CARA JADI YOUTUBER SUKSES DAN MENGHASILKAN BANYAK UANG

Februari 10, 2020

CARA JADI YOUTUBER SUKSES DAN MENGHASILKAN BANYAK UANG

Pernah bermimpi jadi youtuber terkenal yang bisa menghasilkan banyak uang seperti Ria Ricis, Atta Halilintar atau seperti youtuber gaming Pew Die Pie yang bisa raup puluhan juta dollar dari hobinya bermain game? Zaman sekarang mau mimpi apa aja bisa kalian buat jadi kenyataan asalkan kemauan dan tekad yang kuat. Enaknya jadi youtuber uang bisa ngalir sendiri ke dompet. Jangan langsung liat enaknya guys, tapi lihat juga proses awal mereka seperti apa jatuh bangunnya untuk ngebangun channel mereka dari 0 sampai jadi terkenal seperti sekarang. Disini kita bakal kasih tau gimana sih tipsnya supaya bisa jadi youtuber sukses juga seperti mereka. Ada beberapa langkah yang harus kamu ikuti sebelum akhirnya kamu bisa jadi youtuber sukses seperti youtuber idola kalian. Tapi perlu di ingat! Kunci utama untuk sukses itu berdoa dan kerja keras.  

1. Buat Channel Youtube

Ya tentu dong yang pertama harus kalian punya adalah channel youtube, gak mungkin kan mau jadi youtuber gak punya channel youtube. Nah caranya gimana sih bikin channel youtube? Sebenarnya dengan kalian bikin akun gmail dan mensinkronkannya dengan youtube, otomatis kalian udah bikin akun youtube kalian sendiri kok. Tapi biar gak bingung kita jelasin deh step by step nya.

Via PC

  • Langkah 1: Buka youtube.com di browser, di sini kamu tinggal Sign In (kalau belum pernah login sebelumnya)
  • Langkah 2: Login pakai akun gmail yang kamu punya
  • Langkah 3: Kalau udah berhasil login, sekarang kamu bisa akses menu profil youtube. Nah untuk membuat channelnya kamu tinggal klik ikon profil di sebelah kanan atas dan pilih menu Settings
  • Langkah 4: Kemudian pada tab Accounts kamu pilih menu Create a new channel
  • Langkah 5: Selanjutnya kamu akan dimintai nama channel yang mau kamu buat. Kalau sudah klik tombol Create Channel
  • Langkah 6: Untuk mempercantik tampilan channel yang baru kamu buat klik tombol Customize Channel. Masukin deh foto profil kamu yang kece dan header banner yang menarik dan selesai.

Via HP Android

  • Langkah 1: Buka aplikasi youtube. Kalau belum login akun gmail, silahkan login dulu. Kalau sudah login, kemudian tap ikon profil yang berada di pojok kanan atas.
  • Langkah 2: Pilih menu Your channel kemudian tap ikon gear untuk atur tampilan profil channel seperti foto profil dan header banner. Selesai!

Modal awal kamu untuk jadi youtuber udah selesai nih sekarang tinggal langkah selanjutnya.

2. Bikin akun AdSense

Kalo mau dapet uang dari video-video yang kamu upload di Youtube, pastinya kamu juga harus bikin akun Google AdSense yang mana akan menyalurkan iklan-iklan di videomu. Kamu cuma diperbolehkan punya satu akun adsense ya untuk memudahkan pembayaran nantinya. Sedangkan untuk mengaitkan video dengan AdSense ini setidaknya kamu membutuhkan 3 video original yang udah di upload. Oia jangan dikira dengan udah bikin akun AdSense dan punya 3 video yang udah diupload otomatis kamu langsung dapet uang ya, perlu di ingat regulasi dan atau peraturan youtube soal AdSense ini selalu berubah, mulai dari jumlah minimal subscribers, watch time video sampai jenis konten apa yang mendapatkan AdSense. Jadi kamu harus perhatiin betul soal yang satu ini.

3. Tentukan Ide dan Konsep channel

Untuk jadi youtuber yang sukses disini kamu harus bener-bener pikirin secara matang soal konten apa yang kamu mau buat. Apakah tujuannya untuk menghibur orang, edukasi lewat tips dan trik dll

4. Konten yang menarik dan berkualitas

Banyak pilihan ide-ide konten yang bisa kamu jadikan konten untuk youtube mu contohnya seperti Game Walkthrough, Tutorial, Mukbang, Review, Tren sosial dll. Durasinya juga gak perlu panjang-panjang cukup 5-20 menit aja biar penonton juga gak bosen Tapi menurut kita konten apapun akan selalu menjadi menarik selama itu dibuat dengan sungguh-sungguh dari hati dan kontennya berkualitas dan yang paling penting adalah membuat konten sesuai passion dan kemampuan kamu. Jadi jangan sampe buat konten asal-asalan ya guys.

5. Beli kebutuhan videografi dan editing

Modal HP android aja gak cukup! Memang gak ada yang gak mungkin tapi untuk menciptakan konten yang bagus dan menarik butuh pengorbanan. Korban uang salah satunya. Untuk fase awal ini kalo dana kamu emang terbatas, kamu bisa pilih kamera dan PC yang sesuai kantong. Kalau nanti kamu udah ada rezeki lebih dan uang tabungan udah cukup baru deh beli perangkat perangkat high spec Tapi sebetulnya ini cuma alat pendukung aja ya guys, selama konten kalian bermanfaat untuk orang lain dan disukai banyak orang. Orang gak akan lihat perangkat apa yang kamu pakai.

6. Terus belajar video editing

Masih noob soal edit video? Gak ada hasil yang instan. Semakin sering kamu rajin mengasah dan belajar cara mengedit video dijamin kamu akan bisa dan terbiasa.

7. Jangan asal upload video

Pada saat kamu ingin upload video ada beberapa aspek yang harus kamu perhatikan, karena percuma kalo konten sudah menarik dan berkualitas tapi dari tampilan gak menggoda untuk ditonton. Jadi kamu harus perhatikan hal berikut sebelum kamu upload.

  • 1. Judul Video Pakai judul yang mengandung keyword, karena bagaimanapun juga kamu harus menggunakan SEO (Search Engine Optimization) supaya video mu muncul di pencarian yang terkait dengan konten video mu
  • 2. Thumbnail Itu loh gambar bagian depan video atau sama aja kaya cover video gitu. Jadi usahakan bikin thumbnail yang menarik dan bisa mewakili keseluruhan agar menggoda orang-orang untuk nonton video kamu.
  • 3. Deskripsi Bikin deskripsi video yang jelas, padat, gak kaku dan pastinya mengandung keyword didalamnya.
  • 4. Cantumkan tag yang relevan Jangan lupa selalu cantumkan tag yang relevan dengan video karena tag merupakan semacam pengkategorian video sehingga tag yang bagus dan sesuai dengan konten video mu bisa bawa banyak penonton
  • 5. Internet ngebut Modal paling penting guys! Ukuran file video berkualitas udah gak hitungan puluhan MB lagi tapi ratusan MB bahkan hitungan GB. Kalau kamu cuma ngandelin sinyal dari hape mau berapa lama nungguin selesai uploadnya?

Sangat disarankan kamu berlangganan Internet fiber di rumah kalo kamu bener-bener mau jadi youtuber apalagi kalo kategori konten mu adalah youtuber gaming maka wajib hukumnya pasang internet di rumah. Internet MyRepublic cocok banget buat kamu karena punya teknologi yang udah 100% fiber optik bikin upload dan streaming super cepat dan stabil dengan harga yang relatif terjangkau. Informasi lengkap dan ingin berlangganan Internet MyRepublic klik disini.

8. Promosi channel dan video

Berhubung kamu masih youtuber pemula, video yang udah dibuat dan diupload gak langsung bisa dilihat banyak orang karena kamu pasti belum punya subscribers. Ya kurang lebih satu tahun lah untuk menaikkan subscribers dan menaikkan traffic secara alami. Jangan nyerah! Kita promosi aja ke lingkungan terdekat seperti keluarga, saudara dan teman. Dan promosikan juga di sosmed sosmed yang kamu punya, grup FB yang sesuai dengan kontenmu tsb. Sukur-sukur kalo ada temanmu yang youtuber juga dan udah punya subscribers banyak bisa tuh kamu ajak collab.

9. Komunikasi 2 arah

Beberapa orang setelah menonton video kita, akan meninggalkan komentar. Sebagian komentar bagus dan membangun, tapi ada juga yang negatif atau nyiyir. Terima semua komentar dengan baik. Kalau ada yang komentar jelek, kamu bisa menanggapinya dengan berusaha untuk memberikan video yang lebih baik lagi. Adanya komentar positif atau negatif menandakan kalau mereka peduli dengan karya-karyamu.

10. Niat dan semangat pantang menyerah

Hal yang paling penting kalo kamu mau jadi Youtuber hebat! Niat tidak akan mengkhianati hasil! Jadi selama kamu bersungguh-sungguh dengan yang kamu kerjakan, maka kamu akan nikmatin hasilnya! "Bersabar adalah kunci segalanya!" Mungkin sebagian orang bisa viral dan terkenal dengan mudahnya! Tetapi sebagian besar harus bersusah payah dan berdarah-darah untuk mewujudkan mimpinya! Kalau kamu yakin bahwa menjadi Youtuber adalah cita-cita kamu, maka raihlah mimpi itu!

Tag : CARA JADI YOUTUBER SUKSES, MENGHASILKAN BANYAK UANG