Anti Boros, Ini Dia Cara Menghemat Kuota

Maret 25, 2022

Anti Boros, Ini Dia Cara Menghemat Kuota

Cara Menghemat Kuota - Penggunaan internet kini sudah menjadi bagian dari kebutuhan hidup sehari – hari. Bukan hanya kegiatan seperti WFH atau School From Home saja yang membutuhkan internet, tetapi hampir semua kegiatan saat ini membutuhkan internet. Bahkan dalam berkomunikasi sehari – hari pun kita membutuhkan internet. Untuk itu kita memerlukan layanan internet yang memiliki sinyal bagus dan stabil, terlebih lagi yang tidak menguras kantong. Memang benar, biaya internet tergantung dari pemakaian nya maka dari itu kita harus pintar pintar untuk mengatur pemakaiannya.

Salah satu untuk mengurangi dan menghemat kuota internet adalah dengan menggunakan wifi rumah alih – alih menggunakan mobile data. Tetapi, tetap saja kita harus pintar dalam memilih provider dan paket internet yang akan dipilih yang harus sesuai dengan kebutuhan kita. Meskipun kita sudah memasang wifi rumah, tetapi pada saat kita berada diluar rumah, sudah pasti kita akan menggunakan jaringan internet melalui mobile data kita. Nah berikut adalah cara menghemat kuota internet yang bisa kamu lakukan

1. Ubah fitur location ke mode offline

Jika kamu sedang tidak menggunakannya, sebaiknya kamu merubah fitur location menjadi mode offline. Selain bisa membuat pemakaian baterai menjadi lebih boros, fitur location juga termasuk salah satu fitur yang bisa menghabiskan banyak kuota. Apalagi jika kamu menggunakan fitur ini untuk mengirim real time location, navigasi atau untuk melihat map dengan mode satelit. Untuk itu, nyalakan fitur ini hanya ketika digunakan saja.

 

2. Batasi auto update aplikasi

Untuk menghemat kuota selanjutnya adalah batasi update aplikasi. Rubah settingan kamu untuk update aplikasi hanya dengan menggunakan wifi saja. Mungkin jika hanya 1 aplikasi saja yang terupdate otomatis tidak akan begitu banyak menyedot kuota, tetapi bayangkan jika ada banyak aplikasi yang update secara bersamaan, sudah pasti akan membuat kuota kamu akan cepat habis.

 

3. Matikan fitur auto download pada chat atau email

Sama dengan cara sebelumnya, dengan mengaktifkan auto download sudah pasti semua attachment yang masuk di dalam aplikasi chatting atau email akan otomatis terdownload, apalagi jika attachment tadi memiliki size yang cukup besar. Seperti foto maupun video. Jika kamu tidak mengaktifkan fitur auto download, kamu masih bisa menyeleksi attachment apa saja yang memang perlu kamu download, dan juga kamu pun bisa mendownload nya pada saat tersambung ke wifi. Hal ini sangat efektif untuk menghemat kuota mobile kamu.

 

4. Batasi penggunaan background data

Hal yang sering kali tanpa kita sadari dapat membuat kuota cepat habis adalah penggunaan background data. Matikan penggunaan background data dengan mengatur nya di setting hp kamu. Kemudian pilih data usage lalu kemudian pilih restrict background data kemudian OK.

 

5. Batasi streaming online

Streaming online memang menyenangkan, kita bisa menonton apapun secara mobile, tetapi kegiatan ini bisa membuat kuota kalian bisa cepat banget habis. Nah, untuk menghemat kuota disarankan untuk kamu membatasi streaming online, atau bisa juga kamu bisa download terlebih dahulu acara atau film yang ingin kamu tonton ketika menggunakan wifi, setelah itu kamu bisa menontonnya secara offline. Atau kamu juga bisa mengatur settingan data kamu supaya terkontrol penggunaannya.

 

6. Pasang wifi rumah dengan provider internet dengan harga yang terjangkau

Cara ini bisa dibilang efektif banget untuk bisa menghemat kuota kamu. Dengan memasang wifi rumah, otomatis kuota kamu selama berada dirumah akan hemat. Terlebih lagi jika kalian melakukan kegiatan dirumah seperti wfh ataupun school from home, akan sangat menghabiskan kuota jika kamu menggunakan mobile data. Sebelum kamu memasang wifi rumah, baik nya kamu cukup selektif dengan provider internet yang nantinya akan kamu gunakan. Selain harga yang terjangkau, kamu harus memilih paket internet yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan juga keluarga dirumah. Salah satu provider internet terbaik yang memiliki banyak pilihan paket yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu adalah MyRepublic. Dijamin kegiatan internetan kamu akan semakin lancar dan pastinya harganya pun terjangkau. Untuk cari tau lebih banyak tentang pilihan paketnya, kamu bisa cek disini.

 

Itu tadi beberapa cara agar kamu bisa menghemat kuota. Perlu diingat, hemat kuota sama dengan menghemat uang. Jadi semakin kamu pintar dalam mengontrol penggunaan internet, sudah pasti kamu bisa menghemat banyak uang.

Baca Juga: Internet Lemot? Ini Dia Cara Aman Mempercepat Koneksi Agar Tetap Lancar

deretan film indonesia terbaru

Klik Untuk Berlangganan
//