Unik dan Menggugah Selera, Berikut Takjil Buka Puasa Dari Berbagai Negara

April 01, 2022

Unik dan Menggugah Selera, Berikut Takjil Buka Puasa Dari Berbagai Negara

Takjil Buka Puasa -  Tak terasa bulan Ramadhan sudah didepan mata, bulan yang ditunggu – tunggu oleh kaum muslim di seluruh dunia. Bukan karena bulan penuh berkah, tetapi tradisi Ramadhan juga memiliki makna tersendiri bagi yang menjalankannya. Moment ketika sahur hingga saat menanti waktu berbuka. Tidak hanya Indonesia, beberapa negara yang memiliki mayoritas masyarakat muslim juga memiliki tradisi yang unik, salah satu nya makanan berbuka atau yang biasa kita sebut dengan takjil. Berikut adalah menu Takjil buka puasa yang unik dari berbagai negara.

1. Kolak – Indonesia

takjil kolak

Siapa yang tidak tahu makanan ini? Makanan khas dari Indonesia sudah menjadi salah satu takjil yang umum ketika bulan puasa. Makanan manis seperti sup yang terbuat dari santan, gula merah dan berisi aneka macam buah seperti pisang dan ubi. Cara membuatnya pun tidak sulit, karena itu hampir semua orang bisa dengan mudah membuatnya. Kolak bisa disajikan saat panas dan cocok juga jika disajikan dengan es, membuatnya terasa lebih segar ketika memakannya pada saat berbuka.

 

2. Samosa – Pakistan

takjil samosa

Meski bukan termasuk makanan yang bercita rasa manis, tapi samosa ini merupakan salah satu makanan khas berbuka dari negara Pakistan. Terbuat dari adonan kulit tipis yang biasanya berisi daging cincang, sayuran dan keju ini disajikan dengan digoreng menggunakan minyak hingga memiliki tekstur yang renyah. Selain menjadi takjil buka puasa, samosa ini juga biasanya disajikan sebagai makanan pembuka.

 

3. Hummus – Lebanon

takjil hummus

Makanan unik yang berasal dari Lebanon ini menjadi salah satu menu takjil buka puasa favorit di sana. Hidangan yang seperti bubur ini terbuat dari kacang arab yang digiling dan kemudian dicampur dengan tahini atau wijen yang digiling. Biasanya Humus dihidangkan dengan minyak zaitun, perasan jeruk lemon dan roti.

 

4. Falafel – Palestina

takjil falafel

Berikut nya adalah Falafel, hidangan unik khas Palestina. Sama seperti Humus, hidangan ini pun terbuat dari kacang arab. Tetapi perbedaannya adalah Falafel ini menggunakan kacang arab yang digiling lalu kemudian dibentuk bola – bola kecil lalu digoreng dalam minyak panas. Falafel biasanya dimakan dengan selada, acar dan juga saus pedas yang membuat Falafel ini semakin nikmat untuk dimakan pada saat berbuka.

 

5. Qatayef - Arab

takjil qatayef

Hidangan khas Arab ini memiliki citarasa unik perpaduan antara manis dan gurih. Berisi krim lembut yang dipadu dengan berbagai macam jenis kacang – kacangan seperti pistachio, almond dan kenari ini sangat mudah dijumpai di gerai pinggir jalan di negara Arab selama bulan Ramadhan. Hidangan ini termasuk hidangan yang sudah ada sejak zaman Fatimiyah dan biasanya dijadikan hidangan penutup.

 

6. Pide - Turki

takjil pide

Dikenal juga dengan Pizza dari Turki, hidangan ini memiliki bentuk yang unik tidak seperti Pizza pada umumnya. Meski memiliki bentuk yang berbeda dengan Pizza, Pide memiliki komposisi yang sama seperti Pizza, hidangan ini terbuat dari adonan roti yang dipanggang dengan berbagai macam toping diatasnya seperti daging giling, sosis dan juga keju mozarella. Hidangan ini menjadi favorit masyarakat Turki dan sangat nikmat dinikmati selagi masih panas.

 

7. Harira – Maroko

takjil harira

Hidangan unik dari Maroko ini berupa sup kental yang berisi daging kambing, kacang, beras dan juga rempah – rempah yang membuat rasanya semakin menggugah selera. Selain rasanya yang lezat, sup ini juga sangat kaya akan gizi dan bisa mengembalikan tenaga setelah berpuasa.

 

Duh bikin ngiler kan liatnya. Nah, itu tadi beberapa hidangan takjil buka puasa yang unik dari berbagai macam negara, kira – kira dari hidangan diatas kamu sudah mencoba yang mana nih?

Baca Juga: Internet Lemot? Ini Dia Cara Aman Mempercepat Koneksi Agar Tetap Lancar

resume

Tag : buka puasa, falafel, hummus, kolak, pide, ramadhan, samosa, takjil, turki
Klik Untuk Berlangganan
//