Cara Cek IMEI HP Mudah & Cepat. Bisa Melacak HP Hilang

Februari 18, 2021

Cara Cek IMEI HP Mudah & Cepat. Bisa Melacak HP Hilang

Sebagian besar orang mungkin masih belum tahu gimana cara cek IMEI HP. Maklum saja, tidak semua orang teliti dan jeli dengan ponsel pribadinya. Padahal, umumnya setiap perangkat seluler seperti handphone, smartphone, tablet, dan lainnya, memiliki nomor identitas selayaknya “nomor KTP”.

Nomor identitas ini dikenal dengan sebutan IMEI. IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Nantinya, IMEI dapat berfungsi ketika perangkat kamu hilang atau dicuri. Kalau kamu tahu cara cek IMEI HP, maka akan lebih mudah dilacak oleh operator telekomunikasi.

Pertanyaannya, bagaimana sih cara cek IMEI HP? Ada beberapa metode yang bisa dilakukan. Langsung saja simak bersama-sama, yuk!

  • 1. Cara Cek IMEI HP dengan kode *#60#

    Bisa dibilang, cara cek IMEI HP yang pertama ini adalah langkah yang paling mudah.

    • 1. Pertama, tekan *#60# pada perangkat seluler kamu. Tunggu beberapa saat, hingga layar ponsel loading dan menampilkan data.
    • 2. Apabila cara cek IMEI HP dengan kode ini berhasil. Maka, seharusnya nomor IMEI sudah tampil di layar ponselmu.
    • 3. Setelah tampil, segera screenshot atau catat di aplikasi maupun kertas agar tidak lupa dan bermanfaat saat ponselmu hilang.
  • 2. Cara Cek IMEI HP lewat Setting Ponsel

    Oke, cara cek IMEI HP selanjutnya adalah masuk ke menu “Pengaturan” atau “Settings” di ponsel Android kamu. Berikut langkah-langkahnya:

    • 4. Buka menu “Pengaturan” atau “Settings”.
    • 5. Pilih menu “About” atau “Tentang ponsel”.
    • 6. Kalau cara cek IMEI HP melalui menu Settings ini sukses, di smartphone akan tampil nomor IMEI, Nomor Serial (Serial Number), bahkan Nomor Model dan informasi lainnya mengenai ponsel kamu.
  • 3. Cara Cek IMEI HP lewat Setting Ponsel

    Gak cuma dua cara di atas saja yang bisa untuk menampilkan berapa nomor IMEI di ponselmu. Contoh kasus, kalau kamu memiliki tipe ponsel yang keluaran lama atau tipe ponsel dengan baterai yang bisa dilepas, copot saja baterainya.
    Nantinya, kamu bisa menemukan nomor IMEI yang tercetak di sisi bawah baterai. Cukup buka penutup atau cover belakang ponsel, keluarkan baterai ponsel, dan periksa nomor IMEI yang tertera di sana.

  • 4. Cara Cek IMEI HP dengan Memeriksa Kardus/ Dus Box HP

    Kalau kamu membeli ponsel baru, pastinya dilengkapi dengan dus box atau kardusnya, kan? Nah, dari kardus HP tersebut, kamu juga bisa menjumpai nomor IMEI ponselmu.
    Biasanya, di kardus ikut dicantumkan informasi terkait spesifikasi ponsel serta nomor IMEI atau informasi-informasi ponsel lainnya.

  • 5. Cara Cek IMEI HP untuk status registrasi di situs Kemenperin

    Sekarang, kalau nomor IMEI sudah diperoleh, bisakah dipakai untuk cek status registrasinya? Bisa banget! Tenang aja guys, yuk ikuti langkah-langkah berikut!

    • 1. Buka alamat website: https://imei.kemenperin.go.id
    • 2. Setelah layar muncul, masukkan nomor IMEI ponselmu di kolom penelusuran yang tersedia.
    • 3. Contohnya : 359302101234567.
    • 4. Jika nomor IMEI ponselmu sudah terdaftar dan benar-benar produk orisinil, maka hasil penelusuran di website tersebut akan menampilkan informasi yang menyatakan bahwa ponselmu sudah terdaftar di Kementerian Perindustrian. Bunyi pernyataannya adalah “IMEI terdaftar di database Kemenperin.”

Tapi, apabila produk ponselmu ternyata ilegal atau tidak terdaftar, maka hasil penelusuran website akan menyatakan informasi : “IMEI tidak terdaftar di database Kemenperin.”

Wah, kebukti kan, cara cek IMEI HP itu benar-benar mudah dan gak ribet. Kalau sudah mengantongi nomor IMEI, langsung aja deh kamu pergi ke kantor operator telekomunikasi atau pihak berwenang untuk menemukan HP kamu yang hilang. Catat baik-baik dalam ingatan, informasi di atas ya, guys!

Klik Untuk Berlangganan