Jalur Trekking Seru Untuk Pemula

Januari 22, 2022

Jalur Trekking Seru Untuk Pemula

Jalur Trekking Seru - Saat ini trekking menjadi salah satu olahraga yang populer dan banyak diminati. Selain untuk berolahraga, dengan melakukan trekking kita juga bisa melepas penat yang sudah pasti membuat pikiran kita juga lebih fresh. Trekking biasanya dilakukan di gunung – gunung atau perbukitan yang tidak terlalu tinggi. Kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan juga udara pegunungan yang sudah pasti bersih dan jauh dari polusi.

Apa sih itu trekking? Apa perbedaanya dengan hiking? Sebenarnya keduanya adalah termasuk dalam olahraga alam terbuka dan sama – sama olahraga berjalan jauh, yang membedakan adalah jalur yang dilaluinya. Hiking adalah olahraga atau kegiatan berjalan jauh dengan rute atau jalur yang sudah dipersiapkan. Sepanjang jalur hiking biasanya sudah disiapkan spot – spot untuk istirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Trekking adalah kegiatan berjalan jauh dengan melalui jalur yang kebanyakan belum terjamah dan sepanjang jalur nya pun bisa dibilang sangat minim sarana tidak seperti jalur hiking. Baik Hiking maupun trekking kedua nya merupakan olahraga rekreasi dan membutuhkan fisik yang kuat. 

Untuk kalian yang ingin melakukan trekking, berikut rekomendasi jalur trekking yang seru untuk pemula

1. Sentul

sentul

Letaknya yang tidak jauh dari Jakarta membuat Sentul menjadi destinasi favorit kaum urban sekarang ini. Hanya dengan waktu satu jam dari Jakarta, kamu sudah bisa menikmati suasana pegunungan dengan pemandangan alam yang serba hijau dan udara yang bersih. Sentul memiliki jalur trekking yang tidak terlalu panjang, hanya sekitar 3,5 kilometer saja dan jalurnya pun terbilang cukup mudah karena sedikit landai. Di Sepanjang jalur tersebut kamu bisa menemukan beberapa curug yang memiliki air yang bersih dan pemandangan yang eksotis. 

 

2. Gunung Pancar

gunung pancar

Tidak jauh dari Sentul, lokasi berikut nya adalah Gunung Pancar. Menyajikan suasana asri hutan pinus dan udara yang masih segar menjadikan Gunung Pancar sebagai salah satu jalur trekking favorit. Disini kamu tidak hanya bisa trekking, tetapi kamu juga bisa camping dengan keluarga dan teman – teman karena Gunung Pancar pun menyediakan area untuk camping. Selain hutan pinus, Gunung Pancar juga memiliki beberapa aliran sungai dengan air yang jernih dan sudah pasti menyegarkan.

 

3. Katulampa

Terletak di daerah Bogor, Katulampa juga menyediakan jalur trekking. Jalur trekking di Katulampa lebih panjang dibandingkan dengan jalur di Sentul. Jalur di Katulampa lebih berbukit dan sedikit sempit tetapi di sepanjang jalur trekking kamu bisa menemukan spot untuk beristirahat. Katulampa tidak hanya menyediakan jalur trekking, disini kamu juga bisa melakukan kegiatan alam lainnya seperti rafting di sungai dan hiking. Untuk pengunjung nya masih tergolong cukup sepi dibandingkan Sentul.

 

4. Gunung Munara

gunung munara

Masih berlokasi di sekitar Bogor, Gunung Munara adalah gunung kecil yang puncaknya tidak terlalu tinggi dan hampir bisa dibilang seperti bukit. Disini kamu bisa mengunjungi Puncak Batu Belah sebagai tujuan akhir dari jalur trekking. Dibutuhkan waktu sekitar satu jam untuk bisa sampai ke Puncak Batu Belah ini. Dan sesampainya disana, mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang luar biasa, kamu bisa menikmati indah nya hamparan hijau dari desa yang berada di kaki gunung ini. 

5. Curug Ciampea

curug ciampea

Jalur trekking tidak hanya selalu gunung dan bukit, curug pun merupakan jalur yang banyak dilalui pada saat trekking. Salah satunya adalah Curug Ciampea yang berada di daerah Tenjolaya, Bogor. Waktu yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke curug ini adalah sekitar 45 menit, dan jalur nya pun cukup menantang karena melewati jalur persawahan. Tapi semua itu akan terbayar ketika kamu sampai ke Curug nya. Kamu akan menemukan air terjun tinggi yang indah dan dikelilingi pohon – pohon hijau dan juga udara yang sangat segar. Kamu juga bisa merasakan jernihnya air yang ada di curug, dijamin deh rasa capek langsung hilang dan tubuh kamu langsung segar kembali.

 

6. Stone Garden dan Gua Pawon

stone garden

Sedikit jauh dari Jakarta, Destinasi berikutnya adalah Stone Garden dan Gua Pawon yang terdapat di daerah Padalarang Bandung. Area perbukitan yang dihiasi oleh bebatuan purba yang terbentuk secara alami akibat gempa vulkanik ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah dan menawan bahkan sangat unik. Jalur yang dilalui untuk bisa sampai ke Stone Garden ini cukup menantang karena sifatnya yang masih alami. Tidak hanya Stone Garden, kamu juga bisa mengunjungi Goa Pawon yang letaknya berada di bawah bukit Stone Garden ini. 

 

7. Tebing Keraton

tebing keraton

Bisa dibilang Tebing Keraton menjadi salah satu destinasi trekking favorit di Bandung, terbukti dengan banyaknya wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Bagaimana tidak, Tebing Keraton memberikan keindahan pemandangan pada saat matahari terbit. Tebing Keraton memiliki jalur trekking yang sudah cukup bagus, tetapi memang agak sedikit panjang. Kamu akan menempuh jarak sepanjang 1,7 kilometer dari parkiran. Tetapi dijamin, semua terbayar dengan pemandangan yang akan kamu nikmati di puncak nya. 

 

8. Sanghyang Heuleut

sanghyang heuleut

Masih berada di daerah Bandung, tepatnya di Bandung Barat terdapat sebuah jalur trekking yang memiliki wisata tersembunyi. Sanghyang Heulut adalah sebuah laguna yang terbentuk secara alami dari Gunung Purba yang letaknya berada di hutan dan di balik tebing. Meskipun dibutuhkan waktu trekking sekitar 2 jam dengan menyusuri jalur yang panjang dan menantang, Sanghyang Heulut ini adalah tempat yang sangat layak untuk dikunjungi. 

Baca Juga: Olahraga Ringan Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah

Itu tadi beberapa jalur trekking seru untuk kamu yang baru akan mencoba kegiatan trekking. Jika kamu ingin melakukan kegiatan ini, pastikan fisik kamu juga harus fit ya. Dan sebisa mungkin menggunakan alat – alat yang memang digunakan khusus untuk kegiatan ini. Seperti menggunakan sepatu dan baju yang sesuai dan nyaman. Usahakan untuk tidak membawa barang – barang yang berlebihan, agar trekking kamu semakin seru dan menyenangkan. 

Tag : bandung, bogor, curug, jalur trekking seru, sentul, trekking
Klik Untuk Berlangganan