Smart Home

By December 30, 2016 Rocket Life No Comments

Rumah pintar atau biasa disebut Smart Home merupakan rumah yang dilengkapi dengan fitur teknologi yang memungkinkan berbagai sistem dan perangkat di rumah yang dapat berkomunikasi satu sama lain.

Smart home dalam pengoperasiannya dibantu oleh koneksi internet dan perangkat lain seperti komputer atau aplikasi untuk memberikan kenyamanan, keselamatan bahkan penghematan energi. Smart Home ini akan terintegrasi satu sama lain berdasarkan perangkat yang diinginkan. Teknologi ini dapat dikendalikan dengan menggunakan suara, sinar infra merah atau kendali jarak jauh.

Saat ini di Indonesia teknologi masih dianggap belum penting. Masih butuh waktu masyarakat untuk menjadikan Smart Home menjadi bagian dalam konsep Internet Of Things.

Sebagai Contoh, ketika penghuni rumah sedang berpergian, Smart home dapat menjalankan tugasnya semudah hanya mengakses satu aplikasi, menghidupkan lampu ruang utama, atau menjalankan perangkat lainnya secara wireless. Solusi lainnya adalah bagaimana mulai dari bangun pagi dibangunkan oleh alarm jam 6 pagi, dan saat itu juga coffee maker anda secara otomatis langsung membuat kopi untuk anda, atau saat kelengkapan isi kulkas habis bisa terhubung dengan online store terdekat.