Makanan Korea Paling Populer, Otentik dan Menggugah Selera

Mei 24, 2022

Makanan Korea Paling Populer, Otentik dan Menggugah Selera

Makanan Korea Paling Populer - Budaya Korea Selatan saat ini sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari K-Pop, sebutan untuk penyanyi atau genre musik asal Korea Selatan, K-Drama atau Korean drama hingga makanannya. Bagi para pecinta K-Drama pasti sudah tidak asing dengan berbagai macam makanan asal Korea Selatan ini. Korean Drama menjadi salah satu sarana untuk memperkenalkan berbagai macam Korea Selatan yang terkenal lezat.

Saat ini juga sudah banyak restoran yang menyajikan makanan Korea Selatan. Jenis makanan dan harganya pun bervariatif. Biasanya untuk restoran yang menyajikan masakan autentik akan membandrol dengan harga yang premium. Tidak hanya itu, banyak e-commerce yang juga menjual makanan cepat saji asal negeri ginseng ini. Untuk kamu yang penasaran, berikut adalah beberapa makanan Korea paling populer yang bisa kamu coba :

1. Tteokbokki

teokpokki

Untuk para pecinta makanan pedas, kalian pasti suka dengan Tteokbokki. Kue beras yang dimasak dengan saus pedas manis terbuat dari gochujang dan ditambah dengan oden atau kue ikan khas Korea, menjadi salah satu makanan favorit di Korea Selatan. Makanan ini termasuk street food dan biasa dimakan sebagai cemilan. Tteobokki juga memiliki varian yang berisi keju di dalamnya, dan membuat rasanya semakin nikmat untuk dimakan.

2. Kimchi

kimchi

Kimchi adalah makanan wajib bagi warga Korea dan sudah terkenal di seluruh dunia. Bagi orang Korea, tidak akan lengkap jika makan tidak ada kimchi. Kimchi terbuat dari sayuran yang difermentasi. Kimchi pun banyak jenisnya dan sayuran yang digunakan pun bervariatif. Selain memiliki rasa yang cukup unik, kimchi juga terkenal baik untuk kesehatan.

3. Japchae

japchae

Japchae adalah bihun goreng khas Korea. Bihun yang digunakan adalah bihun khas Korea yang terbuat dari Ketela. Japchae biasanya dimasak dengan menggunakan sayuran seperti wortel, daging, kecap, minyak wijen dan dihias dengan taburan wijen sangrai.

4. Jjajangmyeon

jjajangmyeon

Salah satu hidangan mie yang sangat disukai oleh orang Korea adalah Jjajangmyeon. Hidangan mie yang ditumis dengan saus hitam yang terbuat dari pasta kedelai dengan campuran daging dan sayuran. Makanan ini biasanya dimakan dengan pendamping seperti telur rebus dan Danmuji atau acar lobak kuning.

5. Jjampong

jampong

Jjampong adalah hidangan mie berkuah dan dipadukan dengan berbagai macam seafood. Orang Korea biasanya menikmati makanan ini ketika di cuaca dingin. Kalau kalian sering menonton acara korea seperti variety show atau K drama, kalian pasti sering menyaksikan bingungnya orang Korea ketika harus memilih antara Jjangmyeon atau Jjampong. Memang kedua hidangan ini bisa disebut juga sebagai comfort food nya orang Korea.

6. Ramyeon

ramyeon

Satu lagi hidangan mie yang sangat dinikmati orang Korea adalah Ramyeon. Ramyeon adalah mie instan asal Korea Selatan. Ramyeon ini juga banyak jenisnya loh, sama seperti di Indonesia. Ramyeon juga paling nikmat jika disantap ketika cuaca dingin.

7. Bibimbap

bibimbap

Bibimbap adalah nasi campur khas Korea Selatan. Berisi berbagai macam sayuran yang direbus, daging, telur goreng dan diberi saus spesial dan minyak wijen. Untuk menikmati makanan ini adalah dengan mencampur semua bahan tersebut di dalam satu mangkuk hingga tercampur semuanya. Rasanya dijamin lezat. Karena berisi dari banyak sayuran dan protein, makanan ini adalah termasuk makanan sehat loh.

8. Kimbap

kimbap

Negara Jepang memiliki sushi, kalau di Korea ada Kimbap. Bentuk kimbap memang mirip dengan sushi, tetapi sebenarnya makanan ini berbeda. Perbedaannya terdapat pada bahan – bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini. Jika sushi biasanya terbuat dari nasi dan ikan mentah, Kimbab terbuat dari nasi dan diisi dengan telur, sayuran kemudian digulung dengan menggunakan nori atau lembaran rumput laut kering. Nasi yang digunakan untuk kimbap juga tidak perlu dicampur cuka dan gula seperti membuat sushi. Kimbap biasanya makanan yang sering dijadikan bekal.

9. Sundubu Jjigae

sundubu jigae

Sundubu Jjigae atau sup tahu khas Korea. Bahan dasar pembuatan sup ini adalah tahu lembut korea yang dimasak dengan kuah pedas gochujang dan dicampur dengan daging atau berbagai macam seafood dan juga sayuran seperti jamur. Hidangan ini cocok sebagai hidangan musim dingin. Selain rasanya yang nikmat, hidangan ini juga membuat tubuh menjadi hangat.

10. Samgyetang

samgyetang

Salah satu makanan yang menyehatkan tubuh adalah Samgyetang. Hidangan Sup ayam yang dimasak dengan berbagai macam herbal sebagai bumbu. Ayam digunakan adalah ayam utuh yang tidak dipotong – potong, kemudian ayam tersebut diisi dengan beras ketan, kurma Korea, bawang putih dan ginseng. Orang Korea percaya dengan menyantap hidangan ini akan menjadikan stamina menjadi bugar karena kandungan herba dan juga ginseng tadi.

11. Miyeok Guk

miyeok guk

Satu lagi hidangan sup khas Korea adalah Miyeok Guk atau sup rumput laut. Hidangan ini biasanya dijadikan sebagai hidangan wajib ketika ada yang berulang tahun. Orang yang berulang tahun harus memakan hidangan ini karena dipercaya akan panjang umur.

12. Bulgogi

bulgogi

Hidangan lauk yang terbuat dari daging sapi yang diberi bumbu khas dengan rasa agak manis ini menjadi hidangan lauk favorit orang Korea. Rasanya menjadi lebih nikmat karena daging sapi yang sudah diberi bumbu tadi kemudian dipanggang dan setelah matang ditaburi oleh biji wijen sangrai. Hidangan ini nikmat disantap dengan nasi putih dan kimchi.

13. Jeon

jeon

Jeon adalah pancake asal korea. Berbeda dengan pancake yang biasa kita makan yang bercita rasa manis, jeon terbuat dari berbagai macam sayuran bahkan daging dan juga seafood bisa dibuat menjadi jeon. Jeon dibuat dengan cara digoreng dengan sedikit minyak.

14. Mandu

mandu

Mandu adalah dumpling khas Korea. Mandu berisi dari daging yang dicampur dengan sayuran dan juga kimchi kemudian dibungkus dengan kulit pangsit dan dikukus. Selain dikukus mandu juga bisa disajikan dengan cara di goreng.

15. Bungeoppang

bungeoppang

Dessert khas korea ini berbentuk sangat unik. Roti berbentuk ikan yang berisi pasta kacang merah ini menjadi camilan atau dessert favorit orang Korea dan nikmat disantap selagi hangat. Rasanya yang legit, membuat orang yang memakannya menjadi ketagihan. Termasuk mimin juga loh!

Itu tadi berbagai macam makanan Korea paling populer yang bisa kamu coba. Untuk menikmati hidangan tadi kamu tidak perlu jauh – jauh pergi ke Korea, kamu sudah bisa menikmatinya di restoran Korea yang ada disekitar kamu. Untuk kamu yang hobi masak, bisa juga loh kamu coba untuk membuatnya sendiri dirumah.

Baca Juga: Unik dan Menggugah Selera, Berikut Takjil Buka Puasa Dari Berbagai Negara

 

Klik Untuk Berlangganan
//