Hacker vs Cracker

Banyak diantara kita salah mengartikan istilah hacker maupun cracker. Semua memberikan konotasi negatif pada dua istilah diatas. Namun, sebenarnya hacker dan cracker itu sangatlah berbeda. Lantas bagaimana membedakan dua istilah tersebut? Berikut ulasan singkat hacker dan cracker.

Apa sih beda Hacker dengan Cracker? yuk kita kupas ciri-cirinya..

  1. Hacker
    Hacker adalah sebutan untuk mereka yang memberikan sumbangan yang bermanfaat kepada jaringan komputer, membuat program kecil dan membagikannya dengan orang-orang di Internet. Hacker disini artinya mencari, mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi dan pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan oleh developer game. Para hacker biasanya melakukan penyusupan-penyusupan dengan maksud memuaskan pengetahuan dan teknik. Rata – rata perusahaan yang bergerak di dunia jaringan global (internet) juga memiliki hacker. Tugasnya yaitu untuk menjaga jaringan dari kemungkinan perusakan pihak luar “cracker”, menguji jaringan dari kemungkinan lobang yang menjadi peluang para cracker mengobrak – abrik jaringannya.
  2. Cracker
    Cracker adalah sebutan untuk mereka yang masuk ke sistem orang lain dan cracker lebih bersifat destruktif, biasanya di jaringan komputer, mem-bypass password atau lisensi program komputer, secara sengaja melawan keamanan komputer, men-deface (merubah halaman muka web) milik orang lain bahkan hingga men-delete data orang lain, mencuri data dan umumnya melakukan cracking untuk keuntungan sendiri, maksud jahat, atau karena sebab lainnya karena ada tantangan. Beberapa proses pembobolan dilakukan untuk menunjukan kelemahan keamanan sistem. Dan dari kegiatan para cracker inilah muncul cyber crime.

PERBEDAAN MENDASAR HACKER DAN CRACKER

Hacker Cracker
Memiliki kemampuan menganalisa kelebihan dan kelemahan suatu sistem. Mampu membuat program untuk diri sendiri dan sifat program tersebut adalah destruktif.
Memiliki etika serta kreatifitas untuk merancang program bagi siapa saja. Melakukan segala aktifitas dengan berkelompok atau sendiri.
Suka membagikan ilmu untuk siapa saja yang mau belajar. Sering melakukan cybercrime (Carding / pencurian kartu kredit)

Trend Micro memiliki teknologi scanning berbasis cloud yang dinamakan smart protection network. Teknologi ini digunakan Trend Micro untuk melindungi dari serangan penjahat cyber terbaru. Fitur perlindungan online perbankan dapat mengamankan transaksi online Anda dari serangan ataupun percobaan pencurian password. Dengan solusi ini, informasi pribadi jauh dari resiko terganggu oleh penjahat cyber sekaligus menjaga privasi dan perlindungan aktivitas online Anda.

Untuk mengetahui lebih lanjut cara mendapatkannya, kunjungi
http://asiadigi.com/promo/get/MYREPUBLICFTM