Begini Cara Screenshot di Laptop dan PC Yang Praktis dan Cepat.

Februari 24, 2021

Begini Cara Screenshot di Laptop dan PC Yang Praktis dan Cepat.

Kamu bingung gimana cara screenshot di laptop dan PC Windows yang paling gampang? Biasanya, screenshot dipakai untuk mengerjakan tugas belajar ataupun pekerjaan. Bagi orang awam, umumnya akan memakai tombol Print Screen, lalu paste atau tempel ke Ms Paint. Cukup ribet, sih!

Sebab, ternyata ada cara screenshot di laptop dan PC Windows yang lebih mudah dan praktis. Yuk, simak metode cara screenshot di laptop dan PC Windows berikut ini!

Pertanyaannya, bagaimana sih cara cek IMEI HP? Ada beberapa metode yang bisa dilakukan. Langsung saja simak bersama-sama, yuk!

  • 1. Cara screenshot di laptop dan PC Windows pakai Snipping Tools

    Microsoft sudah dilengkapi tools bawaan untuk screenshot yang praktis dan mudah. Yaitu, Snipping Tools. Dengan aplikasi ini, kamu gak perlu repot membuka Ms Paint atau program lain, karena file screenshot otomatis tersimpan dalam file gambar.

    Berikut langkah-langkahnya, ya:

    • 1. Buka program “Snipping Tool” dari menu Start.
    • 2. Di menu drop-down "Mode", pilih jenis screenshot yang kamu inginkan.
    • 3. Klik “New”, dan layer akan freeze sebentar. Kamu bisa memakai mouse untuk membuat screenshot yang diinginkan sesuai kebutuhan. Screenshot akan muncul di jendela Snipping Tools.
    • 4. Setelah selesai, klik "File" dan kemudian klik "Save As" untuk menyimpan hasil filenya ke komputer.
  • 2. Cara screenshot di laptop dan PC Windows pakai Tombol “PrtSc”

    Ini adalah cara screenshot di laptop dan PC Windows yang paling populer sedunia. Biasanya, ada tombol “PrtSc” atau “PrtSc” di baris atas keyboard. Untuk membuat tangkapan layar alias screenshot, cukup tekan tombol ini satu kali. Atau, bisa juga memakai tombol Fn (Function) + PrtSc.

    Setelah hasil tangkapan layar berhasil, kamu bisa menempelkan atau paste ke Ms Paint, Ms Word, dan program lain sesuai kebutuhan. Tapi, ada beberapa tombol di Windows yang bisa menghadirkan beberapa variasi tombol PrtSc. Antara lain sebagai berikut:

    • Tekan PrtSc.

      Shortcut ini akan menangkap keseluruhan layar. Kamu bisa menempelkan atau paste hasilnya ke program lainnya. Seperti Ms Paint atau Ms Word.
    • Tekan Alt + PrtSc.

      Pintasan ini menyalin tangkapan layar yang sedang aktif. Lalu, bisa kamu paste ke program lainnya.
    • Pilih menu “About” atau “Tentang ponsel”.

      Shortcut ini akan menangkap keseluruhan layar. Kamu bisa menempelkan atau paste hasilnya ke program lainnya. Seperti Ms Paint atau Ms Word.
    • Tekan tombol Windows + Shift + S.

      Selanjutnya, cara screenshot di laptop dan PC Windows ini juga cukup banyak digemari para pengguna sistem operasi Windows. Sebab, dapat menangkap layar secara spesifik sesuai kebutuhan. Jadi, bukan keseluruhan layar, ya!

      Caranya, dengan mengombinasikan tiga tombol yaitu Windows + Shift + S. Kemudian, kamu bisa menarik layar atau memperpendek layar sesuai ukuran yang diinginkan. Selanjutnya, hasil screenshot bisa di paste ke program lainnya.

    • Tekan tombol Windows + PrtSc.

      Cara screenshot di laptop dan PC Windows berikutnya adalah memakai tombol Windows + PrtSc. Kalau tombol ini, akan menangkap tampilan layar, lalu langsung menyimpannya sebagai file gambar secara otomatis.

      Nantinya, file yang sudah tersimpan bisa kamu cek di folders bernama “Pictures”, tepatnya di subfolder yang bernama “Screenshots.”

  • 3. Cara Sewaktu main game di sistem operasi Windows, kamu juga bisa mengambil tangkapan layar, bahkan merekam audio. Simak metodenya berikut:

    • 1. Jadi, pertama-tama, ketika kamu sedang asyik main game dan butuh kirim screenshot layar secara cepat untuk ditunjukkan ke teman, tekan dua tombol. Yaitu tombol Windows + G, secara bersamaan.
    • 2. Lalu, pilih ikon kamera atau bisa juga memakai shortcut Windows + Alt + Prtsc agar bisa screenshot layar.
    • 3. Hasil screenshot ini kemudian bisa langsung tersimpan otomatis lho, di dalam folder yang bernama “Video”. Persisnya, di subfolder yang bernama ‘Screenshots.”
    • 4. Atau buat kamu yang lagi seru-serunya main game pakai aplikasi “Steam”. Juga bisa langsung tekan tombol F11 agar bisa screenshot layar laptop atau PC Windows kamu. Hasilnya bisa dicek di dalam folder yang bernama “Steam”.

Gimana, mudah kan, cara screenshot di laptop dan PC Windows? Sekarang kamu jadi lebih tahu deh, cara screenshot di laptop dan PC Windows. Kapanpun kamu pengen berbagi tampilan layar dengan teman atau membuat tugas yang butuh screenshot layar, langsung aja deh praktekin cara screenshot di laptop dan PC Windows di atas. Selamat mencoba, guys!