Penyebab Internet Lemot dan Cara Mengatasinya

April 26, 2022

Penyebab Internet Lemot dan Cara Mengatasinya

Internet saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat saat ini. Mengingat hampir semua kegiatan membutuhkan koneksi internet, maka diperlukan koneksi internet yang bagus dan cepat agar semua kegiatan berjalan dengan lancar. Karena dengan koneksi internet yang lemot, sudah pasti kegiatan kita baik itu bekerja, sekolah dan juga komunikasi akan terhambat. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan internet lemot. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang penyebab internet lemot dan bagaimana cara mengatasinya.

Banyak faktor yang mempengaruhi koneksi internet menjadi lemot, berikut adalah diantaranya :

1. Jaringan sibuk

Banyak nya pengguna internet di waktu yang sama bisa mempengaruhi koneksi internet kamu. Jika WiFi dirumah kamu diakses oleh seluruh anggota keluarga dalam waktu yang bersamaan dengan menggunakan berbagai device, sudah pasti koneksi internet kamu juga akan menjadi lemot. Atau untuk pengguna mobile data, jika primetime maka koneksi internet pun menjadi lemot.

2. Faktor Cuaca

Cuaca merupakan faktor yang sangat mempengaruhi koneksi internet terutama untuk jaringan mobile internet. Jika kamu ingin memasang internet rumah, sebaiknya mencari provider internet yang sudah menggunakan fiber optic sehingga faktor cuaca tidak akan mempengaruhi koneksi internet rumah kamu. Salah satu provider internet terbaik yang sudah menggunakan fiber optic adalah MyRepublic. Dijamin bikin koneksi internet kamu cepat dan tanpa buffering.

3. Kuota Terbatas

Bagi para pengguna mobile data, faktor kuota juga mempengaruhi lambatnya akses internet kamu. Meskipun banyak paket internet dengan kata – kata unlimited, tetap saja akan menetapkan batasan kuota. Dan jika kamu sudah mendekati batas kuota tersebut, maka kecepatan kamu dalam mengakses internet akan dibatasi.

4. Permasalahan Device

Selain dari penyebab diatas, device yang kamu gunakan juga bisa menyebabkan koneksi internet menjadi lemot. Device yang termasuk disini seperti smartphone, router atau perangkat lain yang kamu gunakan.

5. Area

Area tempat kamu berada juga bisa mempengaruhi koneksi internet kamu. Jika kamu menggunakan WiFi rumah, area yang biasanya lambat koneksi nya adalah area di sudut – sudut rumah atau jaringan kamu tidak sampai ke lantai dua rumah. Jika kamu menggunakan smartphone, kalau kamu sedang berada di basement juga akan mempengaruhi sinyal yang didapat.

Dari beberapa penyebab di atas, berikut adalah cara mengatasinya

1. Memastikan Lokasi

Agar kamu mendapatkan koneksi yang bagus, kamu harus memastikan lokasi kamu berada. Tidak terhalang oleh bangunan atau gedung – gedung tinggi. Atau jika kamu menggunakan WiFi rumah, agar semua area di rumah terjangkau, kamu bisa menggunakan extender. Salah satu solusi terbaik untuk memperkuat jaringan di rumah, kamu bisa berlangganan paket magic WiFi dari MyRepublic yang bisa menjangkau setiap sudut rumah kamu.

2. Restart Device

Hal ini cukup ampuh untuk mengembalikan koneksi. Kamu bisa restart smartphone atau router yang kamu gunakan. Dengan merestart device akan membantu memperbaiki kinerja device yang digunakan karena bisa membersihkan bug yang ada pada device.

3. Gunakan fitur Ads Blocker

Dengan adanya iklan otomatis akan menyedot kuota atau bandwidth kamu. Dengan memblokir iklan – iklan yang masuk sudah pasti membuat koneksi internet akan lancar.

4. Bersihkan Cache

Cache yang menumpuk sudah pasti akan mempengaruhi kerja device yang akan membuat koneksi menjadi lemot. Kamu bisa membersihkan semua cache dalam sistem aplikasi dan juga bersihkan cache di browser kamu.

5. Periksa Spesifikasi Router

Jika router yang kamu gunakan sudah cukup lama, sebaiknya kamu ganti dengan yang baru. Karena seperti elektronik lainnya, router pun memiliki jangka waktu pemakaian.

6. Menggunakan Internet Fiber

Untuk mengatasi masalah gangguan cuaca yang akan mempengaruhi koneksi internet, gantilah provider internet kamu dengan provider yang sudah menggunakan fiber optik.

Pada dasarnya banyak sekali faktor yang menyebabkan koneksi internet menjadi lemot. Untuk mengatasinya kamu bisa mencoba cara – cara diatas. Jika internet kamu masih bermasalah, baiknya segera hubungi layanan penyedia internet kamu. Karena bisa jadi masalah yang terjadi karena gangguan jaringan atau jaringan sedang bermasalah.

Baca Juga: Yuk Lebih Tau Sejarah Internet dan Perkembangannya

deretan film indonesia terbaru

Klik Untuk Berlangganan