Apa sih itu SEO? Dan Bagaimana Cara Kerjanya

November 19, 2021

Apa sih itu SEO? Dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa sih itu SEO? Dan Bagaimana Cara Kerjanya - Website menjadi salah satu platform penting yang digunakan dalam dunia digital marketing. Selain sosial media, website juga menjadi salah satu platform untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan. Untuk itu SEO menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kinerja website supaya bisa optimal untuk mempromosikan produk dan jasa tadi. Dengan mengoptimalkan SEO, website kamu bisa dengan mudah ditemukan di mesin pencari. Sejarah SEO berawal dari tahun 90-an ketika mesin pencari muncul untuk pertama kalinya. Saat ini, SEO adalah strategi pemasaran yang penting didalam dunia industri yang terus berkembang.

Apa itu SEO? SEO atau Search Engine Optimization adalah cara untuk meningkatkan lalu lintas atau traffic situs web dari hasil pencarian organik agar bisa masuk ke peringkat teratas dihasil pencarian Google. Ini melibatkan hal-hal seperti penelitian kata kunci, pembuatan konten, pembuatan tautan, dan audit teknis. Hasil pencarian organik yang dimaksud disini adalah yang tidak berbayar atau bukan iklan (SEM).

Apa sih itu SEO

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat situs web kamu mendapat peringkat di mesin pencari Google, tetapi tujuannya bukan untuk mengatasi Google. Menurut pakar Phil Frost, SEO “adalah tentang bermitra dengan Google untuk memberikan hasil pencarian terbaik bagi pengguna Google.” Perlu diingat bahwa Google hanya akan menampilkan situs web yang berguna bagi pengguna mereka.

Jenis – Jenis SEO

  • On Page SEO

Adalah semua yang dapat Anda lakukan di situs web – mulai dari pengoptimalan konten seperti teks, kata kunci, gambar hingga aspek teknis. Anda harus fokus untuk mengoptimalkan konten website kamu untuk kata kunci yang dicari orang. Berikut adalah poin – poin penting yang termasuk dalam On Page SEO :

      1. Pencarian, analisis dan optimalisasi keyword
      2. Optimalisasi konten
      3. Optimalisasi title tag
      4. Optimalisasi halaman
      5. Internal link

Yang termasuk dalam aspek teknis dalam on page SEO adalah misalnya kecepatan halaman. Tujuan dari On Page SEO ini adalah untuk menyediakan konten dan UX yang sempurna dalam mesin pencarian.

  • Off Page SEO

Adalah kebanyakan tentang mendapatkan backlink berkualitas untuk menunjukkan kepada mesin pencari bahwa situs web Anda memiliki otoritas dan nilai. Pengertian dari Backlink sendiri adalah konten pada situs lain yang memiliki link yang merujuk atau menautkan kembali ke website kamu. Penempatan backlink pada situs situs yang memiliki reputasi yang bagus akan bisa dinilai mesin pencari bahwa website kamu bisa dipercaya dan berguna.

Off Page SEO juga terkait erat dengan area pemasaran online lainnya, seperti promosi dan branding media sosial yang memiliki dampak tidak langsung dalam membangun kepercayaan dan otoritas situs web Anda.

Manfaat SEO

  • Meningkatkan Pengunjung Website

Dengan adanya SEO sudah pasti akan berdampak dengan naiknya jumlah pengunjung di website secara organik. Dan sudah pasti tanpa mengeluarkan biaya untuk iklan.

  • Meningkatkan Konversi Bisnis

Dengan menargetkan keyword transactional sudah pasti akan meningkatkan nilai konversi bisnis kamu.

  • Memperluas Jangkauan User

SEO juga dapat memperluas jangkauan user dengan cara membuat artikel yang bermanfaat dengan menggunakan keyword yang relevan dan informatif dan juga optimalisasi yang baik dalam On Page dan Off Page SEO.

  • Meningkatkan keuntungan bisnis dan brand awareness jangka panjang

Dengan melakukan optimasi website secara berkala, melakukan analisa kompetitor dan mengikuti perkembangan algoritma dari mesin pencari.

Dalam menjalankan SEO ini, membutuhkan alat – alat atau aplikasi penting yang harus digunakan berikut adalah diantara nya:

  1. Google Search Console
  2. Traffic analysis tool, contoh nya Google Analytics
  3. Tool pencarian keyword, contohnya KWFinder
  4. Tool analisa backlink, contoh nya LinkMiner

Nah sudah tau kan seberapa penting SEO untuk optimalisasi website kamu agar bisa berada di peringkat pertama mesin pencarian Google. Agar hasil nya maksimal, pastikan kamu menerapkan poin – poin diatas dan selalu ikuti perkembangan algoritma yang diterapkan. Selain itu, buatlah konten yang berkualitas, informatif, tanpa ada duplikasi dan plagiasi.

Klik Untuk Berlangganan