayakan pergantian tahun hanya dirumah saja dengan keluarga, kalian bisa streaming bareng loh nonton film – film holiday. Pastikan acara streaming bareng kamu lancar ya dengan menggunakan provider internet terbaik seperti MyRepublic. Dijamin acara streaming bareng kamu ga akan buffering dan pastinya lancar.

Baca Juga : Rekomendasi Serial Netflix Terbaru, Teman Menghabiskan Weekend Dirumah

Tag : malam tahun baru, perayaan tahun baru, tahun baru, tradisi tahun baru
Klik Untuk Berlangganan