Mengapa Trust itu Penting dalam Bekerja?

Maret 03, 2023

Mengapa Trust itu Penting dalam Bekerja?

Trust atau kepercayaan penting dalam dunia bekerja. Menurut Betterup.com orang yang bekerja dalam perusahaan yang memiliki tingkat kepercayaan tinggi 74% lebih tidak mengalami stress. Kebalikannya, perusahaan dengan tingkat kepercayaan yang rendah cenderung membuat pekerjanya merasa stress.

Lingkungan kerja dengan tingkat kepercayaan yang tinggi antar karyawan akan menumbuhkan perilaku yang terbuka dan konstruktif.  Trust juga penting dalam bekerja karena merupakan kunci dalam sebuah organisasi. Cek tiga alasan kenapa trust itu penting:

  1. Membangun Hubungan Antar Individu

    Membangun hubungan antar individu

Dalam bekerja tentunya kita perlu membangun hubungan antar individu. Tanpa rasa percaya satu dengan yang lainnya dapat menimbulkan efek hubungan yang tidak harmonis. Hal ini juga dapat mengefek pada hasil kualitas kerja

  1. Meningkatkan Kinerja Tim
    Meningkatkan kinerja tim

Sebuah tim perlu memiliki rasa percaya yang kuat agar membuat anggota tim menjadi lebih nyaman dalam bekerja. Tim dengan rasa percaya kemungkinan besar juga akan bekerja lebih keras untuk mencapai tujuan bersama. Kurangnya rasa percaya cenderung akan membuat masing-masing anggota bekerja sendiri dan mengurangi efisiensi kinerja tim.

 

  1. Menjaga Performansi Perusahaan
    Menjaga performansi perusahaan

Rasa percaya juga penting untuk meningkatkan performansi perusahaan. Tidak hanya penting untuk tim internal perusahaan, tetapi rasa percaya yang dimiliki pelanggan, partner dan stakeholder juga perlu untuk membangun kerja sama dan mengembangkan potensi dan performansi perusahaan.

 

Setelah kita tau pentingnya Trust dalam bekerja, Betterup.com juga memberikan informasi terkait cara untuk membangun dan menjaga rasa percaya dalam lingkungan bekerja. Beberapa value yang penting dalam Trust yang bisa diterapkan adalah bersikap jujur, berkomunikasi dengan efektif, menghargai hubungan antar karyawan, komitmen, mendukung hal yang benar, dan mengakui kesalahan.

 

Harapannya dengan dilakukannya value-value penting ini, dapat meningkatkan kepercayaan yang lebih tinggi bagi semua orang yang bekerja dalam perusahaan.

 

Baca Juga: Burnout? Ini Cara Mengatasi dan Mencegahnya!

Tag : bekerja, Internet, internet rumah, tips, trust