RansomWare Dengan Tebusan Gaya Baru

Internet dewasa ini diketahui telah menjadi media penyebaran Ransomware yang berbahaya. Ancamannya kembali muncul dengan adanya Malware varian baru yaitu Ransomware.

Ransomware secara sederhana dikenal sebagai Malware yang bertugas mengunci komputer dengan meng-enkripsi data untuk mengelabuhi penggunanya. Tujuannya adalah supaya pengguna memberikan uang tebusan dan data yang disandera dapat dilepaskan.

Cara kerja Ransomware ini dilakukan dengan empat cara yaitu :

  1. Ransomware akan melumpuhkan komputer dengan mematikan program yang terdapat pada registry.
  2. Ransomware melumpuhkan keyboard dan mouse, lalu membiarkan pad nomor saja yang aktif.
  3. Ransomware mengunduh dan menampilkan pesan-pesan peringatan yang mengaku berasal dari penegak hukum.
  4. Ransomware akan menginformasikan bahwa pengguna telah mengakses situs illegal, sehingga pengguna diminta membayar sejumlah uang agar bisa kembali mengakses data lagi.

Sistem yang terkena dampak Ransomware secara langsung adalah komputer, mobile dan server. Kebanyakan Ransomware menyerang komputer pribadi yang menggunakan sistem operasi Windows. Salah satu Ransomware yang cukup terkenal meminta uang tebusan dengan sejumlah 13 Bitcoin atau setara dengan Rp 70.000.000-, adalah 7ev3n. Ransomware ini menyerang komputer dengan cara yang masih sederhana. 7ev3n menonaktifkan fungsi tombol keyboard F1, F10, F3, F4, Enter, Escape, Left Alt, Left Ctrl, Right Alt, Right Ctrl, Right Shift, Left Windows, Right Windows, Num Lock, dan Tab.

Tanda yang perlu diperhatikan jika Ransomware 7ev3n ini menyerang adalah file-file tertentu yang ekstensinya berubah menjadi “.r5a” . Dapat dipastikan, file-file yang ekstensinya telah berubah, tidak dapat diakses kembali. Masalah lain yang juga kerap muncul saat komputer terserang Ransomware 7ev3n adalah, data-data komputer yang disandera dan telah ditebus tetap tidak bisa diakses.

Solusi mengatasi Ransomware adalah dengan menggunakan Trend Micro yang memiliki teknologi scanning berbasis cloud yang dinamakan Smart Protection Network. Teknologi ini digunakan Trend Micro untuk melindungi dari serangan penjahat Cyber terbaru. Dengan teknologi ini Trend Micro mampu melindungi komputer terhadap Ransomware dengan mengidentifikasi dan memblokir link-link yang berbahaya pada situs internet, jejaring sosial dan email. Trend Micro juga dapat melindungi dari instalasi aplikasi yang tidak sah dan tidak Anda inginkan.

Untuk mengetahui lebih lanjut cara mendapatkannya Trend Micro dapat mengunjungi :
http://asiadigi.com/promo/get/MYREPUBLICFTM