Cara Streaming Youtube, Netflix dll gak pake buffering

By December 3, 2019 News, Uncategorized No Comments
  • Kalian merasa dikutuk gak sih setiap nonton video di youtube, netflix dll logo muter-muter gak jelas ini yang selalu yang nongol atau bahasa kerennya itu buffering 😀 dan dengan sangat terpaksa kalo mau lancar harus ganti resolusinya jadi 240p atau bahkan 144p 😀 asli sumpah nonton video resolusinya segitu bikin sakit mata guys.
    Tapi tenang dan tetap santuy! Disini kita punya solusi yang bisa Rocketers lakuin biar streamingnya lanjay anti buffer buffer club walau dengan resolusi tinggi sekalipun. Pastiin kamu baca dan simak artikel ini baik baik jangan sampe ada yang kelewat dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media kamu biar kamu gampang carinya kalo pas butuh 😀 tombol sharenya ada di pojok kanan atas artikel ini guys
  • 1. Speedtest

    “Lah kok speedtest?” Kalau streaming kesendat-sendat bisa jadi karena koneksi internet kita yang lagi ngga stabil, jadi speedtest itu untuk diagnosa dasar apakah ada masalah sama internet kita tau ngga.

    Kalo ternyata koneksi kita yang lagi ngga stabil yaaa mau digimanain juga gak bakal pengaruh, kecuali ganti koneksi internetnya. Bisa numpang ke rumah temen yang wifi-nya kenceng 😀 atau pasang internet yang pake teknologinya udah pake fiber optic kaya MyRepublic.

  • 2. Pause dulu filmnya

    Keliatan agak sepele dan terkesan becanda tipsnya, tapi percaya deh buat kamu yang speed dan bandwidth internetnya kurang wajib coba cara pause ini. Pause terus diemin dulu biar kasih buffer yang cukup. Kira-kira cukup baru deh kita play lagi. Yaaa pastinya butuh sabar yang extra, apalagi kalo internet kamu lagi pas-pasan tapi mau maksain nonton 😀

  • 3. Restart device

    Mengutip dari salah satu saran Graham Linehan (bukan Graham Bell ya beda!) dalam film The IT Crowd “Sudahkah Anda mematikannya lalu menghidupkan lagi?”

    Banyak masalah teknologi yang bisa diselesaikan hanya dengan modal Restart aja. Ya cuma Restart guys! Jadi matiin sebentar gadget kamu beberapa detik atau menit terus jangan lupa hidupin lagi, kalo ga dihidupin lagi nontonnya gimana ya kan :D.

    Nah kalau di rumah kamu pasang wifi (fixed broadband) bisa juga restart router atau modemnya.

  • 4. Clear cache

    Namanya alat elektronik setiap hari dipake apalagi handphone, pasti deh gak bisa sehari aja lepas dari dia. Nah karena seringnya pemakaian ini baik laptop atau handphone yang kamu pake udah pasti menumpuk tuh junk files atau cache cache manja

    Cache atau junk file yang numpuk juga jadi salah satu penghambat performa pas kita streaming film guys. Jadi saatnya kita sapu bersih mereka semua. Kalau kamu streaming film di browser Chrome coba pilih Settings > Advanced Settings > Clear browsing data. Buat di android misalnya kamu streaming di aplikasi Youtube caranya pilih Setting > Apps > Youtube (sesuaikan apps yang mau di clear cache) > Storage > Clear Cache.

  • 5. Jangan jauh-jauh dari Router

    Solusi ini khusus buat kamu yang udah pasang wifi dirumah. Kalo kamu yang belum pasang, buruan deh pasang wifi MyRepublic biar streaming kamu makin lancar.

    Jadi semakin kamu jauhan sama Router otomatis makin lelet tuh internet yang kamu dapet. Kejadian ini sering tuh biasanya si yang suka bawa bawa hape ke wc sambil bertapa 😀 hayooo siapa yang kaya gini? 😀

    Bawa hape ke wc yaaa hak kalian sih, tapi pastiin kalo emang mau sambil streaming film, internet kamu nyampe ke tempat bertapa kamu tadi. Tapi biasanya gak bakal nyampe tuh internetnya, kalopun nyampe bakal berkurang speednya.

    Kecuali kamu lakuin 2 hal ini, pertama kamu deketin router ke wc dan kedua kamu pasang Magic Wifi. “Nah apalagi tuh Magic Wifi?” itu lho alat yang gunanya untuk memperluas jangkauan sinyal wifi. Jadi kalo ada Magic Wifi ini semua area rumah kamu dari lantai 1 sampe 3 pun tetep kejangkau dengan speed tetap maksimal meski terhalang tembok tebal sekalipun.

  • 6. Streaming pas orang orang pada Tidur

    Netflix, Youtube dll bakal kerasa berat banget pas jam jam sibuk internet. Menurut research, puncaknya jam sibuk lalu lintas internet itu biasanya antara jam 8 malam dan 10 malam. Jadi kalo koneksi kalian lagi pas-pasan sabar tunggu sampe tengah malem aja guys.

  • 7. Download sekarang, tonton nanti

    Beberapa platform seperti Netflix udah nyediain fitur download. Jadi kalo kalian pas lagi ada di jangkauan wifi yang ngebut buruan deh download filmnya dan tonton tanpa buffering lagi.

  • 8. Putusin sambungan wifi ke device lain

    Masih buat kamu pengguna wifi rumah. Dalam satu rumah biasanya semua anggota keluarga pasti konek ke wifi. Disaat yang sama ada adek lagi download game, ayah dengerin streaming lagu dangdut klasik, ibu streaming tutorial hijab, belom lagi kalo yang wifinya di colong tetangga 😀 dan belom lagi yang konek ke CCTV misalnya atau perangkat yang butuh sambungan internet, udah pasti bandwitdh nya bakal kebagi-bagi tuh.

    Jadi putusin beberapa device yang ngga kepake biar kasih bandwidth lebihan buat streaming film kamu. Atau biar semua anggota keluarga happy upgrade paket berlangganan internet kamu. Misal sekarang kamu langganan 50Mbps upgrade ke 100Mbps

  • 9. Pakai kabel LAN

    Wifi simpel sih ga ribet mesti colok colok. Tapi tau ngga kalau internet itu lebih maksimal kalo kita sambungin via kabel LAN langsung dari induknya (router). Hal ini bakal kasih kecepatan extra, yang tadinya macet-macet bisa jadi lancar.

    Kalo masih kesendat juga, bisa jadi koneksi internetmu yang bermasalah. Coba speedtest atau untuk pengguna windows, coba tekan tombol Windows + R lalu ketikkan ping 8.8.8.8 -t. Bila terjadi masalah waktunya hubungi ISP kamu.

  • 10. Update flash player

    Sebagian besar situs streaming menggunakan Adobe Flash Player untuk bisa memutarnya. Nah biasanya kalo versi yang kita punya masih versi lama, itu juga sebagai salah satu penyebab streaming kita buffer terus padahal koneksi udah lumayan oke. Jadi baiknya jangan lupa update flash player kamu.

  • 11. Fiber optic lebih ngebut

    Udah terbukti kalau sekarang ini internet fiber optik salah satu teknologi internet paling kenceng dan paling stabil. Fiber punya kecepatan transmisi yang super ngebut, speednya bisa sampai dengan 1GB/detik. Kabel fiber memanfaatkan gelombang cahaya jadi ngga bakal terganggu gelombang elektromagnetik dan juga tahan sama gangguan cuaca, mau ujan gledek fiber tetep jossss…

    Teknologi ini makanya cocok banget buat temen-temen yang sukanya download atau upload file jumbo, Gamer sama orang yang suka streaming film di netflix, youtube dll.

    Ada yang bilang “wah fiber mah mahal biaya pasang”, terus “bulanannya juga mahal”. Aduuuhh please deh, kenalan dulu yuk sama MyRepublic salah satu ISP yang udah pake teknologi full fiber optik ini harganya harga sodara banget deh dan yang pasti tanpa biaya pasang alias gratis. Daftar lengkap paket dan harga klik disini

    Nah itulah cara yang bisa Rocketers lakukan biar streaming kalian gak pake buffer dan pastinya resolusinya juga gak bikin sakit mata. Tapi inget jangan buat streaming film yang macem-macem yak 😀 tanggung sendiri resiko ketagihannya