Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Bisa Dilirik HRD

Maret 19, 2022

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Bisa Dilirik HRD

Cara membuat surat lamaran kerja - Salah satu hal penting ketika mencari pekerjaan adalah surat lamaran kerja. Karena itu, dalam membuat surat lamaran kerja perlu diperhatikan beberapa hal. Dengan membuat surat lamaran kerja yang menarik pasti akan membuat HRD mempertimbangkan kamu. Selain itu, surat lamaran kerja juga harus menggunakan bahasa baku yang sopan dan tidak berlebihan. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam membuat surat lamaran pekerjaan.

1. Buatlah Surat Lamaran Kerja yang Singkat dan Jelas.

HRD membutuhkan rata-rata 30 detik untuk membaca resume. Maka buatlah gambaran singkat dan jelas tentang kamu, agar HRD dapat segera melihat apakah kamu memenuhi syarat untuk posisi yang kamu lamar.

2. Gunakan kata-kata sederhana

Orang yang membaca resume kamu bukan hanya calon atasan kamu. Resume dapat ditinjau oleh perekrut atau spesialis Sumber Daya Manusia yang mungkin tidak terbiasa dengan bidang spesifik yang kamu kerjakan. Gunakan bahasa yang sederhana, tetapi juga kata kerja persuasif seperti ditangani, dikelola, dipimpin, dikembangkan, ditingkatkan, dicapai, dimanfaatkan, dll.

3. Buat resume kamu menjadi 2 halaman.

Tekankan resume kamu pada pengalaman terbaru kamu. Pengalaman kerja yang cukup lama dan pengalaman yang lebih dari 15 tahun harus kamu minimalkan. Hal ini dilakukan agar HRD dapat lebih fokus dengan pengalaman kerja kamu yang relevan.

4. Sesuaikan resume yang kamu buat dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Tulis pengalaman kerja atau pencapaian yang terkait dengan posisi yang kamu lamar. Ini dapat kamu lakukan dengan melihat deskripsi pekerjaan atau situs web pemberi kerja.

5. Tekankan resume kamu dengan apa yang telah kamu capai.

Kamu harus menunjukkan keahlian kamu sebagai salah satu pencapaian terbaik. Dan kamu juga harus menunjukan seperti apa diri kamu pada saat bekerja. Pencapaian kamu akan menjadi poin plus untuk HRD agar lebih mempertimbangkan kamu untuk posisi yang sedang kamu lamar.

6. Buatlah resume yang jujur dan sebenar benarnya.

Kamu harus jujur dalam menerangkan diri kamu dan juga segala hal yang kamu tuangkan dalam resume yang kamu buat. Seperti pengalaman bekerja dan juga pencapaian yang sudah kamu raih. Ingat, jangan terlalu berlebihan dalam menyampaikan nya. Jika kamu melakukan hal ini, bisa jadi akan menjadi bumerang untuk kamu kedepannya.

7. Tulis tentang keahlian kamu atau kegiatan kamu lainnya.

Jika kamu menjadi sukarelawan dengan organisasi terkenal atau bekerja untuk tujuan penting, masukkan ke dalam resume kamu. Kamu harus memasukkan pengalaman ini di bawah bagian "Pengalaman kerja" atau "Pekerjaan sukarela", terutama jika itu terkait dengan posisi yang kamu lamar.

8. Double check kembali resume yang kamu buat.

Pastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa. Kamu juga bisa meminta orang lain untuk membacanya juga. Kesalahan ejaan sederhana pada resume dapat memberikan kesan negatif. Bahkan dapat juga membuat kamu menjadi tidak mendapatkan pekerjaan. Resume harus mencantumkan nama, alamat, email, dan nomor telepon. Informasi ini harus ditempatkan di bagian atas halaman pertama. Juga, pastikan informasi ini akurat. Jika tidak, HRD tidak akan dapat menghubungi kamu.

Baca Juga: 6 Pekerjaan Freelancer Untuk Pemula Yang Bisa Dikerjakan Dari Rumah

Itu tadi cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan efektif. Kesimpulannya, Resume yang kamu buat harus dengan jelas, ringkas dan strategis menyajikan kualifikasi kamu untuk membuat perekrut tertarik untuk bertemu. Resume juga harus menyampaikan keterampilan, pengalaman kerja kamu. Dengan kata lain, resume digunakan untuk menggambarkan apa yang dapat kamu capai secara profesional dan juga apa yang dapat kamu lakukan kedepannya. Peluang kerja bisa muncul secara tidak terduga, maka resume modern yang diperbarui adalah kunci untuk pencarian pekerjaan yang sukses.

resume

Klik Untuk Berlangganan
//