Olahraga Ringan Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah

Januari 14, 2022

Olahraga Ringan Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah

Banyak orang yang sudah semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Berolahraga selain dapat menjaga kesehatan tubuh juga dapat menjaga kesehatan mental kita. Bagi orang yang baru menggiatkan olahraga, banyak pilihan olahraga ringan yang dapat dilakukan. Berikut beberapa pilihan olahraga ringan yang bisa dilakukan dirumah :

1. Kardio

olahraga kardio

Olahraga ini banyak jenis nya, mulai dari treadmill hingga sepeda statis. Olahraga yang bisa dibilang cukup efektif untuk kalian yang ingin mengurangi berat badan. Karena dengan melakukan kardio kalian bisa membakar banyak lemak tubuh yang akan dikeluarkan melalui keringat.

 

2. Push Up

olahraga push up

Olahraga ini dapat kalian lakukan dengan mudah, karena bisa kalian lakukan dimanapun bahkan di ruangan yang kecil sekalipun. Caranya pun mudah, posisikan badan kalian dengan posisi tengkurap dengan kedua tangan menyentuh lantai untuk menopang tubuh dan usahakan posisi kaki dalam keadaan lurus. Perlahan gerakan tubuh secara naik dan turun dan jangan sampai tubuh menyentuh lantai. Lakukan gerakan ini sebanyak 20 -30 kali atau 5 – 10 menit atau untuk kalian para pemula, kalian bisa sesuaikan dengan kondisi tubuh kalian. Olahraga ini bertujuan untuk melatih otot dada, lengan dan perut.

 

3. Plank

olahraga plank

Plank memiliki gerakan yang sama dengan push up, hanya bedanya plank tidak dilakukan dengan menggerakan badan secara naik turun. Plank dilakukan dengan mempertahankan posisi badan tetap diatas selama 30 detik hingga 1 menit. Olahraga ini sangat baik untuk melatih otot perut. Jika dilakukan rutin, ga akan ada lagi tuh perut gendut.

 

4. Sit up

sit up

Sit up merupakan olahraga yang sangat mudah. Bahkan bisa dilakukan ketika kamu bangun tidur. Posisikan tubuh kamu berbaring terlentang, kemudian tekuk lutut kamu dan telapak kaki menyentuh lantai. Posisi tangan bisa kamu silang didepan dada atau dengan posisi lurus. Perlahan lahan angkat tubuh kamu sampai membentuk sudut 90 derajat lalu tahan selama 2 detik. Kemudian kembali ke posisi semula tetapi dengan membentuk sudut 145 derajat atau tubuh tidak sampai menyentuh lantai. Lakukan gerakan ini sebanyak 20 -30 kali atau sesuai dengan kemampuan tubuh kamu. Gerakan ini juga dapat melatih otot bagian perut.

 

5. Squat

olahraga squat

Selain Sit Up, Push Up dan Plank, Squat juga termasuk olahraga yang bisa dengan mudah kalian lakukan tanpa menggunakan alat bantu. Posisikan tubuh kalian dengan berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu. Kemudian turunkan pinggul secara perlahan seperti akan jongkok dan tahan di posisi sudut 90 derajat. Lalu menaikkan kembali tubuh kalian dan lakukan berulang sebanyak 20 – 30 kali. Gerakan ini sangat baik untuk melatih otot paha, pinggul dan punggung.

 

6. Wall Sit

olahraga wall sit

Banyak sekali olahraga yang bisa kamu lakukan dirumah dan menggunakan benda benda yang ada di rumah. Salah satunya wall sit. Kamu bisa menggunakan dinding rumah kamu untuk membantu kamu berolahraga. Caranya dengan membelakangi dinding kosong dengan posisi bersandar atau menempel pada dinding dan dengan kaki terbuka selebar bahu. Kemudian perlahan turunkan tubuh hingga mencapai posisi duduk, bayangkan kamu sedang duduk di kursi ya. Lalu tahan posisi duduk tadi selama 2-3 detik kemudian angkat kembali tubuh kamu. Lakukan berulang selama 10 – 20 kali. Gerakan ini bagus untuk melatih otot bawah perut.

 

7. Naik Turun Tangga

olahraga naik turun tangga

Selain dinding rumah, tangga di rumah kamu juga bisa dijadikan alat untuk berolahraga. Caranya dengan melakukan gerakan naik turun tangga seperti ketika kamu berjalan. Perlahan – lahan kemudian tambahkan kecepatan. Lakukan gerakan ini secara berulang. Untuk kamu yang tidak memiliki tangga rumah, kamu bisa menggunakan kursi sebagai alat bantu. Lakukan dengan cara yang sama yaitu dengan gerakan naik turun kursi, dan perlahan tambahkan kecepatan dan secara berirama. Gerakan ini dapat membantu melatih otot kaki kamu.

 

8. Aerobik atau Zumba

olahraga zumba

Olahraga yang cukup digemari wanita ini sangat efektif untuk membakar lemak. Kamu bisa melakukan olahraga ini dengan mengikuti video yang bisa kamu akses di Youtube. Kemudian kamu tinggal mengikuti semua gerakan yang ada di video tersebut. Selain efektif untuk membakar lemak, olahraga ini juga efektif untuk menghilangkan stress. 

 

Baca Juga: Auto Sultan, Ini Dia Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Untuk kamu yang malas keluar rumah untuk berolahraga itu tadi tips olahraga ringan yang bisa kamu lakukan dirumah. Perlu diingat bahwa olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Untuk itu meski jadwal kamu padat, usahakan untuk tetap berolahraga ya. Tentu saja jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan juga untuk menjaga pola makan yang sehat.

Tag : kardio, olahraga di rumah, olahraga ringan, plank, push up, sit up, zumba
Klik Untuk Berlangganan
//