Cara Tes Kecepatan Internet Yang Tiba-Tiba Lemot dan Cara Kerjanya

Juli 30, 2020

Cara Tes Kecepatan Internet Yang Tiba-Tiba Lemot dan Cara Kerjanya

Lagi asik internetan atau main game online tiba-tiba internet jadi terasa lemot dan lag banget, pernah? Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab yang bikin internet jadi tiba-tiba lemot dan lag antara lain adalah karena kekuatan sinyal, masalah DNS dll. Untuk cari tau masalahnya, hal yang pertama perlu dilakukan adalah tes kecepatan internet dulu ya guys.

Cara paling gampang untuk tes kecepatan internet biasanya lewat situs atau aplikasi uji kecepatan internet. Situs dan aplikasi ini akan cek seberapa cepat internet kamu secara real-time dengan hasil yang akurat. Oh iya aplikasi atau situs uji kecepatan internet ini gratis kok jadi tenang aja ya.

Untuk aksesnya kamu cukup buka alamat websitenya di browser atau bisa di download aplikasinya di PlayStore (Android) atau App Store (iOS) (Beberapa platform sudah menyediakan dalam bentuk aplikasi baik itu untuk handphone dan PC).

Oh iya, mungkin kamu pernah bertanya-tanya sebenarnya bagaimana sih cara kerja uji kecepatan internet ini? Ini penjelasannya.

Bagaimana Uji Kecepatan Internet Ini Bekerja?

Ketika kita memulai tes kecepatan internet ini hal pertama yang akan terjadi adalah sistem akan menentukan lokasi kita dan lokasi server terdekat. Uji kecepatan internet ini memungkinkan kita untuk mengubah server. Setelah itu tes kecepatan internet ini akan menguji beberapa komponen PING/Jitter, Download Speed dan Upload Speed.

  • 1. PING / Jitter

    Angka yang muncul di uji kecepatan internet artinya jumlah jeda waktu yang dibutuhkan untuk sekali pengiriman dan menerima jawaban / reply atas paket yang dikirimkan. Semakin rendah hasilnya maka artinya koneksi yang dimiliki semakin bagus

    • Tes ini dilakukan dengan mengukur waktu yang dibutuhkan server untuk membalas permintaan dari klien pengguna. Klien mengirim pesan ke server. Setelah menerima pesan itu, server mengirim balasan. Waktu pulang pergi diukur dalam ms (milisecond).
    • Tes ini diulang beberapa kali dengan nilai terendah menentukan hasil akhir.
  • 2. Download Speed

    Kecepatan koneksi internet yang digunakan dalam mengunduh data. Angka download speed ini menunjukkan berapa lama perangkat yang kita pakai untuk menerima data.

    • Klien membuat beberapa koneksi dengan server melalui port: 8080. Klien meminta server untuk mengirim potongan data awal.
    • Klien menghitung kecepatan transfer real-time kemudian menyesuaikan ukuran potongan data dan ukuran buffer berdasarkan perhitungan ini untuk memaksimalkan penggunaan koneksi jaringan.
    • Saat potongan data diterima oleh klien, klien akan meminta lebih banyak potongan data selama durasi tes.
    • Ditengah masa pengujian, klien akan membentuk koneksi tambahan ke server jika thread tambahan diperlukan untuk mengukur kecepatan download secara lebih akurat.
    • Tes berakhir setelah jumlah waktu yang dikonfigurasi telah tercapai.
  • 3. Upload Speed

    Upload adalah kebalikan dari download speed, artinya kecepatan yang kita butuhkan untuk mengunggah data ke internet.

    • Klien membuat beberapa koneksi dengan server melalui port: 8080 dan mengirim potongan data awal.
    • Klien menghitung kecepatan transfer real-time. Kemudian menyesuaikan ukuran potongan data dan ukuran buffer untuk memaksimalkan penggunaan koneksi jaringan dan meminta lebih banyak data.
    • Ketika potongan data diterima oleh server, klien akan mengirim lebih banyak potongan data selama durasi tes
    • Ditengah masa pengujian, klien akan membuat koneksi tambahan ke server jika thread tambahan diperlukan untuk mengukur kecepatan upload secara lebih akurat.
    • Tes berakhir setelah jumlah waktu yang dikonfigurasi telah tercapai.


  • Berikut ini adalah beberapa platform yang bisa kamu kunjungi untuk tes kecepatan internet kamu baik itu lewat PC atau handphone.

  • 1. Speedtest.net

    Speedtest.net adalah salah satu yang terbaik dan paling terkenal yang biasa dipakai untuk tes kecepatan internet. Platform ini menyediakan versi aplikasi untuk mobile dan desktop. Interface dari Speedtest lumayan sederhana dan menunjukkan kecepatan internet secara real-time. Cukup klik “GO” dan biarkan dia bekerja mengukur seberapa cepat internet yang kamu pakai sekarang.

    Dengan Speedtest kamu dapat hasil kecepatan download dan upload secara real-time. Selain itu Speedtest juga akan menemukan server berdasarkan provider internet yang kamu pakai dan lokasi kamu saat ini.

  • 2. Fast.com

    Penguji kecepatan internet dari Netflix ini adalah salah satu yang terbaik yang kamu juga perlu coba. Tampilannya lebih sederhana dibanding Speedtest.net, lebih bersih dan hanya menunjukkan kecepatan download secara real-time.

    Kamu tidak perlu menekan tombol apapun dalam platform ini karena secara otomatis ketika kita masuk, pengukuran akan langsung dijalankan. Kita cukup menunggu saja sampai prosesnya selesai. Kamu juga bisa cek kecepatan upload, latensi dan download dengan klik di bagian lanjutan.

  • 3. Speedcheck.org

    Speedcheck.org juga dikenal punya interface yang bersih. Sama seperti Fast.com, saat kamu buka platform ini maka secara otomatis akan memeriksa kecepatan internet secara real-time.
    Ketika pengujian selesai, maka akan menunjukkan latensi, download dan kecepatan upload. Platform ini juga menunjukkan hasil yang terperinci dengan lebih banyak informasi tentang koneksi dan kecepatan internet.

  • 4. MyRepublic Speed Test

    MyRepublic Indonesia sendiri saat ini menyediakan halaman di website yang bisa digunakan khusus untuk melakukan tes kecepatan internet. Dapat mengukur kecepatan internet secara real-time. Cukup klik GO lalu sistem akan mengukur kecepatan internet dengan sendirinya sampai selesai. Dan kamu akan mendapatkan hasil kecepatan download, upload dan latensi. Klik Tombol dibawah untuk cek kecepatan internet kamu sekarang.

  • 5. TestMy.net

    Situs yang bisa dipakai untuk menemukan detail tentang berbagai parameter koneksi internet. Situs ini ada 5 opsi berbeda dalam menguji kecepatan internet - download, upload, combined, latency dan otomatis. Saat kamu pilih uji kecepatan otomatis, kamu bisa mengetahui bandwidth koneksi internet secara otomatis.

    Tes kecepatan otomatis akan menguji kecepatan jaringan selama periode waktu tertentu. Kamu bisa mengatur interval pengujian dari setiap lima menit menjadi sekali setiap dua puluh empat jam. Selain itu, kamu dapat menentukan berapa kali tes ingin dilakukan.

  • 6. Speakeasy

    Speakeasy.net juga menjadi salah satu situs pengujian bandwidth terbaik yang dipakai untuk mengukur kecepatan download dan upload internet. Tools pada situs ini dipakai oleh jutaan pengguna dan memiliki alat kecepatan HTML5. Tidak hanya itu, situs ini juga menunjukkan riwayat pengecekan kecepatan untuk membandingkan hasil sebelumnya.

  • 7. OpenSpeedTest

    Merupakan situs web tes kecepatan internet berbasis HTML5 yang menunjukkan kecepatan internet paling akurat. OpenSpeedTest juga menunjukkan hasil PING dan Jitter.

    Aplikasi ini dirancang untuk menguji semua jenis koneksi, mulai dari 1 Kbps hingga 1 Gbps serta dirancang untuk mendeteksi kestabilan internet mu, bukan kecepatan tertinggi.

  • 8. Speedsmart.net

    Terakhir ada SpeedSmart adalah tes kecepatan internet yang juga akurat yang bisa diakses lewat semua perangkat dengan browser web, mulai dari desktop dan laptop sampai ponsel dan tablet. SpeedSmart menggunakan HTML5 sehingga tidak ada plug-in seperti Flash atau Java.

    Platform ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi untuk iOS dan Android dan tentunya memberikan hasil tes kecepatan internet yang real-time dengan riwayat lengkap dan lebih banyak lagi untuk Wi-Fi & koneksi seluler dengan antarmuka yang jelas dan mudah digunakan.

  • Itulah tadi beberapa informasi seputar untuk tes kecepatan internet serta platform alternatif yang bisa digunakan untuk mencari tahu berapa kecepatan internet kita saat ini.

    Untuk berlangganan internet rumah super cepat dengan harga yang sangat bersahabat silahkan klik banner dibawah ini ya Rocketers