Auto Sultan, Ini Dia Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Oktober 15, 2020

Auto Sultan, Ini Dia Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Wabah corona yang terjadi didunia saat ini memang sangatlah berpengaruh terhadap banyak aspek kehidupan, salah satu yang terdampak paling serius akibat wabah ini adalah sektor ekonomi. Banyak pekerja yang terkena dampaknya mulai dari yang dirumahkan tanpa gaji hingga mengalami PHK. Dengan kondisi seperti ini mencari pekerjaan baru pun juga terasa sulit.

Namun hidup harus terus berlanjut dan jalani hari dengan tetap semangat karena apapun kalau kita kerjakan tidak ada yang sia-sia selama hal tersebut adalah hal yang positif. Percayalah akan setiap peluang selama kita berusaha. Salah satu peluang yang bisa kalian lakukan adalah mendapatkan uang dari internet.

Ya, internet yang kamu pakai saat ini selain bisa dipakai untuk buka sosmed, browsing dan WA, kalian juga bisa mendapatkan uang lho. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan kalau kamu ingin mendapatkan uang dari internet:

  • 1. Menjadi Youtuber


    Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kata Youtuber, ya menjadi youtuber saat ini memang profesi yang sangat menjanjikan. Banyak orang yang bukan berangkat dari kalangan selebriti atau artis saat ini bisa menghasilkan uang dan menjadi kaya raya berkat konten-konten youtube yang mereka buat.

    Bahkan, pendapatan dari youtube lebih banyak daripada pengusaha yang mempunyai bisnis menengah ke atas. Enaknya menjadi youtuber adalah kebebasan, ya bebas bekerja dimana saja dan kapan saja.

    Ada beberapa cara mendapatkan uang dari youtube yang bisa kamu lakukan antara lain adalah dengan cara Sponsorship dan Google Adsense.

  • Apabila channel youtube kamu sukses dan jadi terkenal, maka sponsor akan masuk dengan sendirinya. Namun, ini memakan waktu dan paling sedikit kamu memerlukan 20,000-100,000 subscribers.

    Google Adsense adalah program kemitraan iklan dari Google. Kamu pasti pernah kan pas lagi nonton youtube ada iklan muncul? Nah ini adalah iklan dari Google. Untuk mendapatkan google adsense ini gampang-gampang susah karena Google selalu merubah syarat aplikasi mereka.

    Yang terkini untuk mendapatkan Adsense adalah pemilik channel memerlukan minimal 1000 subscriber dan total video ditonton selama minimal 4000 jam. Perlu diingatkan juga, konten video harus original. Semakin banyak viewers dan pemirsa yang mengklik iklan dari Google, semakin banyak juga penghasilan kamu dengan menjadi youtuber ini.

  • 2. Menjadi Selebgram


    Beruntungnya kita hidup dimana media sosial berdampingan dengan kehidupan kita. Bisa dibilang Instagram lebih cepat dan mudah digunakan untuk mencari uang daripada daripada Youtube.

    Cara mendapatkan uang dari bisnis ini adalah dengan sponsorship dan endorsement. Ya, untuk channel instagram, untuk mendapatkan uang kamu bisa buka jasa endorse yaitu mengulas produk orang lain (paid promote) karena di instagram tidak ada Google Adsense. Tapi dengan catatan kamu memerlukan followers dan like yang banyak maka endorse akan datang dengan sendirinya ketika kamu menjadi terkenal.

  • 3. Menjadi Blogger


    Menjadi blogger adalah salah satu profesi yang paling digemari untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Karena selain kamu bisa bekerja dirumah dan menjadi boss sendiri kamu bisa meraup keuntungan yang cukup lumayan.

    Sama halnya dengan beberapa cara yang disebutkan sebelumnya traffic adalah faktor utama untuk mendapatkan uang. Menjadi seorang blogger kamu harus membuat konten secara reguler. Konten yang disajikan juga harus informatif dan berguna, maka orang-orang akan datang ketika kamu menulis konten baru.

    Modal awal blogging terbilang sedikit, yaitu sekitar Rp 200 ribu untuk membeli domain dan server. Ada juga alternatif yang gratis, yaitu menggunakan Blogger.com dan WordPress.com

    Cara menghasilkan uang dari Blogging adalah dengan Google Adsense, endorsement, Iklan, menjual barang sendiri, menjual konten, affiliate dll. Cara yang paling mudah adalah iklan dari Google Adsense atau menjual barang sendiri. Bila traffic blog kamu sudah ramai maka kamu bisa menjual tempat seperti banner atau sponsored post yang sangat mudah, cepat dan mahal.

    Selain itu, kamu bisa menggunakan blog kamu untuk program affiliasi. Dimana kamu akan mendapatkan komisi ketika orang membeli melalui link yang kamu pasang. E-Commerce seperti Lazada, Bli-Bli, Bukalapak memberikan pilihan tersebut. Biasanya, blog tentang gadget lebih mudah mendapatkan uang dari link affiliasi.

  • 4. Menjual Barang Sistem Dropship (Dropshipper)


    Menjadi pengusaha dengan modal 0 rupiah? Kenapa tidak. Buat kamu yang mau mulai usaha tapi terkendala modal, menjadi dropshipper adalah pilihan yang tepat sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari internet. Salah satu eCommerce yang menjual barang-barang murah import adalah Aliexpress. Jadi kamu bisa mulai dropship dari sana.

    Kunci menjadi seorang dropshipper yang sukses adalah kemampuan memasarkan produk dengan baik di internet. Baik itu beriklan di sosial media ataupun website. Sebelumnya kamu perlu melakukan riset produk yang akan kamu jual dan ketersediaan produk.

    Dengan menjadi dropshipper kita tidak perlu repot memproduksi produk sendiri, bahkan tidak perlu repot melakukan packing dan mengirim barang kepada pelanggan. Cukup pasarkan, jual dan nikmati hasilnya. Agar terlihat lebih profesional kamu bisa mulai membuat website sendiri lewat platform Shopify. Platform ini membantu kamu dalam pembuatan website eCommerce yang sangat mudah dan kaya akan fitur seperti manajemen produk, pembayaran, inventarisasi sampai pengiriman.

  • 5. Menjual Foto


    Kalau kamu punya kemampuan fotografi yang baik dan mempunyai smartphone yang mendukung kualitas HD, menjual hasil foto patut dicoba. Kamu bisa menjual foto hasil tangkapan smartphone. Cara mendapatkan uang dari internet dengan cara ini terbilang simple lho guys.

    Kamu hanya dituntut untuk rajin menghasilkan foto yang bagus dan layak, bisa dengan objek alam, manusia, lifestyle dll. Selanjutnya upload foto kamu tersebut ke situs penyedia stock foto, salah satunya adalah Shutterstock. Kalau foto kamu menarik, bukan tidak mungkin ada yang memakai foto kamu untuk berbagai keperluan. Dengan begitu kamu akan mendapatkan yang karena mereka sudah membayar hak cipta milikmu.

  • 6. Menjual Jasa / Freelance


    Kalau kamu ahli dalam bidang tertentu seperti copywriter, desain grafis, website developer, SEO dll maka keahlian kamu tersebut dapat menjadi ladang uang. Jasa adalah salah satu bisnis yang paling menguntungkan sepanjang masa, di dunia ini banyak sekali jasa yang dihasilkan karena adanya internet.

    Saat ini sudah banyak sekali platform atau marketplace yang menyediakan penawaran jasa di seluruh dunia. Diantaranya adalah freelancer.com, sribulancer dan masih banyak lagi. Kamu cukup membuat akun serta melengkapi deskripsi yang dibutuhkan seperti nama, keahlian dan menentukan harga untuk setiap jasa yang kamu tawarkan. Dalam menentukan harga sebaiknya bandingkan juga dengan penyedia jasa yang serupa dengan kamu ya. Jangan sampai karena harga terlalu mahal perusahaan enggan menggunakan jasa kamu.

    Demikian beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan uang dari internet. Untuk tahap awal mungkin agak berat namun jika kita melakukannya dengan serius maka percayalah kamu akan menikmati hasilnya. Semoga artikel ini bermanfaat yang Rocketers, kalau kamu punya cara sendiri untuk mendapatkan uang dari internet jangan lupa komentar di bawah ya.