Playstation 5 : Evolusi Model Playstation Mulai Dari Playstation 1 Hingga Playstation 5

Juni 30, 2022

Playstation 5 : Evolusi Model Playstation Mulai Dari Playstation 1 Hingga Playstation 5

Playstation 5 - Siapa yang tidak tau game console yang satu ini? Game console yang dibuat oleh Sony Interactive Entertainment dan diluncurkan pada tahun 1994 ini diberi merk Playstation. Sejak peluncurannya, Playstation terus mengembangkan fitur – fitur nya untuk bisa memuaskan para pecinta game. Tidak hanya fitur teknologi yang terus dikembangkan oleh Playstation, tetapi juga dari segi tampilannya pun semakin dibuat seapik mungkin.

Hingga saat ini Playstation sudah meluncurkan generasi ke 5 atau yang kita kenal juga dengan Playstation 5 yang sudah pasti teknologi didalamnya pun semakin canggih yang membuat gamer sangat puas ketika memainkannya. Tidak heran jika penjualan Sony Playstation ini bisa mencapai lebih dari 100 juta unit selama kurun waktu 10 tahun.

Berikut adalah perkembangan model Playstation dari masa ke masa :

1. Playstation 1 / Playstation original

PS 1

Versi pertama Playstation yang diluncurkan pertama kali di Jepang pada tahun 1994. Meskipun memiliki grafis 2D dan 3D tetapi tetap menjadi game yang paling populer pada masanya. Untuk kamu generasi 90 an pasti pernah merasakan memainkan game ini baik dirumah ataupun di rental PS didekat rumah kamu.

PS 1 memiliki spesifikasi 3232-bit MIPS dengan kecepatan 33 mhz untuk CPU, 32-bit R800A (33mhz) untuk GPU, RAM sebesar 2MB, serta resolusi setajam 640x480. Permainan dalam PS ini menggunakan compact disc dan memory card sebesar 1 MB. Game yang terkenal yang bisa kamu mainkan di PS 1 adalah Final Fantasy, Harvest Moon, Tekken 3 dan masih banyak lagi game lainnya.

2. Playstation 2

ps 2

Setelah sukses dengan generasi pertama, pada tahun 2000 Playstation kembali meluncurkan generasi terbaru nya yang diberi nama Playstation 2 atau PS 2. Tampilan dari PS 2 ini jauh lebih keren dan modern dibandingkan dengan PS 1. Memiliki tampilan full black yang sangat identik dengan gamer dan ukurannya pun dibuat menjadi lebih kecil dari ukuran sebelumnya.

Spesifikasi dari PS 2 ini juga mengalami peningkatan menjadi 64-bit Emotion Engine secepat 299 mhz untuk CPU, Graphic Synthesizer secepat 147 mhz untuk GPU, dengan RAM sebesar 32 MB, dan VRAM sebesar 2MB. Jika sebelumnya PS 1 menggunakan compact disc untuk penyimpanan game nya, PS 2 menggunakan DVD dan memory card sebesar 8 MB. Permainan yang terkenal dalam PS 2 adalah Winning Eleven, GTA San Andreas, God of War dan lain – lain.

3. Playstation 3

PS 3

Sony terus melakukan perkembangan teknologi untuk Playstation dan terbukti di tahun 2006 Sony kembali meluncurkan Playstation 3 yang memiliki dua varian yaitu basic dan premium. Fitur baru yang dimiliki PS 3 ini salah satunya adalah wireless stick controller. Untuk penyimpanan permainan, PS 3 menggunakan Blue Ray Disc dan PS 3 ini juga memiliki hard disk dengan kapasitas hingga 250MB.

Spesifikasi dari PS 3 ini adalah CPU 6 Core Cell (3,2 ghz), Reality Synthesizer secepat 500 mhz untuk GPU, dan dibekali RAM sebesar 256 MB XDR (3,2 ghz) serta VRAM sebesar 256mb GDDR3 (700 ghz). Permainan yang terkenal dalam PS 3 diantaranya adalah Metal Gear Solid V, Uncharted, The Last of Us, Assassin Creed, dan masih banyak lagi.

4. Playstation 4

PS 4

Setelah 7 tahun semenjak peluncuran PS 3, Sony kembali meluncurkan generasi terbaru Playstation. Playstation 4 atau PS 4 diluncurkan Sony pada tahun 2013 dimana masa – masa ini para pecinta game sudah merasa cukup puas dengan PS 3. PS 4 diluncurkan Sony untuk bersaing dengan kompetitornya yaitu XBOX dan Wii U. Salah satu kelebihan dari PS 4 ini adalah memiliki fitur virtual reality. PS 4 juga dikeluarkan dengan dua versi yaitu PS 4 Slim dan PS 4 Pro.

Spesifikasi dari PS 4 ini adalah Quad-Core Steamroller (3ghz) untuk CPU, AMD HD 7670 (1ghz) A10 APU untuk GPU. Dengan RAM sebesar 8 GB dan VRAM 1 GB. Beberapa permainan yang terkenal di PS 4 antara lain adalah Spider Man, The Witcher 3, Persona 5 dan masih banyak lainnya lagi.

5. Playstation 5

Playstation 5

Sony terus mengembangkan teknologi Playstation agar lebih bisa memuaskan pengalaman bermain game para gamer dengan mengeluarkan Playstation 5 di tahun 2020. Playstation 5 memilih warna putih untuk design terbarunya, dimana design – design sebelumnya menggunakan warna solid black. Hal ini membuat bentuk PS 5 semakin modern. PS 5 ini memiliki dua versi, yaitu PS 5 Regulerdan PS 5 Digital. Dengan PS 5 Digital, kamu cukup mengunduh permainan yang ingin kamu mainkan.

Spesifikasi dari PS 5 ini didukung dengan prosesor sentral 3.5GHz eight core AMD Zen 2 central processor, 2.23GHz graphics processing unit berdasarkan AMD’s RDNA architecture, 16GB RAM dan 825GB solid state hard drive.

Dari evolusi diatas, yang mana nih favorit kamu dalam bermain game? Buat kamu pengguna Playstation 5 versi digital, agar pengalaman bermain kamu semakin seru dan juga tanpa gangguan pastikan kamu menggunakan provider internet terbaik seperti MyRepublic. Selain memiliki koneksi cepat, MyRepublic juga memiliki paket yang sibuat khusus untuk para gamer. Paket Gamer dari MyRepublic dijamin bikin main game kamu anti lag dan juga low latency.

Baca Juga: Game Jadul : 10 Game Jadul Kenangan Masa Kecil Yang Bisa Kamu Mainkan di Smartphone

Klik Untuk Berlangganan