Cara Mudah Membangun Mesh Network di Rumah

September 01, 2020

https://www.viva.co.id/arsip/1296804-cara-mudah-membangun-mesh-network-di-rumah

VIVA – Sama seperti kantor, jaringan internet di rumah saat ini sudah menjadi kebutuhan utama penghuninya. Apalagi, teknologi nirkabel sudah sedemikian maju, memungkinkan pengguna selalu terhubung ke dunia maya tanpa kabel.

Namun, masih banyak yang menganggap bahwa peralatan jaringan di rumah hanya perlu sekadarnya saja. Asalkan sudah bisa mendukung WiFi, maka masalah selesai. Sayangnya, kenyataan yang ada tidak semudah itu. Semakin bertambahnya aktivitas, membuat beban perangkat menjadi lebih berat. Belum lagi keterbatasan jangkauan sinyal peranti yang digunakan.

Melihat masalah itu, TP-Link dan MyRepublic coba menawarkan solusi Magic WiFi dengan konsep mesh network. Berbeda dari router biasa, Deco M4 buatan TP-Link mampu saling terhubung antarperangkat, sehingga tidak memerlukan satu pengendali utama.

Kelebihan dari perangkat ini adalah, apabila membutuhkan daya jangkau sinyal yang lebih luas cukup menambah peranti. Tidak perlu mengulur kabel LAN atau belajar menjadi ahli Teknologi Informasi, karena sistem dibuat agar bisa bekerja secara otomatis.

Selain itu, Deco M4 juga memungkinkan pengguna untuk memakai satu akses yang sama, jadi tidak perlu berpindah dari satu titik akses ke titik lainnya, saat berpindah ruangan. Sistem ini mendukung hingga 100 perangkat, dan memiliki kecepatan hingga 1,1 Gb per detik.

“Jangan sampai sudah membayar paket internet yang super cepat, tapi perangkat router-nya tidak mendukung,” ujar B2B Sales Manager TP-Link Indonesia, Tony melalui keterangan resmi, dikutip Kamis 27 Agustus 2020.

Sementara itu, Product Manager MyRepublic, Chandra menjelaskan bahwa Deco M4 dilengkapi dengan fitur Parental Control, memungkinkan orangtua membuat jadwal online dan menyaring situs apa saja yang tidak boleh diakses oleh anak mereka.

Tony juga mengumumkan kabar baik untuk para gamers, yakni produk Archer C5400X dan Archer AX11000 berteknologi Wi-Fi 6 akan segera hadir di Indonesia.