Cara Aman dan Produktif Gunakan Wi-Fi di Masa Pandemi

September 01, 2020

https://www.beritasatu.com/feri-awan-hidayat/digital/670167/cara-aman-dan-produktif-gunakan-wifi-di-masa-pandemi

Jakarta, Beritasatu.com - Masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal identik dengan penggunaan jaringan Wi-Fi lebih stabil dan menyeluruh untuk bekerja dan belajar jarak jauh dengan layanan streaming atau video conference.

Namun, menggunakan internet secara bersama dalam satu rumah seringkali membuat kecewa karena suara dan gambar putus-putus, lambat, dan bahkan banyak blank spot di berbagai ruangan di dalam rumah.

Marketing Manager TP-Link Indonesia, Yoshia mengatakan, banyak kalangan yang mengeluhkan koneksi lemot saat semua orang menggunakan internet secara bersamaan. Contohnya, orang tua sedang conference call atau menghadiri virtual meeting, sedangkan anak-anak sedang mengakses materi belajar online atau menghadiri kelas virtual.

"Terlebih lagi, tambahan faktor lainnya seperti blank spot yang tidak terjangkau oleh sinyal Wi-Fi. Hal ini tetunya mengganggu produktivitas” ujar Yoshia dalam webinar 'Stay Safe and Productive' yang diadakan TP-Link bersama MyRepublic, Kamis (27/8/2020).

Dalam acara webinar ini, beberapa pertanyaan pun muncul, misalnya perangkat jaringan seperti apa yang paling bisa diandalkan untuk kondisi seperti ini dan tetap dengan harga terjangkau? Juga pertanyaan seputar pemeliharaan router yang terkadang berdebu dan terbiarkan panas di atas meja di rumah atau kantor.

B2B Sales Manager TP-Link Indonesia, Tony, menjelaskan, di masa new normal semua orang menginginkan pengalaman terbaik dengan jangkauan lebih luas dan lebih besar. Oleh karena itu, perangkat Wi-Fi dan ISP harus saling melengkapi seperti Magic Wi-Fi hasil kolaborasi antara TP-Link dan MyRepublic.

"Jangan sampai sudah membayar paket internet yang super cepat tapi perangkat router-nya tidak mendukung, begitu juga sebaliknya. Magic Wi-Fi memadukan Deco M4 Mesh Router dengan paket internet super cepat untuk hasil yang maksimal, " kata Tony.

Product Manager MyRepublic, Chandra S menambahkan, Deco M4 mampu menjangkau blank spot dalam rumah besar dan bertingkat, tanpa ada delay suara atau gambar.

"Kami menyebut ini Magic Wi-Fi. Kita tahu Wi-Fi itu banyak sekali obstacle-nya, entah itu tembok atau kaca. Namun, dengan Deco M4 tidak ada halangan. Harganya pun terjangkau dan mudah di-setting, tinggal unduh aplikasi TP-Link Deco, tak perlu sewa orang TI,” jelasnya.

Hebatnya lagi, kata Chnadra, Deco M4 dilengkapi dengan fitur parental control yang memungkinkan orang tua untuk membuat jadwal online dan menyaring situs apa saja yang tidak boleh di akses oleh anak.

"Bahkan jika ada yang ingin mencoba masuk di jaringan Wi-Fi, smartphone pengguna langsung dapat notifikasi apakah mengenal orang yang mau masuk itu. Jika tidak dikenal, tidak akan diberi akses,” tegasnya.