Cara Membuat Filter Instagram Sendiri yang Wajib Dicoba

Agustus 02, 2021

Cara Membuat Filter Instagram Sendiri yang Wajib Dicoba

Saat ini, tutorial atau cara membuat filter Instagram sedang ramai dicari para pengguna sosial media tersebut. Instagram sendiri merupakan salah satu platform jejaring sosial yang paling banyak digemari kaum milenial di berbagai belahan dunia dalam beberapa kurun waktu terakhir.

Dalam media sosial tersebut, ada beberapa fitur menarik yang bisa digunakan pengguna untuk bertegur sapa dan berinteraksi dengan teman atau pengikutnya. Salah satunya adalah fitur insta story yang menarik perhatian dengan filter-filternya yang sangat unik dan lucu. Fitur filter Instagram Story memang sengaja dibuat untuk memberikan pengalaman bermain media sosial yang menyenangkan kepada para pengguna melalui berbagai warna hingga emoji yang dihadirkan.

Selain bisa menggunakan filter dari Instagram, ternyata para pengguna juga dapat membuat filter insta storynya sendiri. Sangat penasaran bukan? Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Ternyata Mudah, Inilah Cara Membuat Filter Instagram Story Sendiri

Filter insta story biasanya digunakan supaya konten video atau foto yang diunggah ke platform tersebut lebih terlihat menarik sehingga mengundang para pengikut dan Anda saling berinteraksi. Kini fitur ini telah mendapat banyak pembaharuan, salah satunya adalah memungkinkan pengguna membuat sendiri filter yang ingin digunakannya. Anda dan para pengguna Instagram lainnya sudah dapat membuat sendiri filter insta story sesuai selera dan kreasi. Ingin belajar cara membuat filter Instagram sendiri? ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Mendownload dan Menginstall Aplikasi Spark AR Studio

Anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi Spark AR Studio di laptop atau personal komputer yang dimiliki. Hingga sekarang perangkat lunak satu ini masih belum berbayar alias gratis, jadi dapat digunakan sepuasnya. Aplikasi Spark AR Studio mudah digunakan dan dioperasikan di berbagai sistem operasi perangkat komputer, seperti Windows misalnya.

Setelah proses download dan instal selesai, Anda dapat melihat banyak contoh proyek filter insta story setelah berhasil masuk ke dalam aplikasi. Contoh proyek filter tersebut dapat digunakan sebagai bahan belajar dan inspirasi ketika Anda ingin membuat sendiri filter yang diinginkan.

2. Menyiapkan Objek Filter yang Ingin Dipakai

Setelah Anda mengetahui filter dan tema insta story apa yang ingin dibuat, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan objek filter berupa gambar dalam format .PNG (Portable Network Graphics). Objek yang disisipkan dapat menyesuaikan bentuk yang dibutuhkan pengguna.

Sebagai contoh, Anda ingin membuat filter bunga dan kupu-kupu, maka gambar yang harus disiapkan adalah gambar bunga dan kupu-kupu dalam format .PNG. Kemudian, gunakan aplikasi edit photo seperti Photoshop, Adobe Ilustrator, Corel Draw atau aplikasi lainnya yang dapat memodifikasi gambar objek.

Langkah selanjutnya adalah memasukan objek yang selesai diedit ke dalam aplikasi Spark AR Studio. Untuk memulai proyek baru silahkan pilih opsi “Create Project”.

3. Tutorial atau Cara Menambahkan Objek Gambar

Anda dapat menyisipkan objek gambar ke dalam filter jika sudah menyelesaikan tahap kedua. Jika sudah, silahkan ikuti cara berikut.

  1. Pilih menu Asset dan klik + Add Asset yang berada di bagian kiri bawah.
  2. Buatlah sebuah layer dengan cara mengklik opsi Animation Sequence.
  3. Pilih file yang akan diinsertkan dengan mengklik opsi Choose File.
  4. Memasukkan objek-objek gambar yang ingin dijadikan filter.

4. Membuat Semua Orang Dapat Menggunakan Filter Insta Story

Cara membuat filter insta story selanjutnya adalah menambahkan face tracker supaya filter yang dibuat dapat digunakan semua orang. Ikuti langkah berikut untuk mencobanya:

  1. Klik kanan menu Scene.
  2. Pilih Face Tracker setelah mengklik opsi Add.
  3. Pada bagian sebelah kanan terdapat tulisan Facetracker 0 dan silahkan di klik.
  4. Di menu Plan pilih opsi Add, kemudian berikan nama filter.
  5. Filter insta story yang dibuat bisa di preview terlebih dahulu pada bagian bidang kerja.

5. Mengeksport Filter ke Instagram

Sekarang filter insta story yang dibuat sudah dapat digunakan dengan catatan sudah di ekspor ke media sosial Instagram. Jika belum, silahkan ikuti cara berikut ini.

  1. Pilih Export yang ada di menu File.
  2. Silahkan centang semua daftar yang ditampilkan di window. 
  3. Berikan nama filter dan tentukan lokasi penyimpanan Export. 
  4. Login ke www.facebook.com/sparkarhub melalui browser. 
  5. Klik Upload Effect. 
  6. Silahkan cari dan temukan nama filter Instagram yang dibuat, lalu tekan tombol Next.
  7. Memasukkan gambar yang menjadi cover filter insta story dengan cara membuka menu Effect Icon. 
  8. Centang daftar persetujuan kemudian klik Upload dan Lanjut. 
  9. Jika berhasil, Anda akan menerima pemberitahuan dari akun Instagram.
  10. Buka pemberitahuan filter yang dibuat dan menggunakannya seperti biasa.

Jadi, itulah tutorial atau cara membuat filter Instagram sendiri yang mudah dilakukan melalui perangkat komputer Anda. Bagaimana? Sudah terbayang filter seperti apa yang ingin dibuat? Nah, jika Anda ingin menambah ilmu dan kemampuan di bidang ini, Anda bisa menggunakan media belajar berikut:

  • Tutorial Youtube yang membahas cara menggunakan Spark AR Studio.
  • Mengikuti tutorial dan berlatih membuat filter. 
  • Bergabung dengan komunitas-komunitas di Facebook yang membahas tentang aplikasi Spark AR Studio.

Sebagai permulaan, Anda bisa belajar membuat filter dasar seperti Efek Cahaya, Filter Static, Efek 3D dan sebagainya. Silahkan mencoba.

Apa Keuntungan Membuat Filter Instagram?

Sebagian pengguna sosial media Instagram mungkin bertanya-tanya tentang apa keuntungan dari membuat filter Instagram. Apakah filter yang dibuat dan digunakan pengguna lain bisa menghasilkan uang? Ya, sangat bisa. Tapi yang membayar Anda bukanlah pihak Instagram, namun orang-orang yang ingin menggunakan filter yang Anda buat.

Saat ini ada banyak pengguna atau selebgram yang ingin memiliki filternya sendiri. Nah, disitulah peluang Anda sebagai orang yang memiliki kemampuan tersebut mendapat keuntungan dengan cara menjual filter-filter yang dibuat. Hal ini cukup diminati, apalagi banyak perusahaan yang menjadikan filter Instagram sebagai konten promosi.

Filter insta story memang sedang populer dan banyak digunakan orang-orang saat ini. Jika tidak ingin ketinggalan dari yang lain, Anda juga bisa belajar membuat sendiri filter yang ingin dipakai mengikuti tren terkini. Gunakan software atau aplikasi yang sudah disediakan secara gratis di perangkat komputer Anda. Siapkan juga bahan-bahan yang ingin dipakai dalam pembuatan filter tersebut.

Belajar membuat filter Instagram sendiri juga membantu Anda melatih daya kreativitas. Anda bisa meningkatkan skill tersebut dengan menciptakan berbagai kreasi yang unik dan kekinian. Membuat filter yang kemungkinan besar disukai banyak orang tentu menjadi kesenangan tersendiri, selain itu juga bisa dijadikan aktivitas produktif di waktu luang.

Anda dapat membuat berbagai filter insta story yang lucu, unik dan kekinian jika ulet dan tekun belajar. Dengan demikian akun Instagram Anda bisa lebih populer dan dikenal banyak orang. Selain itu, Anda bisa berbagi tips dalam membuat filter bersama para pengguna Instagram lainnya. Dan hasilkan lebih banyak uang dengan cara menjual bakat dan kreativitas yang dimiliki.

Sekian mengenai cara membuat filter Instagram berikut dengan keuntungan bagi pengguna. Semoga informasi di atas jelas dan berhasil menjawab rasa penasaran Anda. Terimakasih sudah membaca, dan Buatlah filter unik yang belum pernah ada!

Klik Untuk Berlangganan