Perbedaan Fiber Optic dan Kabel Coaxial, Mana Yang Lebih Bagus Untuk Internet Rumah?

Agustus 13, 2021

Perbedaan Fiber Optic dan Kabel Coaxial, Mana Yang Lebih Bagus Untuk Internet Rumah?

Para pengguna internet rumah pasti sering mendengar istilah Fiber optic dan kabel coaxial. Istilah ini terdapat pada service yang ditawarkan oleh penyedia jasa internet rumah. Nah, sudah pada tau belum perbedaan fiber optic dan kabel coaxial, apa sih keunggulannya ?

1. Fiber Optic

Fiber optic adalah suatu teknologi kabel terbaru yang menggunakan benang atau serat terbuat dari kaca atau plastik sebagai media yang digunakan untuk mentransfer datanya. Kabel jenis ini bisa dibilang paling unggul diantara jenis kabel lainnya. Dengan menggunakan media serat kaca atau plastik tersebut dapat membuat serat ini mampu mentransfer sinyal cahaya yang cukup jauh sekalipun tanpa bantuan alat apapun. Koneksi yang dihasilkan oleh fiber optic ini bisa dibilang cukup stabil, tidak terganggu oleh cuaca. Tak heran, sekarang makin banyak penyedia jasa internet rumah yang sudah menggunakan fiber optic sebagai salah satu keunggulan produk yang ditawarkan. Selain itu, apa saja sih keunggulan dari fiber optic ini, berikut penjelasannya :

    1. Tidak memerlukan listrik

Dengan tidak memerlukan adanya arus listrik, maka bisa dibilang penggunaan kabel ini cukup aman. Tidak akan menimbulkan resiko konsleting. Selain itu akan terhindar pula dari gangguan sinyal elektromagnetik

    1. Ketahanan yang kuat

Ternyata fiber optic ini memiliki daya tahan yang kuat dibandingkan dengan kabel coaxial.

    1. Komponen lebih kecil

Dibandingkan dengan kabel coaxial, fiber optic memiliki komponen yang lebih kecil. Dengan diameter kabel yang lebih kecil dan juga berat kabel yang sudah pasti ringan, membuat efisiensi kabel ini lebih unggul.

    1. Kapasitas Besar

Kapasitas transmisi kabel ini mencapai 2Gbps, selain itu transmisi yang dijangkau juga bisa terbilang cukup jauh.

Tidak dipungkiri bahwa fiber optic ini pun memiliki kelemahan, berikut adalah kelemahan dari fiber optic :

    1. Biaya lebih mahal

Sudah pasti dengan keunggulan yang ditawarkan, membuat kabel ini terbilang cukup mahal dibanding dengan kabel coaxial. Dari kualitas kabel dan juga biaya pemasangan dan perawatannya pun membutuhkan biaya yang lebih mahal.

    1. Proses Instalasi Sulit

Proses instalasi kabel ini bisa dibilang cukup sulit karena harus dilakukan dengan sangat hati hati dan juga teliti.

2. Kabel Coaxial

Kabel Coaxial adalah kabel yang terbuat dari tembaga. Dikarenakan bahan yang digunakan, maka membuat kabel ini memiliki sinyal yang kurang stabil. Koneksinya pun sangat terpengaruh oleh kondisi cuaca, jadi tak heran jika kondisi cuaca sedang tidak bagus, maka buruk pula lah kita menerima koneksi sinyal nya. Keunggulan dari kabel ini adalah :

    1. Biaya lebih terjangkau

Dengan menggunakan bahan tembaga, sudah pasti membuat kabel ini jauh lebih murah dibanding dengan fiber optic. Juga untuk biaya pemasangan dan juga perawatannya tidak memerlukan biaya yang banyak.

    1. Proses Instalasi mudah

Proses Instalasi kabel ini terbilang cukup mudah. Dikarenakan dengan bahan tembaga yang digunakan, maka kabel ini tidak rentan terhadap lekukan.

Kelemahan kabel coaxial :

    1. Memerlukan aliran listrik

Karena kabel ini memerlukan aliran listrik, maka kabel ini dapat menghantarkan aliran listrik yang berpotensi konsleting hingga membuat router terbakar, terutama jika dalam kondisi cuaca buruk seperti hujan yang disertai petir. Kabel ini pun seringkali mendapatkan gangguan dari sinyal elektromagnetik.

    1. Ketahanan yang lemah

Berkaitan dengan penjelasan di atas, hal tersebut membuat kabel ini memiliki ketahan yang lemah dibandingkan dengan fiber optic.

    1. Komponen yang lebih besar

Selain memiliki diameter kabel yang lebih besar, kabel coaxial pun memiliki kabel yang lebih berat. Hal ini disebabkan dari materi tembaga yang digunakan tadi.

    1. Kapasitas kecil

Kapasitas kabel ini terbilang cukup kecil. Kecepatan transfer data yang diterima hanya 5 Mbps. Ini merupakan faktor terbesar kenapa saat ini penyedia jasa internet rumah beralih menggunakan fiber optic.

Bagaimana, apakah sudah jelas perbedaan fiber optic dan kabel coaxial tadi? Semua ada kekurangan dan kelebihannya, dan semua itupun tergantung dari tingkat kebutuhan dan juga keadaan dari masing masing pemakai. Semoga penjelasan tadi bisa bermanfaat dan menjadi pertimbangan dalam menentukan penyedia jasa internet rumah yang akan digunakan.

Myrepublic sendiri sudah menggunakan sistem Fiber Optic, dan ini jelas membuat MyRepublic memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil untuk kebutuhan internet Anda. Yuk berlangganan MyRepublic sekarang!

Klik Untuk Berlangganan