Cara WhatsApp Video Call Rame-Rame Sampe 50 Orang

Oktober 15, 2020

Cara WhatsApp Video Call Rame-Rame Sampe 50 Orang

Dengan kondisi pandemi sekarang ini banyak kegiatan yang harus dilakukan di rumah seperti bekerja, sekolah, kuliah dll. Untuk mendukung kelancaran kegiatan tersebut, kita pun diharuskan tetap berinteraksi secara online menggunakan aplikasi pendukung seperti Zoom, Google Meet dan yang terbaru ini adalah WhatsApp. Ya secara resmi WhatsApp memperkenal kan fitur terbarunya, yang mana memungkinkan kamu bisa video call dengan rekan kerja atau teman sekolah hingga 50 orang banyaknya tanpa batas waktu dan gratis.

Fitur baru dari WhatsApp ini bernama Messenger Rooms. Untuk Messenger Rooms ini adalah sejatinya layanan video call yang sebelumnya sudah dirilis secara global oleh facebook. Buat yang belum tahu aplikasi WhatsApp saat ini adalah bagian dari Facebook juga lho. Jadi tidak heran untuk fitur ini menggunakan nama Messenger Rooms.

Dengan update yang diberikan ini, rooms dapat dibuat langsung dari messenger atau facebook dan kita bisa mengirimkan serta mengundang orang untuk bergabung. Selain itu untuk melakukan video call hingga 50 orang kalian tidak perlu membuat Messenger Rooms, kalian cukup membuka WhatsApp yang nantinya akan otomatis masuk kedalam Messenger Rooms.

Berikut ini cara langkah-langkah mudah untuk video call sampai 50 orang menggunakan WhatsApp via handphone atau laptop:

  • Pastikan WhatsApp yang kamu punya sudah update ke versi paling terbaru
  • Buka WhatsApp lalu pilih kontak atau grup yang mau kamu ajak video call
  • Buka halaman chat kontak atau grup tersebut
  • Klik icon klip di chat bar yang ada di kanan bawah (ponsel) atau bagian kiri bawah (laptop) WhatsApp Web
  • Akan muncul beberapa pilihan namun kita pilih icon messenger yang bentuknya seperti logo handycam
  • Selanjutnya kita akan diarahkan ke halaman Messenger
  • Lalu ‘Create Room’. Kalau kita belum login facebook kita akan diminta login terlebih dahulu
  • Setelah berhasil masuk room, akan tersedia link yang bisa kita copy untuk mengundang anggota lain (anggota yang diundang bisa masuk tanpa harus login facebook)
  • Jadi anggota lain yang menggunakan link ini akan secara otomatis masuk dalam percakapan kita / Messenger Rooms
  • Selesai

Dikutip dari Techradar, juru bicara WhatsApp mengatakan untuk Video Call yang ditawarkan oleh facebook ini berbeda dengan aplikasi video call meeting seperti Zoom atau Google Meet yang mana menjadwalkan meeting pada waktu tertentu.

Messenger Room mirip seperti room dimana teman-teman bisa mampir dan ngobrol satu sama lain bila ada waktu. Manager Messenger Rooms Tiffany Dohzen mengatakan pihaknya memastikan percakapan Messenger Rooms sangat aman digunakan.

Pembuat room bisa mengunci percakapan, mengeluarkan anggota lain yang tidak berkepentingan dan jika orang tersebut sudah diblokir maka tidak akan bisa bergabung lagi dengan Rooms.

"Kami juga telah menambahkan banyak fitur kolaboratif, efek keren pada aplikasi seluler, dan yang baru seperti pencahayaan dan latar belakang. Latar belakangnya sangat keren. Beberapa dianimasikan, Anda dapat memindahkannya," lanjut Tiffany menambahkan.

Nah demikian cara video call hingga 50 orang. Gampang banger kan caranya :D. Sekarang kamu sudah punya beberapa aplikasi alternatif yang bisa kamu gunakan untuk video meeting secara gratis. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya Rocketers.