Cara Membuat Bisnis Plan Untuk Pemula, Mudah dan Sederhana Dijamin Bikin Usaha Kamu Makin Sukses

Januari 28, 2022

Cara Membuat Bisnis Plan Untuk Pemula, Mudah dan Sederhana Dijamin Bikin Usaha Kamu Makin Sukses

Untuk kamu yang sudah mulai jenuh dengan bekerja kantoran dan ingin membuat usaha sendiri, ada baiknya sebelum kamu memulai usaha kamu buatlah bisnis plan terlebih dahulu. Bisnis plan atau rencana bisnis merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk kamu yang ingin memulai usaha. Karena dengan membuat rencana bisnis dengan benar, usaha atau bisnis yang akan kamu jalankan nantinya akan memiliki hasil seperti yang diharapkan.

Sebenarnya membuat rencana bisnis tidak hanya dilakukan oleh orang yang baru akan memulai usaha, banyak perusahaan yang sudah berjalan masih membuat rencana bisnis sebagai strategi bisnis kedepannya.

Apa itu bisnis plan?

Bisnis plan atau rencana bisnis adalah dokumen formal yang menjelaskan tujuan, arah, keuangan, tim, dan perencanaan masa depan bisnis Anda. Rencana bisnis ini bisa digunakan untuk mencari investor, dalam upaya untuk meningkatkan modal, atau digunakan sebagai dokumen internal untuk strategi marketing kedepannya. Rencana bisnis juga dapat membantu menentukan tindakan dan menjaga pemilik bisnis tetap pada jalurnya untuk memenuhi tujuan bisnis.

Berikut adalah cara membuat rencana bisnis sederhana yang bisa kamu coba

1. Membuat Ringkasan Bisnis Kamu

Hal pertama yang harus kamu buat adalah tentang ringkasan dari bisnis yang kamu jalankan. Di Bagian ini kamu harus menjelaskan secara singkat tentang bisnis kamu. Mulai dari visi dan misi sampai dengan penjelasan tentang produk yang akan kamu tawarkan.

2. Latar Belakang Perusahaan atau Bisnis

Di Bagian ini kamu akan menjelaskan latar belakang usaha kamu dibuat. Tidak hanya itu, kamu juga harus menjelaskan struktur organisasi dalam usaha kamu,  para konsultan yang terlibat dan para pemegang saham jika memang bisnis kamu sudah dalam bentuk PT.

3. Membuat Analisa Pasar dan Menentukan Target

Disini kamu harus membuat analisa pasar, analisa pasar berisi tentang minat dan trend yang terjadi pada saat ini. Dengan menganalisa pasar kamu bisa mendapatkan target yang potensial. Analisa ini biasanya terdiri dari :

a. Lokasi

b. Umur

c. Gender

d. Profesi

e. Pendapatan

f. Pendidikan

g. Hobi

Dengan penjabaran diatas kamu akan mengetahui cocok tidaknya bisnis kamu diterapkan di lokasi tersebut dan kamu juga bisa mencapai target yang kamu tentukan.

4. Penjelasan Tentang Produk

Disini kau akan menjelaskan tentang produk kamu. Mulai dari deskripsi produk, manfaat, proses, harga, sistem operasi, dan siklus produksi dari produk itu sendiri. Dan jika bisnis yang kamu jalankan berupa jasa, kamu juga harus menjelaskan secara detail bagaimana proses kamu dalam menyalurkan jasa tersebut.

5. Membuat Analisa Kompetitor

Kamu harus membuat analisa tentang kompetitor yang berada di dalam pasar yang sama dengan usaha kamu. Dengan mempelajari para kompetitor kamu bisa mengetahui sedikit banyak tentang strategi yang mereka jalankan dan kamu juga bisa membuat strategi sendiri dari hasil analisis tersebut.

6. Membuat Strategi Marketing dan Sistem Operasional

Strategi marketing dibuat untuk memperkuat bisnis kamu dan apa yang membedakan dari pesaing. Strategi ini dapat membuat bisnis kamu terlihat lebih baik dari kompetitor di dalam pasar yang kamu tuju. Jelaskan juga secara detail mengenai sistem operasional kamu dalam upaya memenuhi strategi marketing tersebut.

7. Membuat Analisa Keuangan

Tujuan kamu menjalankan usaha adalah untuk meraih keuntungan. Disinilah diperlukan analisa keuangan. Analisa keuangan harus dibuat dengan teliti dan sedetail mungkin, supaya kamu bisa memperhitungkan kelangsungan produksi kamu. Jika kamu ingin mencari investor, kamu harus menjelaskan berapa jumlah investasi yang masuk dan sumber dana nya, dan jelaskan juga bagaimana kamu proses pengembalian investasi tersebut. Jika kamu memakai modal sendiri, jelaskan bagaimana kamu bisa mengembalikan modal dan mendapat keuntungan dan dalam jangka waktu berapa lama.

8. Membuat Resiko Bisnis

Tidak ada usaha atau bisnis yang tidak ada resiko. Hal ini sangat penting, agar kamu bisa tau resiko apa saja yang bisa terjadi dan kamu akan hadapi. Dan akan lebih baik jika kamu juga bisa menjelaskan solusi dari setiap resiko yang kemungkinan akan kamu hadapi ini.

Itu tadi beberapa cara mudah membuat rencana bisnis untuk usaha kamu. Dengan membuat rencana bisnis akan sangat membantu dalam menjalankan usaha kamu, karena kamu bisa mempelajari market, membuat strategi, mempelajari kompetitor dan membuat usaha kamu menjadi jelas dan bisa mencapai keuntungan yang diinginkan.

Baca Juga: Ide Usaha Rumahan, Modal Kecil Untung Besar

 

Klik Untuk Berlangganan
//