Dengan Cara Ini Uang Belanja Jadi Lebih Hemat

Juni 19, 2020

Dengan Cara Ini Uang Belanja Jadi Lebih Hemat






Saat ini kita secara terpaksa dihadapkan pada kenyataan semuanya menjadi serba sulit, salah satu yang jadi kesulitan saat ini adalah roda ekonomi yang muternya ngga lagi stabil. Hampir sebagian orang di indonesia bahkan dunia sekarang ini sedang mengalami masalah manajemen keuangan tersebut. Ya virus corona udah ngerubah semuanya.

Sampai kapan sih masalah corona ini hilang dari muka bumi dan kita balik lagi dengan kondisi normal yang kaya dulu? Jawabannya ya sampai obat atau vaksinnya ketemu tapi kita ngga tau kan kapan ditemuin.

Buat temen-temen karyawan, wirausahawan yang sekarang masih lancar ngga ada masalah dan masih biasa kaya dulu, kalian patut bersyukur atas apa yang kalian dapetin sekarang ini. Karna banyak temen kita diluar sana yang ngga seberuntung kita karena sebagian ada yang dipotong gajinya, omset turun bahkan sampe ada yang diberhentikan dari tempat kerjanya.

Well dengan kondisi sekarang ini kita harus lebih bijak dalam hal manajemen keuangan supaya kita tetap bisa bertahan sampai pandemi ini hilang dari muka bumi. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Rocketers lakuin untuk menghemat uang belanja sekaligus menghemat uang yang ada di tabungan..

  • 1. Atur Ulang Keuangan

    Kalo kita biasa hidup boros, bisa dipastikan akan ada masalah dalam anggaran keuangan yang terjadi secara sistematis. Kita perlu melakukan penyusunan ulang anggaran keuangan dan menerapkan berbagai kebijakan untuk menghentikan pemborosan ini.

    Bukan hal yang mudah memang untuk menyusun anggaran keuangan bulanan ini. Karena sudah pasti butuh perhitungan dan pertimbangan yang cermat dan matang pada saat penyusunan anggaran secara tepat.

    Namun kita bisa mulai dengan susun anggaran yang masuk akal lebih dulu. Contohnya bikin pos pos mana aja yang pasti dikeluarin atau akan tetap ada (primer) dan pos yang bisa kita kurangin. Abis nyusun anggaran dengan baik, pelan-pelan kita bisa menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari.

    Lakukan penghematan pada anggaran secara perlahan dan bertahap. Sehingga tindakan tersebut bisa berjalan mudah dan tidak berpengaruh besar pada aktivitas kita sehari-hari. Buat hal ini menjadi mudah dan menyenangkan untuk dilakukan, kita bisa memberi diri kita sendiri sebuah reward atas pencapaian yang kita lakukan pada anggaran tersebut. Ini akan membuat kita lebih bersemangat dalam melakukan penghematan.

    Itu cuma contoh ya guys, untuk lainnya bisa disesuaikan aja sama diri kamu karena cuma kamu yang tau mana keperluan yang penting dan ngga penting.

  • 2. Jangan konsumtif dulu

    Kalo kamu biasa belanja online barang-barang yang sifatnya dadakan karna tergiur promo padahal pas dibeli juga belom tentu kepake atau ngaruh sama hidup kamu kaya hape baru contohnya. Kamu akan tetap bisa hidup walau pake hape yang lama kok.

    Dan ingat jangan memaksakan diri, mentang-mentang kamu punya kartu kredit liat barang bagus dan promo kamu langsung beli tanpa pikir panjang. Ingat walau pake kartu kredit kamu juga harus tetep bayar lho.

    Kamu juga perlu bikin aturan sendiri untuk kontrol segala pengeluaran uang belanja, terlebih lagi kalo kamu orang yang impulsif atau sering bikin keputusan secara tiba-tiba tanpa perhitungan. Coba ubah kebiasaan tersebut khususnya untuk urusan pengeluaran uang belanja.

    Kebiasaan emang ngga bisa langsung diubah tapi pelan-pelan kita bisa tinggalin kebiasaan itu. Misalnya, kalo biasanya kamu perlu waktu 10 menit untuk beli suatu barang, sekarang coba pikirin 3 - 4 jam atau 1 hari sebelumnya untuk kasih waktu buat kita pikirin apa manfaatnya dan efek keuangan bulanan kalo kita beli barang tersebut.

    Yang paling simple biar kita ngga kegoda beli barang barang dari ecommerce ya kurang kurangin deh buka aplikasi marketplace atau kalau perlu uninstall dulu sementara waktu.

  • 3. Cari peluang kerjaan sampingan

    Di situasi yang kaya gini, nyari kerjaan baru peluangnya ngga besar. Banyak perusahaan yang omzet nya terpaksa turun, otomatis perusahaan menghentikan perekrutan karyawan baru untuk sementara waktu.

    Tapi jangan patah semangat! Dengan kerja sampingan kaya jadi freelancer atau bikin bisnis kecil-kecilan itu bisa jadi solusi yang sangat tepat. Dengan begitu, kita akan tetap memiliki penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama pandemi Covid-19.

    Bingung mending kerja sampingan freelance atau usaha? Pastikan beberapa poin berikut ini ya kalo mau kerja sampingan di rumah mu

    • 1. Pilih kerja sampingan yang sesuai passion
    • 2. Kalau ngincer freelance, pastikan kamu dapet info loker freelance di situs yang terpercaya
    • 3. Terus asah keahlian dan berani berinovasi (Freelance dan Usaha butuh ini)
    • 4. Kalau mau usaha, pilih usaha yang sesuai budget dan menguasai bidangnya
    • 5. Intinya tetap cari peluang yang ada
  • 4. Cari cara untuk mendapatkan sesuatu dengan lebih murah

    Cara hemat lain yang mungkin bisa kamu lakukan adalah dengan berusaha mendapatkan barang yang sangat diperlukan dengan cara yang lebih murah.
    Misalnya, cobalah untuk membelinya pada musim dan waktu tertentu. Khususnya pada saat ada penawaran harga khusus ataupun diskon.

    Seperti promo yang ditawarkan MyRepublic contohnya: Kalo kamu sekarang adalah pelanggan MyRepublic, saat ini bisa merasakan pembayaran yang lebih hemat yaitu bayar 9 bulan kamu akan dapat gratis 3 bulan artinya kamu cukup bayar 9 bulan untuk internet 1 tahun. Dan kalau dihitung-hitung kamu bisa hemat sampai jutaan rupiah. Ngga percaya? Ini hitunganya

    Bisa dilihat dari hitungan diatas kalau promo pay 9 get 3 selisihnya Rp 1.050.000 dengan bayar normal bulanan kan. Info promo Pay 9 get 3 bisa klik disini

    Dan buat kamu kalau belum berlangganan Internet ini waktunya kamu pasang internet MyRepublic karena sekarang juga tersedia promo pemasangan pelanggan baru. Klik disini untuk info promo berlangganan baru.

    WFH atau jualan online pasti sangat terbantu dengan adanya Internet dirumah.

  • 6. Alon alon asal klakon (Slow But Sure)

    Ngga gampang emang ngubah kebiasaan hidup boros menjadi hidup lebih hemat. Namun dengan kondisi yang ada kaya sekarang mau ngga mau kita harus hemat uang belanja sekarang juga atau kita akan bangkrut. Justru dengan kondisi kita ngga boleh keluar rumah harusnya bikin kita belajar lebih hemat.

    Hidup hemat secara perlahan dan ngga sporadis dengan ngalakuin hal-hal kecil untuk kontrol pengeluaran. Setelah mulai terbiasa hidup hemat, maka jadilah penghematan tersebut menjadi rutinitas. Hingga nantinya pengeluaran bulanan yang biasanya besar bisa terkontrol menjadi lebih hemat.

    Selain itu, kamu juga pelru dukungan moral dari orang-orang terdekat untuk bisa hidup hemat, terlebih di masa-masa sulit kaya sekarang. Kamu bisa baca-baca artikel gimana caranya hidup hemat ataupun baca kisah-kisah sukses orang yang dimulai dari perjuangan yang berat dan keras. Agar kamu bisa lebih menghargai setiap uang yang dimiliki dan ngga gampang mengeluarkan uang untuk hal yang sebenarnya ngga terlalu penting buat hidup kita.

    Terus berusaha untuk bisa mengontrol pengeluaran dengan lebih baik dan lebih hemat. Dengan belajar dan mengetahui apa yang menjadi kesalahan dalam pengelolaan uang yang kamu lakukan selama ini.