Tes Kecepatan Internet Akurat di MyRepublic

Internet Anda Terasa Lambat? Segera lakukan tes kecepatan internet Anda sekarang dan ketahui seberapa cepat internet yang kamu miliki.

Bagaimana Uji Kecepatan Internet Ini Bekerja?

PING / Jitter

Angka yang muncul pada PING/Jitter adalah jeda waktu yang dibutuhkan untuk sekali pengiriman dan menerima jawaban / reply atas potongan data yang dikirimkan. Semakin rendah hasilnya maka artinya koneksi yang dimiliki semakin bagus.

    Bagaimana cara kerja pengukuran PING / Jitter?

  • User client akan mengirimkan data ke server terlebih dahulu. Setelah server menerima data tersebut, server akan mengirimkan balasan. Waktu pengiriman dan menerima balasan tersebut lah yang akan dihitung sebagai PING / Jitter. Pengukuran ini dihitung dalam satuan ms (milisecond).

Download Speed

Kecepatan koneksi internet yang digunakan dalam mengunduh data. Angka download speed ini menunjukkan berapa lama perangkat yang kita pakai untuk menerima data.

    Bagaimana cara kerja pengukuran Download?

  • User client akan membentuk beberapa koneksi dengan server. Setelah itu, client akan meminta server untuk mentransfer beberapa potongan data. Pada proses ini, client akan menghitung kecepatan transfer yang sudah disesuaikan dengan potongan data yang diterima.
  • Selama pengujian, client akan meminta lebih banyak potongan data dan akan membentuk koneksi tambahan ke server untuk mengukur kecepatan download yang lebih akurat. Dari proses inilah kecepatan download internet Anda akan diketahui hasil akhirnya.

Upload Speed

Upload adalah kebalikan dari download speed, artinya kecepatan yang kita butuhkan untuk mengunggah data ke internet.

    Bagaimana cara kerja pengukuran Download?

  • User client akan membentuk beberapa koneksi dengan server. Setelah itu, client akan mentransfer beberapa potongan data ke server. Pada proses ini, client akan menghitung kecepatan transfer yang sudah disesuaikan dengan potongan data yang telah ditransfer.
  • Selama pengujian, client akan mentransfer lebih banyak potongan data dan akan membentuk koneksi tambahan ke server untuk mengukur kecepatan upload yang lebih akurat. Dari proses inilah kecepatan upload internet Anda akan diketahui hasil akhirnya.

Rata-rata Bandwidth Yang Dibutuhkan

  • 2 – 5 Mbps: Dengan kecepatan ini Anda bisa chatting, video call, streaming radio, browsing namun tidak banyak yang bisa kalian lakukan dengan kecepatan ini.
  • 2 – 5 Mbps: 5 – 10 Mbps : Bisa digunakan untuk streaming video seperti netflix, youtube dll dengan kualitas standar serta main game online.
  • 2 – 5 Mbps: Dengan kecepatan ini kamu bisa streaming video dengan kualitas yang lebih baik serta download game.
  • 2 – 5 Mbps: Hampir semua kebutuhan internet Anda akan terpenuhi dengan kecepatan ini mulai dari chatting, video call, streaming film, gaming hingga download file besar.

Perlu diingat untuk kecepatan internet tersebut adalah untuk 1 orang. Jadi Anda juga haru memperhatikan jumlah user. Anda otomatis akan butuh lebih banyak bandwidth apabila user internet juga lebih dari 1 orang.

Serta Anda juga harus memikirkan jumlah perangkat yang terhubung ke Internet: Semakin banyak perangkat yang kita punya terhubung ke Internet maka semakin besar bandwidth yang kita perlukan.