Pilihan Menu Sahur Praktis dan Bergizi Agar Tetap Fit Selama Puasa

April 01, 2022

Pilihan Menu Sahur Praktis dan Bergizi Agar Tetap Fit Selama Puasa

Menu Sahur -  Bulan puasa yang dinanti akan datang beberapa hari lagi. Bagi para umat muslim ibadah puasa sangat penting. Selain untuk beribadah ternyata puasa juga memiliki efek yang baik untuk kesehatan kita. Agar tetap kuat dan fit selama menjalankan puasa, kamu perlu memperhatikan makanan yang kamu konsumsi selama puasa terutama pada saat makan sahur. Memakan makanan sehat selama sahur sangat dianjurkan, supaya tubuh kamu tetap fit dan bugar dan terhindar dari sakit yang akan menghambat ibadah kamu.

Sahur juga menjadi sumber energi dan tenaga selama kamu berpuasa, tetapi dengan komposisi yang tepat dan juga seimbang. Makanan yang dikonsumsi selama sahur ada baiknya terdiri dari beberapa komposisi berikut ini

1. Karbohidrat

Karbohidrat menjadi energi utama yang dibutuhkan tubuh selama puasa. Karbohidrat termasuk makanan yang membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna oleh tubuh, ini salah satu nya yang menjaga tubuh terasa kenyang lebih lama. Beberapa jenis karbohidrat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama sahur adalah beras merah, kentang, gandum dan sereal. Perlu diingat juga untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak, secukupnya saja. Karena apapun yang dikonsumsi berlebihan akan memberi efek yang tidak bagus.

2. Protein

Selain karbohidrat, protein juga sangat penting untuk tubuh terutama jika kamu berpuasa. Fungsi protein adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga sebagai sumber energi. Protein yang kamu konsumsi bisa berasal dari nabati dan juga hewani.

3. Buah dan Sayur

Buah – buahan dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh terutama saat berpuasa agar dapat menjaga metabolisme tubuh dengan baik.

4. Air

Air menjaga tubuh kita agar terhidrasi dengan baik selama puasa. Tidak hanya itu, dengan mengkonsumsi air putih yang cukup selama puasa, akan menjaga metabolisme tubuh dan juga melancarkan pencernaan tubuh kita. Baiknya satu hari kita mengkonsumsi air sebanyak 2 liter, nah dikarenakan dalam beberapa jam kamu tidak akan mengkonsumsi air putih kamu harus bisa mengatur konsumsi air selama sahur dan berbuka agar kebutuhan air dalam tubuh kamu tercukupi dan kamu juga terhindar dari dehidrasi. 2 gelas air pada saat sahur cukup untuk menjaga hidrasi tubuh kamu, lalu cukupilah kembali setelah kamu berbuka.

 

Setelah mengetahui komposisi diatas, berikut adalah beberapa pilihan menu sahur praktis dan bergizi yang bisa kamu konsumsi selama sahur

1. Bubur Oatmeal

sahur oatmeal

Oatmeal termasuk dalam karbohidrat kompleks yang memakan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh. Dan ini otomatis bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Bubur oatmeal bisa kamu sajikan dengan mencampur dengan buah – buahan dan madu atau juga dengan telur orak arik.

 

2. Capcay

Masakan yang satu ini termasuk masakan dengan kombinasi lengkap karena sudah mengandung sayuran dan juga protein.

 

3. Salad buah dan sayur

sahur salad buah

Sama seperti capcay, menu yang satu ini juga terbilang cukup praktis. Campuran dari berbagai macam sayuran atau buah yang bisa kamu kombinasikan dengan menggunakan saus yoghurt yang termasuk dalam protein. Dijamin deh, bikin tubuh kamu segar dan fit sepanjang hari.

 

4. Tahu dan tempe

Untuk penyajian nya bisa kamu goreng ataupun kamu rebus yang biasa kita kenal dengan bacem. Tempe dan tahu mengandung protein yang cukup tinggi sehingga baik untuk tubuh kita.

 

5. Sayur bening

sahur sayur bening

Masakan satu ini juga termasuk salah satu masakan yang paling banyak dikonsumsi selama sahur. Selain karena mudah membuatnya, sayur bening ini juga bisa kamu buat dengan berbagai macam jenis sayur seperti bayam, sawi, daun labu, daun katuk dan oyong. Agar lebih lengkap lagi, bisa kamu kombinasikan juga dengan daging cincang dan juga sosis atau bakso.

 

6. Kurma

sahur kurma

Untuk kamu yang tidak sempat menyiapkan masakan pada saat sahur, mengkonsumsi kurma juga baik untuk memberi tenaga selama kamu berpuasa. Bahkan, Nabi Muhammad sahur hanya dengan memakan buah kurma dan air putih saja. Kurma dipercaya memiliki sumber energi yang sangat bagus untuk tubuh.

 

7. Alpukat

sahur alpukat

Selain kurma, buah alpukat juga termasuk salah satu makanan yang bagus dikonsumsi selama sahur. Alpukat juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama karena alpukat memiliki kandungan lemak sehat dan tinggi serat. Kamu bisa mengkonsumsi alpukat hanya dengan memakannya saja, atau kamu juga bisa membuat nya menjadi jus yang bisa dengan praktis kamu konsumsi.

 

Itu tadi beberapa pilihan menu sahur praktis dan bergizi yang bisa kamu konsumsi agar tubuh kamu tetap fit selama berpuasa. Sahur dinilai sangat penting dan dianjurkan juga dalam agama, karena dengan sahur kita bisa terhindar dari lemas agar bisa menjalankan ibadah dengan maksimal.

Baca Juga: Yuk Lebih Tau Sejarah Internet dan Perkembangannya

 

resume

Klik Untuk Berlangganan