Istilah Dalam Mobile Legends Yang Perlu Kamu Tau

Desember 23, 2020

Istilah Dalam Mobile Legends Yang Perlu Kamu Tau

Tidak terasa Mobile Legends sudah menemani para gamer di Indonesia hampir 5 tahun lamanya. Dalam rentang waktu tersebut, salah satu game terpopuler di Indonesia ini sudah di download lebih dari 100 juta kali oleh pengguna Android. Walaupun dengan usia yang cukup lama untuk sebuah online mobile game, faktanya Mobile Legends ini tetap menjadi hype sampai detik ini. Itu tidak terlepas dari pihak developer yang rutin melakukan update permainan, dukungan komunitas hingga kompetisi tingkat dunia yang diadakan secara rutin.

Ya, harus diakui selain game yang mengasyikan, strategi yang dilakukan oleh Moonton sebagai developer game tersebut berhasil mempertahankan hype gamenya di Indonesia. Karena biasanya untuk online mobile game hanya hype pada 1 atau 2 tahun pertama, setelah itu para pemainnya perlahan-lahan akan mulai berkurang.

Game Mobile Legends memang punya daya tarik tersendiri bagi para pemainnya. Salah satunya adalah gameplay yang menyenangkan yang membuat orang betah berlama-lama memainkan game tersebut. Tak jarang pula orang melakukan top up diamond hingga puluhan bahkan ratusan juga untuk mendapatkan item yang mereka inginkan untuk menambah keseruan bermain.

Belum lagi dalam game ini memungkinkan kita saling berinteraksi dengan pemain lainnya lewat voice atau in game chat yang akan menambah keseruan kita dalam bermain Mobile Legends. Nah seringkali kita menjumpai beberapa istilah dalam Mobile Legends yang kita tidak paham, apalagi untuk kamu yang baru bermain Mobile Legends. Kebanyakan karena istilah ini dalam bentuk bahasa inggris yang disingkat. Buat kamu yang bingung sama istilah-istilah dalam Mobile Legends berikut ini beberapa istilah yang biasanya ada di game tersebut beserta artinya.

  • 1. GG atau GGWP

    GGWP adalah istilah yang muncul lewat game MOBA yang sudah ada sebelumnya yaitu Dota. GG sendiri adalah singkatan dari Good Game sedangkan GGWP adalah Good Game Well Played. Istilah ini diucapkan untuk memuji player lainnya yang dianggap jago pada saat battle berlangsung.

    Tapi kamu jangan GR dulu kalau ada orang lain bilang kamu GG, karena bisa jadi itu adalah sindiran kalau ternyata permainanmu justru merusak tim dan akhirnya kalah hehe.

  • 2. AFK

    Istilah ini sebenarnya tidak hanya populer di Mobile Legends saja, namun juga di game-game lainnya karena AFK sendiri sudah ada sejak lama jauh sebelum ada Mobile Legends. Kalau dulu AFK sering digunakan saat kita chatting dengan orang lain di internet.

    AFK sendiri adalah singkatan dari Away From Keyboard. Dalam game ini AFK sendiri artinya adalah orang atau pemain tersebut telah meninggalkan permainan. Entah karena enggan melanjutkan pertarungan hingga sinyal internet yang tiba-tiba putus.

  • 3. DPS

    Sama halnya dengan AFK, istilah DPS ini tidak hanya populer di Mobile Legends saja, namun populer juga dikalangan game online lainnya. DPS adalah singkatan dari Damage per Second yang artinya jumlah damage atau seberapa sakit yang dihasilkan saat melakukan serangan dalam setiap detiknya

  • 4. CD

    CD di game ini kira kira apa ya? Apakah kaset untuk memutar video? Jelas bukan ya Rocketers. Masing-masing Hero memiliki skill khusus dan unik untuk melawan musuh tapi bukan berarti kita bisa terus-terusan non-stop menghajar lawan. Diperlukan waktu untuk skill terisi kembali.

    Jadi CD ini adalah singkatan dari Cool Down yang artinya kita harus menunggu beberapa saat sampai skill yang dimiliki masing-masing hero terisi dan bisa digunakan kembali.

  • 5. Buff

    Dalam game ini, Buff adalah suatu cara yang dilakukan untuk meningkatkan skill atau level hero yang dimainkan. Cara mendapatkan buff ini adalah dengan membunuh monster yang ada di hutan. Dengan itu kita akan mendapatkan exp dan gold yang bisa kita gunakan untuk membeli skill item yang disesuaikan dengan hero

  • 6. Noob

    Apakah kamu pernah menerima kata ini dari rekan satu tim atau musuh? Kalau iya tingkatkan lagi skill bermain kamu, karena artinya kalau kita mendapatkan kata ini artinya cara bermain kita kurang jago.

    Ada beberapa istilah serupa yang biasanya digunakan untuk mengungkapkan player yang kurang jago bermain Mobile Legends yaitu Nob, Nub atau Newbie. Kalau kamu udah jago tetap rendah hati yah :)

  • 7. Imba

    Imba adalah singkatan dari Imbalance yang mana artinya ada ketidak seimbangan pada tim. Misalnya dalam satu tim semua memakai Hero dengan role Marksman atau 4 Marksman dan 1 Tank dll. Selain tidak seimbang dalam kekuatan, terkadang tidak seimbang dalam level, item dan jumlah gold yang tidak sepadan.

  • 8. KDA

    KDA adalah singkatan dari Kill, Death, Assist. Istilah ini merujuk pada statistik permainan sang pemain. Yaitu jumlah kill, jumlah mati dan jumlah assist pada setiap permainan. Semakin tinggi Kill dan Assist namun rendah Death sudah dipastikan pemain itu jago bermain Mobile Legends.

  • 9. OP

    OP atau Over Powered merujuk pada hero atau player yang memiliki kekuatan jauh diatas rata-rata hero atau pemain lainnya. Hero OP biasanya sering ditemukan pada Hero yang baru rilis, sementara Player OP adalah para pemain yang sudah hafal betul bagaimana memainkan suatu Hero. Nah ini bisa dibilang adalah kebalikan dari Noob tadi.

  • 10. Nerf

    Nerf adalah suatu tindakan yang dilakukan guna menurunkan kekuatan Hero yang OP. Hal ini dilakukan guna menyeimbangkan kekuatan Hero satu dengan lainnya agar berjalan seimbang. Nah tugas kita sebagai pemain bagaimana cara membangun kekuatan agar kita bisa disebut sebagai Player OP.

  • 11. Gank/Ganking

    Gank atau Ganking adalah strategi yang dilakukan dalam permainan untuk membunuh lawan dengan cara beramai-ramai atau keroyokan dengan teman satu tim. Dengan strategi ini kita bisa membuat lawan tersudut dan mudah dikalahkan.

    Tapi perlu diingat bahwa strategi ini tidak selamanya mulus karena kita juga harus menjaga tower, kalau lengah tim kita bisa kehilangan tower. Jadi gunakan strategi ini di waktu yang tepat ya.

  • 12. Farming

    Farming sendiri memiliki arti pertanian. Dalam Mobile Legends, istilah ini digunakan untuk mengumpulkan gold dan exp. Bisa dengan membunuh monster di jungle dan membunuh creep. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan level Hero dalam permainan agar semakin kuat.

  • 13. Jungling

    Jungling adalah bagian dari Farming. Yaitu dengan mengumpulkan exp dan gold dengan cara membunuh monster yang ada di hutan atau jungle. Di hutan terdapat 6 monster ditambah 1 turtle yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan level dengan cepat.

  • 14. Carry

    Istilah Carry biasanya digunakan untuk Hero yang dimainkan yang bisa meningkatkan permainan tim. Jadi kalau ada rekan setim kamu yang meminta kamu menjadi carry, maka kita harus mencari hero yang berpotensi menjadi carry untuk tim.

    Dalam game awal, biasanya hero carry belum terlalu kuat. Namun hero carry bisa menjelma menjadi hero dengan damage super pada late game.

  • 15. Roaming

    Istilah Roaming ini lebih banyak ditujukan untuk mereka yang berperan sebagai Tank dan Assasin, karena 2 role tersebut lah yang bertanggung jawab untuk melindungi teman (Tank) dan menghabisi musuh (Assasin). Karena istilah Roaming dalam permainan ini artinya kamu harus melakukan perpindahan dari satu lane ke lane lainnya untuk membantu teman satu tim.

  • 16. Tank / TB

    Tank seringkali diwujudkan sebagai kendaraan berat militer yang anti peluru dan sulit untuk dihancurkan. Nah dalam game Mobile Legends ini Tank sendiri ditujukan untuk Hero yang punya kemampuan sama seperti Tank dalam dunia militer tadi. Membunuh musuh bukan tugas utama dari seorang Tanker (sebutan user Tank) namun karena “kulitnya” yang tebal, tugas utama seorang Tank adalah melindungi teman dengan cara TB (Tahan Badan).

  • 17. Toxic

    Istilah ini tidak hanya ada dalam game ini ML saja, istilah ini banyak digunakan di game online lainnya. Toxic sendiri adalah sebuah sikap negatif yang bisa merugikan tim mulai bisa dari perkataan hingga permainan.

  • 18. Feeder

    Feeder bisa dikategorikan dalam bagian toxic. Bila dalam satu tim ada yang menjadi feeder, hal ini akan sangat merugikan tim. Dimana rekan satu tim kita selalu menjadi bulan-bulanan lawan atau mati dengan jumlah yang banyak. Karena menjadi makanan empuk untuk tim lawan, player ini disebut feeder.

  • 19. META

    META sendiri adalah sebuah singkatan dari kata Most Effective Tactic Available. Adalah sebuah strategi dalam game yang bisa dibilang efektif hingga saat ini. Kompetisi seperti MDL dan MPL biasanya menjadi tolak ukur hero-hero yang biasanya sering digunakan pada kompetisi tersebut.

  • 20. Early, Mid, dan Late Game

    Dalam game ini ada 3 fase waktu yang harus kita pahami. Early game adalah rentang waktu dari detik awal permainan hingga menit ke 3, sedangkan dari menit ke 3 sampai menit ke 10 disebut Mid game dan kalau permainan sudah di atas 10 menit disebut Late game.

  • Itulah tadi istilah-istilah dalam game Mobile Legends yang mungkin kalian belum tahu. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi kalau rekan satu tim kita mengeluarkan istilah tersebut kan. Semoga artikel ini bermanfaat ya Rocketers dan bisa membantu kamu menang dalam permainan Mobile Legends.