Cara Live Streaming Biar Jadi Streamer Game terkenal di Facebook, Youtube dsb

Juli 07, 2020

Cara Live Streaming Biar Jadi Streamer Game terkenal di Facebook, Youtube dsb

Cara Live Streaming - Duduk depan layar monitor sambil main game terus dapet duit siapa sih yang ngga mau gitu? kayanya itu adalah impian setiap gamer kaya kita :D

Ngomong-ngomong soal streamer yang ada di otak kita langsung inget sama streamer terkenal Ninja atau Shroud yang mana 2 streamer tersebut berhasil jadi top of mind di kalangan temen-temen gamer terutama player game-game FPS.

Enaknya jadi streamer penghasilannya itu ngga cuma dari iklan, donasi atau subscription tapi dengan jumlah penonton yang banyak artinya kita bisa dapet tawaran kerjasama dari brand-brand besar. Wah langsung auto sultan nih :D

Tapi walaupun keliatannya pekerjaan ini menyenangkan namun perjuangannya akan lebih besar daripada sekedar main game terus dapet duit. Disini kita kasih cara live streaming dari nol sampe ditonton banyak orang dan mendatangkan money $$ :D.

Mulai dengan Facebook Gaming.


Sebelum kita beli peralatan streamer yang mahal lebih baik kita pelajari dulu kita research dulu kira-kira streaming apa yang mendominasi jagad Gaming saat ini. Jadi kita jelas nanti arah dan game yang dipilih

Kemudian saat memulainya anggap aja ini seakan bisnis kalian sendiri. Supaya jelas tujuannya kalian harus sering sering evaluasi dan bikin semacam business plan versi kamu sendiri.

Memilih nama channel


Nama channel kalian layaknya seperti nama perusahaan, jadi sebelum sign up berikut ini adalah beberapa tips dalam menentukan nama untuk saluran kalian:

  • Make it clean! Buat sebagian orang mungkin nama akan terlihat keren dan gaol kalo ada unsur “kasar” dan “jorok” atau terdiri dari kombinasi angka-angka, tapi bagaimanapun ini bakal jadi bumerang buat kita nantinya. Pliss itu ngga gaul sama sekali. Ngga peduli seberapa bagus konten yang kita sajikan, nama kasar dan jorok juga bikin orang kesel.
  • Kalian suka julukan dari game atau anime? Beberapa streamer ngasih nama channel dengan nama julukan yang diambil dari game atau hal yang mereka sukai, kalo kalian suka pake nama tersebut pastiin namanya...
  • Mudah diingat. Salah satu kesalahan terbesar dalam pemilihan nama adalah ngasih nama channel ribet dan njelimet pake ejaan alternatif. Hal ini cuma nyusahin orang buat ngapalin nama channel kita.
Lengkapi profil

Nama channel yang jelas dan sopan udah ✓ , mudah diingat juga udah ✓, nah sekarang waktunya lengkapin profil nih Rocketers.

Ngga ada yang lebih buruk dari profil streamer yang kosong! Ngga ada keterangan apapun dan ngga ada profile picturenya. Jadi lebih baik isi dengan informasi apapun daripada ngga ada sama sekali.
Kurang inspirasi? Berikut adalah beberapa ide untuk untuk bikin profil kamu terlihat lebih ciamik dan ngga sepi kayak hati kamu :))

  • Pasang foto profil. Ngga harus foto muka kok, bisa apa aja. Yang pasti jangan dibiarin kosong karena ngga ada seorang pun yang suka ngeliat kotak foto profil kosong. Sukur kalo bisa photoshop dikit jadi bisa bikin logo simpel atau hal simpel lain kayak misalnya karakter dari game atau anime favorit itu udah cukup buat permulaan.
  • Tambahin beberapa informasi tentang stream yang kalian lakukan. Bisa informasi personal kayak nama, umur dan lokasi tapi inget ngga semua orang suka lho sama informasi personal gitu jadi lebih baik masukin informasi perihal stream kamu itu seputar game yang suka kamu mainin apa terus alat-alat yang kamu pakai apa aja sama jadwal siaran kamu deh.
  • Jadwal siaran ngasih gambaran kasar tentang hari dan jam berapa kamu bakal online atau bahkan kalian bisa nambahin game apa aja yang bakal kamu mainin.
  • Link ke sosial media lain juga salah satu yang penting untuk di taruh di profil channel kamu supaya buat mereka yang fans sama kamu nantinya biar bisa lebih deket lagi sama kamu dan mulai deh bangun basis penggemar di sosmed.
Bagaimana Cara memulai Live streaming?


Nama channel udah dan profil yang keren juga udah, sekarang waktunya kita mulai siaran. Eitss tapi ga semudah tekan tombol terus mulai, kalian juga butuh beberapa peralatan buat siaran diantaranya:

  • Kebanyakan streamer siarannya lewat PC, walau main di konsol kaya PS4 tapi gameplaynya sering dialirkan lewat PC via Capture Card. Tapi jangan khawatir kalo kalian sekarang cuma punya konsolnya aja semua masih mungkin kok buat siaran juga.

    Untuk gaming PC kalian bisa pakai windows 8 atau yang terbaru dengan 8GB RAM dan prosesor Intel i5-4670 atau diatasnya. Spek ini cukup standar untuk game PC saat ini, kalo masih terasa lambat bisa kalian upgrade dikit-dikit nantinya

    Graphic Card yang kalian perlukan juga nantinya tergantung dari game apa yang bakal kalian mainin pas streaming. Main Red Dead Redemption 2 tentunya bakal butuh Graphic Card yang lebih bagus dari Graphic Card yang dipake untuk main Cacing via emulator :D. Seperti hal apapun makin bagus alat semakin bagus juga kualitasnya. Meski begitu jangan pesimis kalo emang belom punya alat spek tinggi.

  • Ada beberapa software siaran yang harus kalian siapkan diantaranya adalah XSplit dan Open Broadcasting Software (OBS). Biasanya OBS ini yang paling banyak dipake sama streamer profesional. Enaknya pake OBS adalah pengoperasiannya yang terbilang mudah. Untuk tutorial lengkap pake OBS bisa cek di youtube ya gaes.
  • Mic adalah alat yang wajib ada untuk live streaming, supaya apa? Supaya kita bisa berinteraksi sama penonton. Nah anggap selalu kalo viewers itu temen kita yang perlu juga berinteraksi. Ngga mau kan cuma asal duduk terus nyuekin viewers gitu aja? Kalo emang kalian lakuin itu dijamin viewers kalian ngga akan balik lagi tuh.

    Webcam juga perlu tapi ngga sepenting mikrofon. Beberapa orang suka sama streamer yang nunjukin muka dan ekspresinya tapi beberapa orang juga lebih enjoy nontonin gameplay dengan atau tanpa webcam. Jadi kalo kalian masih malu-malu atau belum punya cukup uang, streaming ngga pake webcam juga ngga masalah

  • Penting ngga penting nih kenapa? Penting kalo emang kalian mau streaming lewat PC tapi kalo streaming langsung lewat konsol kaya PS4 atau XBOX kalian ngga perlu pake Capture Card.

    Banyak Capture Card yang beredar dipasaran diantaranya seperti Elgato, Hauppauge dan AVerMedia. Yang harganya mulai dari 1 juta rupiah keatas tergantung spesifikasi. Beberapa merk ini punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi sesuaikan sama kebutuhan kamu ya Rocketers.

  • Apalagi yang paling krusial dari cara live streaming kalo bukan koneksi internet. Jangan pernah kepikiran deh buat live streaming pake tethering HP. Saatnya kalian mulai langganan internet rumah yang pake fiber optik biar live streaming kamu lancar tanpa hambatan. Dan disini kita saranin kalian langganan minimal 100Mbps biar cover semua bandwith yang diperlukan saat mainin gamenya dan streamingnya. Klik disini untuk langganan internet MyRepublic sekarang.

Jadi berapa nih biaya untuk mulai streaming?
Hanya karena streamer favorit kalian pake peralatan yang mahal dan canggih yang pake 2 PC gaming kelas atas dan mouse gaming yang harganya lebih mahal dari sewa kos kalian perbulan bukan berarti saat kita mulai kita juga harus boros uang untuk beli alat tersebut.

Saat-saat baru ngerintis jadi streamer sebenarnya ngga perlu boros untuk beli perlengkapan yang mahal, karena pada dasarnya cukup dengan peralatan seadanya kita juga udah bisa streaming, toh bikin akun youtube, twitch dan facebook juga gratis kok.

Nanti kalo channel kita udah berkembang, itulah saatnya kita mulai upgrade alat seperti webcam dan capture card. Itu pun ngga perlu baru, cukup beli yang bekas dan masih layak pakai. Jadi kita bisa tau dulu kualitas dari alat tersebut sebelum kita putuskan untuk beli yang baru dan mahal.

Menjadi streamer yang sukses! - Tentukan niche yang pas!
Banyak dari kita percaya bahwa cara terbaik untuk mulai streaming adalah dengan cara memainkan game yang lagi hits.

Kalo kita coba liat di facebook atau twitch dll liat game yang populer kaya call of duty kita bakal nemuin puluhan hingga ratusan orang streaming dengan game yang sama. Jenis-jenis permainan ini lah yang bikin orang males nonton apalagi kita streamer baru.

Jadi yuk coba tentukan niche kita sendiri. Bisa coba dari game yang jarang orang mainin atau game-game retro. Dengan memainkan game yang ngga banyak orang mainin, streaming kita punya peluang lebih besar untuk ditemukan dan dilihat oleh orang-orang yang juga menikmati game itu. Call of duty mungkin jadi game favorit dan yang mau kita mainin. Tapi dalam hal ini, kita harus mulai bikin jaringan untuk diri sendiri.

Kemudian jangan lupa kita kenalan sama streamer senior di Discord atau Facebook bahkan Twitch, yang mana biasanya mereka dengan senang hati membantu kita tumbuh sebagai streamer. Bikin kita tau apakah mereka main game yang sama dengan kita, bisa juga dapet ide tentang cara meningkatkan channel kita, ini juga merupakan cara yang bagus untuk membangun follower.

Join ke group FB atau Grup WA bagus banget buat kita saling tukar ide namun jangan pernah coba menjadi sales, nimbrung terus tau-tau promosi channel. Ini jujur ngga sopan dan ngga pantes. Masuklah dengan mengajukan pertanyaan terkait streamer dan mengobrol dengan hal hal yang berkaitan dengan streaming adalah cara yang brilian untuk membangun jaringan sama mereka.

Jadi seorang game streamer sudah pasti sulit dan butuh waktu, hal terbaik yang bisa kita lakukan supaya sukses adalah membuat set-up kita menjadi seprofesional mungkin dan jadi diri sendiri. Mungkin butuh berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bertahun-tahun, tetapi dengan ketekunan semua itu akan terbayar. Semoga tips cara live streaming ini bisa berguna untuk kalian semua

Tag : cara jadi streamer game, cara live streaming