Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar Nyata

Februari 11, 2021

Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar Nyata

Bagi kamu yang sedang bingung mencari ide usaha rumahan modal kecil untung besar, sebaiknya simak artikel ini sampai habis. Memang sejak pandemi menjangkit, banyak sektor usaha diberhentikan. Ini membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Sebab itu, perlu mencari inovasi baru untuk memulai usaha sendiri.

Kebanyakan dari kita pasti berpikir untuk membuka usaha harus memiliki modal besar. Ya mungkin sebagian usaha perlu modal gede, tapi ada kok yang hanya butuh sedikit modal. Mungkin ini akan cocok denganmu yang mulai jenuh di rumah saja.

Ide Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Usaha dengan modal kecil ini makin mudah diterapkan di era digital. kamu bisa berinovasi dan berkreasi memanfaatkan jaringan internet. Terlebih sejak masa pandemi penggunaan internet terus meningkat, tak hanya untuk komunikasi tapi juga untuk bisnis.

Sehingga kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk memulai usaha. Tak perlu cari tempat yang strategis atau ramai orang agar produk atau jasa yang kamu tawarkan bisa diketahui banyak orang. Cukup menggunakan internet dan media sosial, bisa melakukan promosi dalam jangkauan luas.

  • 1. Dropshipper

    Istilah dropship mungkin tak asing lagi di telingamu. Di toko online kamu sering mendengar istilah reseller dan dropshipper. Perlu untuk tahu bahwa keduanya berbeda. Saat menjadi reseller perlu menyiapkan modal untuk membeli stok barang yang akan dijual.

    Sedangkan dropshipper tak perlu stok barang. Sebab hanya bertugas melakukan promosi dan menerima orderan. Barang akan dikirim dari supplier kepada pelanggan. Sehingga ini sangat cocok untuk kamu yang tak bermodal banyak. Cukup dengan aktif promosi dan merespon pelanggan di media sosial.

    Untuk memulai menjadi dropshipper, carilah dulu supplier terpercaya. Tentukan pula produk apa yang akan dijual, yang sekiranya banyak dicari orang. Kamu bisa menemukan supplier di marketplace terpercaya dan kualitas barang yang dijual terjamin, atau mungkin dari rekanmu sendiri yang berjualan.

  • 2. Jual Aksesoris Wanita

    Kebanyakan perempuan selalu ingin tampil memukau dengan riasan atau aksesoris tertentu. Juga karena sifat perempuan yang mudah tertarik dengan barang yang di-posting di media sosial. Sehingga berjualan aksesoris wanita bisa jadi ide usaha yang menguntungkan.

    Kamu bisa menjual berbagai macam aksesoris seperti bros, tali rambut, gelang, kalung, atau aksesoris lainnya. Bagi kamu yang punya bakat dan telaten membuat kerajinan tangan, bisa membuat aksesoris – aksesoris tersebut sendiri. Kalau tidak, kamu bisa jadi reseller atau dropshipper.

    Kamu juga dapat berjualan jilbab dan jenis pakaian lainnya yang kekinian. Di masa pandemi, orang – orang mengurangi aktivitas di luar dan cenderung berbelanja secara online. Menjadi reseller atau dropshipper produk skincare wanita layak pula kamu coba. Karena produk ini juga pasti diminati perempuan

  • 3. Jual Minuman Kekinian

    Akhir – akhir ini muncul jenis minuman baru yang populer di kalangan masyarakat. Seperti thai tea, cheese tea, boba, beragam jus, dan es kopi. Kopi sendiri memiliki beragam jenis olahan minuman yang dengan cita rasa yang banyak. Kopi juga menjadi jenis minuman yang memiliki banyak pecinta.

    Kamu bisa mencoba berjualan satu jenis atau beberapa jenis minuman ini. Bahannya bisa membeli langsung dari supplier agar mendapat harga murah. Jualan bisa kamu lakukan di depan teras rumah. Bisa pula mendaftar di GoFood atau GrabFood dan mempostingnya di media sosialmu.

  • 4. Jual Makanan Ringan

    Bagi kamu yang hobi masak atau buat jajanan, menjual makanan ringan bisa jadi ide usaha rumahan modal kecil untung besar selanjutnya. Kamu bisa menjual beragam snack khas daerahmu atau membuat produk jenis baru dengan berbagai varian rasa.

    Bisa juga membuat beragam kue kering atau jenis makanan ringan lainnya yang bisa disimpan dalam kurun waktu tertentu. Ini memungkinkan untuk dapat menjualnya secara online dengan jangkauan yang luas. Sebab makanan tidak basi selama proses pengiriman yang mungkin membutuhkan waktu berhari – hari.

    Saat memutuskan untuk berjualan makanan ringan, tak perlu banyak modal, cukup dengan membeli peralatan dan bahan makanan. Bisa pula menjualnya di rumahmu sendiri, dititipkan di toko kelontong, di warung makan dan warung kopi. Menjual secara online di media sosial atau daftar di marketplace.

  • 5. Jasa Desain Grafis

    Bagi yang hobi atau pintar desain bisa memanfaatkan skillnya tersebut untuk mendapatkan uang. Cukup dengan memiliki laptop atau PC dan jaringan internet, kamu bisa menghasilkan uang tanpa mengeluarkan modal banyak. Saat ini banyak orang membutuhkan jasa desainer grafis.

    Mereka membutuhkan jasa desain misalnya untuk membuat curriculum vitae (CV), pamflet atau poster, sticker, cover buku, dan lain sebagainya. Mungkin sebagian beruntung bisa bekerja sebagai desainer di perusahaan, penerbit buku, atau content creator di media tertentu.
    Namun, bagi yang belum berkesempatan untuk bekerja di tempat – tempat tersebut, tidak ada salahnya mencoba untuk membuka usaha jasa desain sendiri. Kamu bisa mulai menawarkan jasamu pada orang – orang terdekat yang membutuhkan. Kemudian juga mempostingnya di media sosialmu.

  • 6. Jasa Penulisan Artikel

    Bagi kamu yang suka menulis juga memiliki kesempatan untuk membuka usaha dengan modal kecil. Kalau menulis buku, menerbitkannya, dan mendapat royalti sulit, bisa mencoba dengan membuka jasa penulisan artikel. Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan artikel SEO untuk memasarkan produk dan jasa mereka.

    Kamu bisa memulainya dengan ikut menjadi penulis lepas di penyedia jasa penulis artikel atau situs – situs tertentu. Selain itu, juga bisa membuka jasa penulisan artikel sendiri. Bisa dengan membuka website, atau cukup menebarkannya di media sosial.

  • 7. Online Shop

    Ide usaha rumahan modal kecil untung besar yaitu dengan membuka online shop. Dari keseluruhan ide jualan barang dan jasa yang telah diulas di atas, semua bisa dipasarkan melalui online. Kamu bisa mendaftarkan tokomu di marketplace tertentu.

    Juga bisa dengan membuat media sosial atau website khusus yang menjual produk – produkmu. Dalam bisnis online shop yang terpenting harus telaten dan selalu rutin mem-posting atau meng-update barang dagangan. Harus selalu stay di media sosial agar saat ada pesanan bisa langsung kamu layani.

    Sejak masa pandemi ini bisnis toko online kian marak. Sebab pembatasan untuk pergi ke luar rumah membuat orang – orang memilih belanja secara online. Meskipun dengan membuka toko online banyak pesaing, kamu harus bisa mengelabuhinya dengan kreativitasmu.

    Misalnya saja dengan menjual produk yang jarang dijual, memiliki ciri khas khusus, atau dengan menjual produk yang banyak dicari orang. Memang sebelumnya harus melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan produk yang kemungkinan laku keras. Namun, tak ada salahnya untuk dicoba.

Demikian beberapa ide usaha rumahan buat kamu yang bingung untuk buka usaha dengan modal kecil dengan keuntungan yang besar. Untuk mempermudah usaha online-mu, pakai internet fiber optik agar koneksi lebih stabil, bandwidth besar dan kecepatan hingga ratusan MBps. Serta pilihlah ide usaha rumahan modal kecil untung besar ini sesuai hobi dan peluang di lingkunganmu.