Kenali Ciri – Ciri Gejala Stress Dalam Bekerja Dan Cara Mengatasinya

Juni 30, 2022

Kenali Ciri – Ciri Gejala Stress Dalam Bekerja Dan Cara Mengatasinya

Untuk kamu yang bekerja kantoran, riskan sekali untuk mengalami stress. Stress yang diakibatkan oleh pekerjaan dapat berdampak buruk kepada kesehatan tubuh kita. Selain kesehatan, stress juga bisa mempengaruhi efektifitas dari kinerja dan juga bisa mempengaruhi kehidupan pribadi. Karenanya, penting sekali untuk mengenali gejala stress agar bisa mengatasinya.

Banyak hal yang menyebabkan kita stress dalam hal pekerjaan diantaranya adalah :

1. Susahnya beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Biasanya hal ini terjadi pada orang yang introvert. Kebanyakan orang introvert akan sulit beradaptasi dengan keadaan yang baru. Karena sifatnya yang tertutup dan tidak terlalu pandai untuk memulai suau percakapan. Tidak hanya orang yang introvert saja, tetapi biasanya orang yang sebelumnya bekerja disuatu perusahaan dalam waktu yang lama juga akan mengalami hal ini. Baiknya kita coba untuk membuka diri dan mulai mempelajari keadaan dan situasi di tempat kita bekerja. Jika tidak, hal ini bisa mengakibatkan stress dan berdampak buruk bagi kinerja kita.

2. Perasaan takut untuk di pecat atau di PHK.

Semasa pandemi kemarin, banyak orang yang mengalami hal ini. Masa pandemi membuat ekonomi negara memburuk dan banyak perusahaan yang gulung tikar karena mengalami kerugian. Hal ini membuat kita was – was apakah perusahaan tempat kita bekerja akan gulung tikar dan mulai melakukan PHK.

3. Jam kerja yang panjang dan tidak menentu.

Sudah bukan rahasia umum jika masih ada perusahaan yang memberlakukan sistem seperti ini. Selain dari perusahaan itu sendiri, tak jarang juga atasan yang menuntut kita untuk bisa stand by kapan saja dan dimana saja. Hal ini juga cukup membuat kita menjadi stress karena kurangnya untuk diri sendiri.

4. Penuh tekanan

Terkadang pada saat kita akan melamar suatu pekerjaan, terdapat syarat yang menyebutkan untuk bersedia bekerja dibawah tekanan. Tekanan yang dimaksud adalah tekanan yang membuat kondisi kita secara mental menjadi tidak sehat. Seperti tekanan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dalam waktu yang sedikit atau tekanan dari atasan untuk mencapai target yang terkadang dirasa sangat susah untuk dicapai.

 

Klik Untuk Berlangganan
//