Staycation : Cara Ampuh Yang Kekinian Untuk Menghilangkan Stress

Juni 24, 2022

Staycation : Cara Ampuh Yang Kekinian Untuk Menghilangkan Stress

Setelah hampir 2 tahun lamanya kita mengalami masa pandemi yang mengakibatkan pembatasan sosial, akhirnya kini kita bisa merasakan sedikit kelonggaran untuk bisa melakukan aktivitas sosial kembali. Pemerintah sudah mensosialisasikan new normal sebagai aturan untuk melakukan aktivitas sosial. Berbagai sarana hiburan seperti hotel, tempat rekreasi, dan pusat perbelanjaan kini sudah mulai bisa beroperasi kembali tetapi tetap harus mematuhi protokol new normal yang diberlakukan.

Berbagai dampak selama pandemi dialami oleh masyarakat seperti kerugian dalam usaha, keterbatasan untuk bersosialisasi hingga mengakibatkan stress karena kurang mendapatkan hiburan. Dan setelah pemerintah melonggarkan pembatasan sosial, kini banyak masyarakat yang berburu tempat rekreasi untuk menghingkan stress dan penat. Seperti berburu hotel dengan berbagai fasilitas hiburan yang tersedia. Tidak perlu jauh dan berlama – lama untuk berlibur, dengan menginap 1 malam, sudah cukup bisa membuat fikiran dan tubuh kita menjadi fresh kembali. Aktivitas ini kini populer dengan sebutan staycation.

Apa sih perbedaan staycation dan vacation?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, staycation adalah aktivitas berlibur yang tanpa perlu effort yang susah dan tidak memerlukan waktu yang lama dan jarak yang tidak jauh. Staycation kita bisa menginap satu atau dua malam di suatu penginapan dan hanya menikmati fasilitas yang diberikan oleh penginapan tersebut. Dengan kata lain, kita tidak perlu pergi kemana – mana lagi untuk mencari hiburan. Kita bisa melakukan aktivitas renang, spa, dan olahraga dengan menggunakan fasilitas yang sudah ada di penginapan tersebut. Bahkan hanya sekedar rebahan dikamar hotel pun sudah terbilang staycation.

Vacation memiliki definisi yang lebih luas lagi. Vacation atau berlibur adalah bepergian ke suatu tempat dalam waktu yang lebih lama dan persiapannya pun cukup terbilang lebih banyak. Biasanya vacation memerlukan waktu paling sedikit setidaknya 3 sampai 4 hari. Seperti contoh adalah bepergian ke luar negeri yang memerlukan persiapan khusus seperti persiapan paspor, penginapan hingga akomodasi di tempat tujuan. Dan dalam vacation pun biasanya kita akan menyusun rencana perjalanan. Rencana perjalanan ini terdiri dari tempat mana saja yang ingin kita kunjungi, hingga jadwal makan pun kita tuangkan dalam rencana perjalanan tersebut. Vacation tidak hanya pergi ke luar negeri, bepergian di dalam negeri dengan waktu yang cukup lama pun bisa disebut dengan vacation.

Saat ini kebanyakan dari kita lebih memilih untuk staycation daripada vacation. Hal ini dikarenakan regulasi yang dibutuhkan untuk vacation lebih rumit. Untuk bisa vacation kita harus memenuhi syarat – syarat dan juga peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Terlebih lagi jika kita ingin vacation ke luar negeri, banyak negara – negara yang masih belum mengijinkan turis untuk bisa datang berkunjung karena masih dalam masa pandemi. Sementara staycation cenderung lebih mudah dan simple.

Staycation juga cukup efektif untuk bisa menghilangkan penat dan juga stress dengan aktifitas sehari – hari. Dengan bepergian dan menginap di tempat dan suasana yang baru membuat kita lebih relaks. Selain itu staycation juga bisa berarti liburan hemat. Dengan staycation kita tidak memerlukan biaya yang besar.

Supaya kamu lebih bisa menikmati waktu staycation, berikut adalah beberapa trik yang bisa kamu coba :

  1. Usahakan untuk mematikan ponsel ya.

    Jika tujuan staycation kamu untuk rehat sejenak dan menghilangkan stress ada baiknya selama kamu staycation matikan notifikasi ponsel. Akan jadi percuma jika kamu masih terganggu dengan hal – hal yang bisa membuat kamu stress seperti pekerjaan. Gak ada salahnya kok, sehari kamu tidak melihat ponsel sama sekali. Justru hal ini akan berdampak baik untuk kesehatan mental kamu.

  2. Luangkan waktu untuk olahraga.

    Sudah bukan rahasia lagi jika olahraga pun menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stress dan pastinya membuat tubuh kamu menjadi bugar ketika kembali ke aktifitas sehari – hari.

  3. Cobalah untuk relaks.

    Bukan suatu dosa besar jika satu hari kamu gunakan untuk bersantai tanpa mengerjakan apapun. Cukup dengan berbaring di dalam kamar penginapan dengan pemandangan yang bagus atau kamu juga bisa membawa aromatherapy, mendengarkan lagu atau nonton marathon film – film yang belum sempat kamu tonton.

  4. Makan makanan yang lezat.

    Dengan memakan makanan yang lezat juga bisa bikin kamu happy selama staycation.

Nah itu tadi penjelasan mengenai staycation juga manfaatnya. Semoga berguna untuk kalian ya.

Baca Juga: 10 Negara Pengguna Internet Terbesar Di Dunia

Klik Untuk Berlangganan