Bikin Gak Bisa Tidur, Ini Dia Film Horor Terbaik

Oktober 05, 2020

Bikin Gak Bisa Tidur, Ini Dia Film Horor Terbaik

Film Horor Terbaik - Film horor masih menjadi salah satu favorit sebagian orang untuk di tonton. Selain sosok hantu yang bikin menyeramkan, beberapa film horor juga punya cerita yang bagus dan sulit untuk ditebak. Bahkan beberapa film yang tayang diambil dari kejadian nyata yang memang pernah dialami.

Buat kamu yang lagi cari daftar film horor terbaik, berikut ini sudah kita rangkum daftarnya. Oia buat kamu yang bukan pecinta film horor mending tonton pas siang aja dan jangan sendirian ya kalo masih mau tidur nyenyak hihihi. Oke langsung aja ini dia daftar film horor terbaik.

  • 1. The Conjuring (2013)


    Film ini bercerita tentang sebuah keluarga yang ingin memulai hidup baru dan pindah ke sebuah rumah. Semenjak pindah keluarga tersebut mendapat banyak gangguan dari penunggu rumah yang juga bekerja sama dengan penunggu hutan di sekitar tempat mereka tinggal.

    Tidak tahan dengan berbagai gangguan, mereka akhirnya memanggil ahli spiritual terkenal Ed dan Lorraine untuk mengusir para makhluk yang mengganggu mereka. Bahkan menurut kesaksian Lorraine di dalam kehidupan nyata pengusiran makhluk dirumah tersebut adalah menjadi yang terberat dan terkuat yang pernah ia tangani.

  • 2. The Exorcist (1973)


    Pasti kamu pernah dengar permainan jailangkung kan? Nah di Amerika sendiri ternyata ada lho permainan yang serupa dengan jailangkung yang ada di Indonesia yaitu Ouija. Film ini bercerita tentang seorang anak bernama Robbie yang iseng bermain papan ouija untuk mencoba berinteraksi dengan makhluk halus. Semenjak keisengan yang ia perbuat, ia sering kerasukan sampai dilarikan ke rumah sakit jiwa karena orang beranggapan bahwa dia sudah gila.

    Sebagian orang berfikir kejadian yang menimpa Robbie tersebut adalah ulah roh jahat. Berita tentang Robbie ini bahkan sampai masuk koran The Washington Post pada tahun 1949. Bisa dikatakan The Exorcist merupakan film horor terbaik sepanjang masa. Film ini juga menjadi pelopor munculnya film bertema kerasukan yang mulai bertebaran.

  • 3. The Exorcism of Emily Rose (2005)


    Salah satu film yang diambil dari kisah nyata selanjutnya bercerita tentang seorang gadis yang berasal dari keluarga yang taat agama yang sering mengalami kejang tanpa sebab. Orang tuanya sudah mencoba berbagai cara untuk menyembuhkannya tetapi selalu gagal. Pihak keluarga akhirnya baru mengetahui bahwa gadis itu kerasukan roh jahat.

    Pada akhirnya gadis tersebut meninggal karena penyakit pneumonia yang dideritanya. Di film ini nama gadis tersebut diganti dari nama asli Michelle menjadi Emily Rose. Emily dirasuki iblis yang kuat mulai dari lucifer, judas iscariot sampai hitler. Film horor terbaik yang satu ini wajib masuk dalam daftar tonton kamu

  • 4. Shutter (2004)


    Asia memang dikenal dengan film horornya yang begitu menyeramkan. Selain Jepang dan Indonesia, Thailand juga dikenal sebagai negara yang rajin melahirkan film horor terbaik. Salah satu film horor terseramnya adalah Shutter.

    Film yang rilis pada tahun 2004 ini bercerita tentang seorang fotografer muda bernama Tun dan kekasihnya yang secara tidak sengaja menabrak seorang gadis. Merasa panik dan kondisi jalan yang sepi, Tun memutuskan untuk lari dari tanggung jawab dan memilih kabur. Setelah kejadian itu mereka kerap mengalami gangguan mistis dan menyeramkan. Mulai dari hasil fotonya yang selalu gagal sampai kematian teman-temannya yang tidak wajar.

    Shutter merupakan film horor dengan cerita yang tidak mudah ditebak. Tidak hanya sosok hantu yang menyeramkan secara blak-blakan tetapi penonton juga dibawa menebak-nebak benang merah yang ada di film.

  • 5. Pengabdi Setan (2017)


    Film horor terseram dan terbaik tidak selamanya buatan luar negeri. Indonesia juga punya beberapa film horor terbaik yang mendapat penghargaan di festival-festival luar negeri salah satunya adalah film Pengabdi Setan (Satan Slave). Kesuksesan film remake ini tak terlepas jadi jeniusnya sang sutradara Joko Anwar dalam mengemas film yang pernah dibuat pada tahun 1982 ini.

    Di era sekarang memang kita kehilangan film horor khas Indonesia yang memadu padankan nilai horor dan agama. Tidak seperti kebanyakan film horor Indonesia yang saat ini bernuansa sensual, Pengabdi Setan menawarkan unsur horor melalui sinematografi dan cerita yang ciamik.

    Film ini bercerita tentang keluarga kecil yang mengalami hal-hal mistis setelah meninggalnya sang ibunda karena penyakit misterius yang telah dideritanya selama bertahun-tahun. Tidak hanya keluarga inti saja yang merasakan keangkeran rumah tersebut, tetapi orang-orang terdekat pun terkena imbasnya.

    Pengabdi Setan telah sukses mengembalikan kejayaan film film horor jadul indonesia yang sempat padam dalam kurun waktu yang lumayan lama. Bukan sesuatu yang berlebihan jika Pengabdi Setan masuk dalam daftar film horor indonesia terseram sepanjang masa.

  • 6. The Blair Witch Project (1999)


    Film horor dengan nuansa dokumenter memiliki kesan menyeramkan tersendiri. Kesan horor pada film dokumenter terasa lebih nyata karena kita seolah olah melihat sebuah rekaman nyata. Salah satu film horor dokumenter terbaik adalah The Blair Witch Project.

    Bisa dikatakan film ini adalah salah satu film yang menjadi pelopor lahirnya film-film horor dokumenter seperti Paranormal Activity, Rec sampai Diary of The Dead. Sebelumnya pada tahun 80an sudah ada film thriller dengan gaya dokumenter berjudul Cannibal Holocaust, namun film ini tidak terlalu booming.

    Film The Blair Witch Project merupakan film dengan pendapatan kotor yang mencapai 140 juta US. Buat kamu yang suka sama film horor dokumenter, disarankan untuk nonton film horor terbaik ini.

  • 7. The Descent (2005)


    Ketika mendengar premis tentang sekelompok wanita yang menemukan sarang monster saat menjelajahi goa, mungkin kamu langsung berpikir kalau The Descent merupakan film lainnya yang dipenuhi dengan jumpscare. Ya The Descent memang dipenuhi dengan dengan jumpscare tetapi film juga dilengkapi ketangkasan dari sang sutradara.

    Film ini punya twist yang mengejutkan pada bagian akhirnya. The Descent membuktikan kalau penyutradaraan dan akting yang hebat bisa mengalahkan cerita yang rumit.

  • 8. The Ritual (2017)


    Buat kamu yang mencari keseraman seperti The Blair Witch Project, film ini akan menarik perhatianmu. Seperti The Blair Witch Project, The Ritual dengan sempurna menyeimbangkan psychological horror dan physical scare.

    Film ini menceritakan sekelompok sahabat yang diburu dihutan oleh makhluk tak kasat mata. Dan teror datang seperti dari hilangnya kepercayaan serta konflik seperti dalam ketakutan. Ditambahkan atmosfer suram yang tidak ada habisnya kamu akan mendapatkan alasan lain untuk tidak memasuki hutan.

  • 9. Insidious (2010)


    Film ini berkisah tentang sebuah keluarga yang baru saja pindah ke rumah baru mereka. Di rumah baru yang ditempatinya, salah satu anaknya yang bernama Dalton mengalami hal misterius, dimana rohnya keluar dari tubuhnya sendiri dan kemudian pergi ke alam lain.

    Teror dari roh jahat mendatangi untuk mengambil alih tubuh Dalton agar roh jahat tersebut bisa kembali hidup. Karena sudah tidak tahan dengan kejadian horor yang terjadi, mereka pun mendatangi pengusir hantu untuk mengusir roh jahat tersebut.

    Insidious berhasil menyajikan ketegangan yang luar biasa. Film ini juga berhasil memenangkan dua penghargaan sekaligus dari Fright Meter Awards kategori Best Horror Film dan Best Supporting Actress yang diraih oleh Lin Shaye. Tidak heran film ini menjadi film horor terlaris pada masa itu.

  • 10. We Are Still Here (2015)


    Pada awalnya kamu mungkin akan mengira bahwa ini adalah film drama keluarga murni. Jangan salah, film yang terlihat seperti drama keluarga ini sebenarnya adalah film gory horor yang menyajikan ketegangan dan jumpscare untuk para penontonnya. Kelebihan film ini adalah cara menampilkan suasana dan aura yang mencekam dan setting yang terlihat tidak lazim.

    Film ini bercerita tentang suami istri Anne dan Paul yang baru saja pindah ke rumah baru untuk menghilangkan kesedihan setelah meninggalnya sang putra Bobby akibat kecelakaan. Namun, yang terjadi di rumah baru justru Annie malah selalu merasakan kehadiran Bobby, tapi Paul selalu mencoba menyangkalnya. Saat Anne memanggil sahabatnya yang memiliki kemampuan menangani roh halus, semakin banyak kejadian buruk yang mereka alami.

  • 11. We Are Still Here (2015)


    Film yang pasti akan membuat kamu ikut terdiam namun akan teriak kaget karena kemunculan makhluk menyeramkan. Ya karakter-karakter di A Quiet Place sama sekali tidak boleh menimbulkan suara berisik. Karena bila ada sedikit kegaduhan, monster yang punya pendengaran super duper tajam bakal mendatangi sumber suara, lalu menerkam siapapun yang ada di lokasi kegaduhan.

    Bisa bayangkan sendiri betapa sulit dan menegangkannya situasi yang dihadapi karakter utamanya.

    Demikian rangkuman film horor terbaik yang bisa kamu tonton. Kalau boleh saran jangan nonton pas sendirian ya, kalo masih berani nonton sendirian tanggung resikonya sendiri ya :D Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya Rocketers :D Kalau kamu punya rekomendasi film horor terbaik lainnya silahkan komentar dibawah ini ya :D