Cara Membuat Game Android Sendiri Yang Mudah Dan Cepat

September 11, 2021

Cara Membuat Game Android Sendiri Yang Mudah Dan Cepat

Cara Membuat Game Android Sendiri Yang Mudah Dan Cepat - Dengan semakin berkembangnya kecanggihan dari smartphone, Saat ini game mobile makin banyak diminati mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Hal ini membuat banyak developer game beralih ke perangkat mobile untuk mengembangkan game yang dibuatnya. Contohnya seperti Mobile Legend, salah satu game mobile yang menjadi tren dan saat ini menjadi yang paling banyak diminati.

Tidak hanya developer game, tetapi banyak dari kalangan anak muda yang tertarik untuk mencoba membuat game mobile sendiri meskipun banyak dari mereka yang tidak mempunyai skill bahasa pemrograman. Untuk kalian yang tertarik untuk membuat game mobile sendiri, berikut adalah panduan yang perlu disiapkan untuk membuat game android sendiri :

  1. Tentukan Ide
  2. Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum mencoba membuat game mobile sendiri adalah menentukan ide game yang akan dibuat termasuk genre dari game tersebut. Selain itu, kamu juga harus memikirkan keunggulannya supaya bisa menjadi daya tarik dari game tersebut. Setelahnya, baru kamu bisa kembangkan lagi dengan pemilihan efek suara dan juga musik yang cocok dengan game nya.

  3. Tools Yang Digunakan
  4. Untuk membuat game android sendiri memerlukan tools dasar untuk mengembangkan game dan aplikasi di android. Kalian bisa menggunakan Android Soft Development Kit (SDK) atau Integrated Development Environment (IDE) Android Studio. Kedua tools ini sangat berguna sekali, tapi memang dalam penggunaannya diperlukan pemahaman kalian dalam bahasa pemrograman Java. Keunggulan dari kedua tools ini adalah dapat menyediakan akses ke akselerasi perangkat keras melalui standar API OpenGL atau Vulkan.

  5. Pemilihan Engine Grafik
  6. Penggunaan Engine grafik seperti Unreal dan Unity dapat mempermudah pengembangan game android baik yang mudah ataupun yang rumit sekalipun. Jika kalian menggunakan bahasa pemrograman C dan game yang dibuat adalah game 2D sederhana kalian dapat menggunakan engine grafis Unity. Keunggulannya dari Unity adalah game kalian dapat dengan mudah diakses sebagian besar smartphone android dan juga tidak boros baterai. Tetapi jika kalian membuat game 3D yang lebih rumit dengan menggunakan bahasa pemrograman C++ maka engine grafis Unreal akan lebih cocok. Dan untuk memainkan game yang dibuat dengan mesin grafis Unreal dibutuhkan daya yang lebih kuat dan spesifikasi smartphone juga harus yang lebih baik.

  7. Kembangkan Game
  8. Dengan semua tools yang kamu gunakan tadi, mulailah kamu kembangkan game android kamu. Mulai dari pembuatan logo, efek suara juga harus bisa dikembangkan lebih bagus lagi, dan pemahaman bahasa pemrograman juga algoritma nya harus ditingkatkan.

Untuk kalian yang ingin membuat game android sendiri tapi tidak memiliki keahlian dalam bahasa pemrograman atau coding, kalian juga bisa membuatnya dengan menggunakan aplikasi. Berikut beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat game android :

  1. AppsGeyser
  2. Quickappninja
  3. TyranoBuilder
  4. Construct
  5. GG Maker
  6. Game Salad
  7. Stencyl
  8. Gdevelop
  9. Buildbox
  10. GameMaker Studio 2

Beberapa aplikasi diatas sangat membantu kamu yang tidak paham coding untuk membuat game android yang sederhana. Meskipun sederhana tetapi paling tidak bisa menjadi project game perdana kamu dan bisa kamu kembangkan lagi nantinya, mulai dari pengembangan grafis dan juga efek suara yang lebih bagus lagi. Tetapi jika kamu ingin membuat game dengan tingkat kerumitan dan kompleksitas yang tinggi sebaiknya kemampuan coding atau bahasa pemrograman kamu perlu ditingkatkan kembali. Selamat mencoba!

Klik Untuk Berlangganan