Duh… kuota cepet banget habis kenapa sih?

Juni 18, 2020

Duh… kuota cepet banget habis kenapa sih?

“Perasaan baru kemarin ngisi kuota nih kok udah abis aja?” kalimat itu pasti sering banget nih keluar, apalagi kalo pas mau pake internet buat kerja atau bikin tugas yang urgent. Tapi tau gak si Rocketers masalah tersebut sebenernya adalah karena penggunaan kita sendiri yang tanpa disadari bikin kuota internet itu cepet banget abisnya.

Biar kejadian itu gak keulang lagi atau paling gak biar bisa bertahan sampe uang bulanan turun, mulai sekarang kita harus tau kira-kira aktivitas apa aja sih yang udah bikin kuota internet cepet sekarat. Yuk simak beberapa poin berikut:

  • Auto update gak dimatikan

    Buat pengguna smartphone Android ataupun iOS pastinya tau banget kalo aplikasi yang kita download pasti bakal ada update kedepan, tapi kadang kita lupa atau malah gak tau kalo update nya ini kadang suka lebay ukurannya bisa nyampe ratusan Mbps. Nah buat antisipasi update otomatis kita bisa atur untuk gak auto update atau auto update pas konek ke wifi.

  • Auto download whatsapp gak dimatikan

    Kalo ini kurang lebih sama dengan diatas bedanya ini didalem aplikasi whatsapp. Kalian pasti punya grup WA yang didalemnya ada member yang kadang hobi banget share gambar dan video yang gak ada faedahnya sama sekali buat kamu. Daripada kuota internet kebuang sia-sia mending kamu sendiri yang nentuin mau di download apa gak filenya

  • Gak ngebatesin pemakaian kuota Internet

    Seabrek aplikasi yang ada di smartphone kalian, khususnya sosial media apalagi yang aktivitasnya macem-macem kaya buka notif, komen, muter video, upload sampe download. Gak berasa aplikasi itu bakal nyedot abis kuota internet apalagi kalo pemakaiannya gak dibatesin, pasti bakal bablas deh. Nah biar ada yang ngingetin kamu soal pemakaian kuota kamu bisa atur deh penggunaan data internet kamu (Data usage)

  • Default setting pada setiap aplikasi

    Beberapa aplikasi sekarang ini enaknya udah punya pengaturan untuk data saver, contohnya kaya instagram. Pengaturan awal pasti default, nah ini yang perlu kalian atur tab nya jadi “Use less data” untuk menghemat kuota internet. Kalau sampe gak diatur tentu akan banyak masuk informasi sia-sia yang kita sebenernya gak butuh.

  • Aktivitas background gak dimatikan

    Beberapa aplikasi dibikin untuk jalan otomatis di belakang layar. Artinya, aplikasi ini bakal tetep jalan sekalipun kita gak buka. Nah ini yang perlu diperhatiin kalo data internet kita gak mau kebuang sia-sia. Kamu bisa cari pengaturannya di data usage

  • Game online lupa waktu

    Hampir semua game sekarang ini wajib dimainkan secara online. Nah kebiasaan gaming berjam-jam ini salah satu penyebab kuota internet kita cepet banget sekaratnya.

  • Streaming video

    Streaming video mau di Youtube, Netflix dsb pasti makan banyak kuota internet, belom lagi kalo kalian maunya muter resolusi HD berjam-jam wah dijamin deh pagi isi kuota malemnya udah pasti bakal sekarat tuh kuota internetnya :D

  • Nah itu dia beberapa hal kebiasaan yang secara gak sadar udah bikin kuota internet cepet habis. Mending repot utak-atik sebentar kan daripada harus repot nanti beli kuota seminggu 3x :D

    Tapi semua itu gak perlu kalian khawatirin kalo internet yang kamu pake MyRepublic, soalnya internet MyRepublic kuotanya gak terbatas. Bebas mau ngapain aja suka-suka kamu lah. Klik disini untuk berlangganan Internet MyRepublic.