8 Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Follower Instagram

November 06, 2021

8 Cara Terbaik Untuk Meningkatkan Follower Instagram

Saat ini Instagram menjadi jejaring sosial yang paling sering diakses di antara para pengguna internet di Indonesia. Tidak hanya untuk jejaring sosial yang sifatnya personal tetapi Instagram juga menjadi salah satu platform untuk menjalankan bisnis atau usaha. Untuk kamu yang sudah mulai mencoba bisnis dan usahamu di Instagram, pasti ingin dong bisnismu makin dikenal dan jumlah follower mu semakin banyak. Nah berikut adalah 8 cara terbaik untuk meningkatkan jumlah follower di Instagram

1.Buatlah Feed dengan visual yang bagus secara konsisten

Ketika berbicara tentang Instagram, visual adalah segalanya. Anda membutuhkan gambar dan video yang menarik dan dengan kualitas yang tinggi, dan hal ini sudah pasti akan menarik para audiens.

Manfaatkan warna dan filter dengan baik sehingga gambar kamu tidak hanya terlihat bagus tetapi juga memberikan tampilan dan nuansa yang konsisten ke seluruh halaman Instagram. Idealnya, Kamu harus tetap beracuan pada kombinasi warna dan gaya visual yang menjadi ciri khas brand kamu.

Seperti contoh Instagram MyRepublic Indonesia berikut, warna ungu ciri khas brand selalu menjadi elemen yang menonjol dalam setiap postingannya.

2. Selalu update dengan perubahan dan pembaruan dalam fitur dan sistem Instagram.

Instagram terus berkembang, yang berarti brand juga harus selalu mengikuti tren dan fitur terbaru. Jika kamu selalu update dengan perkembangan Instagram, hal ini akan memberi kamu pandangan ke depan untuk memanfaatkan perubahan dan pembaruan ini di depan pesaing Anda.

Saat ini Instagram sudah menambah beberapa fitur untuk konten seperti IGTV, Reels dan Instagram Shopping yang bisa dimanfaatkan brand kamu untuk menarik audiens dan follower baru serta meningkatkan brand awareness yang nanti nya sudah pasti akan meningkatkan konversi angka penjualan untuk bisnis dan usaha kamu.

Selain fitur di atas, Instagram juga sudah terus meningkatkan fitur yang ada seperti filter yang kini berkembang dengan filter augmented reality yang bisa kamu gunakan di Instagram Story. Filter ini memiliki visibilitas yang lebih baik dan dapat melibatkan audiens dimana hal ini juga sangat bagus untuk promosi brand kamu.


Source : Netflix

Dengan selalu update dengan semua pembaruan ini, memungkinkan Anda memanfaatkannya sesegera mungkin dan menemukan cara baru untuk melibatkan audiens Anda.

3. Mengerti keinginan audiens

Meskipun para audiens tidak secara eksplisit mengungkapkan pemikiran mereka, perilaku dan tindakan audiens dapat memberi tau kamu banyak hal tentang apa yang ingin mereka lihat. Kamu harus bisa menggunakan analitik media sosial untuk mengetahui jenis konten seperti apa yang disukai oleh para audiens mu.

Jika akun kamu sudah berupa Instagram bisnis, kamu akan mendapatkan fitur insight. Fitur insight dapat memberitahu kamu tentang format konten mana yang paling banyak berinteraksi? Pendekatan seperti apa yang paling berhasil membuat mereka berkomentar? Dan dengan hasil report insight ini kamu bisa berstrategi lagi dan juga kamu bisa mendapatkan ide – ide yang lebih menarik lagi dalam pembuatan konten kamu berikut nya.

4. Pemilihan waktu posting

Meskipun algoritme Instagram terus berubah, satu hal yang tetap konsisten adalah prioritas pada engagement. Waktu yang tepat untuk memposting adalah pada saat audiens kamu aktif, hal ini dapat meningkatkan visibilitas dan engagement.

Hasil riset studi tentang penggunaan media sosial, menunjukkan bahwa hari Selasa biasanya merupakan hari terbaik untuk memposting, dengan jam sibuk adalah pukul 11.00 hingga 14.00.

Namun, waktu optimal dapat bervariasi dan tergantung pada beberapa faktor seperti lokasi, industri yang dijalankan dan perilaku audiens. Untuk itu, kamu harus pelajari lebih lanjut dan menganalisa akun kamu untuk bisa menemukan waktu postingan yang tepat dan dapat dapat berjalan secara optimal. Kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi yang bisa menganalisa waktu aktif audiens dari akun kamu.

5. Buat konten visual mu bercerita

Untuk membuat brand kamu meninggalkan dampak yang berkesan dan bertahan lama, kamu harus membuat konten yang mudah diingat. Buatlah konten mu sekreatif mungkin dan sisipkan cerita yang menarik untuk dibaca.

Source : Tokopedia

Seperti contoh akun Instagram Tokopedia di atas, seperti yang diketahui Tokopedia adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia, dan di salah satu postingan nya yang menjual alat masak, Tokopedia menampilkan visual bukan hanya alat masak nya saja, tetapi dipercantik dengan ruangan dapur yang simple dan modern dan kemudian diperkuat dengan kata kata di dalam nya.

6. Pergunakan Hashtags

Jadikan hashtags menjadi elemen penting dalam setiap postingan kamu. Penggunaan hashtags membantu konten kamu muncul di hasil pencarian dan di halaman Jelajahi orang-orang yang telah melihat atau berinteraksi dengan konten serupa. Dan sangat memungkinkan untuk menarik banyak follower.

Manfaatkan hastags khusus yang terkait dengan brand atau produk kamu.

7. Buat konten yang berisi Game, tantangan dan kontes berhadiah

Salah satu cara terbaik di Instagram untuk menghasilkan banyak interaksi adalah menggunakan game, kontes, dan tantangan. Ini cenderung sangat menarik karena melibatkan langsung partisipasi audiens. Jika kamu memberikan hadiah dengan kontes dan permainan, audiens kamu lebih mungkin untuk terlibat karena mereka memiliki kesempatan untuk mendapatkan hadiah dari merek yang mereka ikuti atau yang terkait dengan minat mereka.

Kamu dapat membuat kuis dan permainan trivia yang menyenangkan untuk membuat audiens berkomentar. Atau kamu dapat menjalankan kontes giveaway yang melibatkan orang-orang yang menyukai, berkomentar, berbagi, atau menandai teman-teman mereka di kolom komentar.

Source : Tokopedia

Kamu juga dapat membuat tantangan yang melibatkan pengikut Anda untuk mengambil tindakan tertentu. Seperti contoh “Ice bucket challenge” atau menari dan menyanyi dengan tema tertentu. Dorong mereka untuk berbagi konten yang menunjukkan mereka melakukan tantangan, yang mendorong lebih banyak visibilitas brand kamu saat mereka diharuskan untuk mengikuti akun kamu, menggunakan hashtags yang relevan dengan brand, dan menandai akun kamu.

8. Gunakan iklan berbayar Instagram untuk memperluas jangkauan

Analisis Media Sosial Ignite menemukan bahwa dari 150.000 pengikut, hanya 14.100 yang akan melihat pos organik di feed mereka. Kamu dapat meningkatkan visibilitas akun kamu dan mempromosikan Instagram akun kamu dengan lebih baik dengan menggunakan iklan berbayar. Penargetan berbayar dapat membantu konten kamu mendapatkan jangkauan di luar audiens saat ini yang melihatnya dalam konten organik mereka yang disajikan secara algoritmik dan juga dapat mendapatkan potensial untuk follower baru.

Gunakan iklan berbayar untuk menargetkan pengguna yang mungkin tertarik dengan produk dan konten kamu. Iklan Instagram memungkinkan kamu untuk menampilkan brand kamu kepada orang yang tepat dengan menggunakan opsi penargetan yang sangat terperinci. Ini berarti kamu dapat menarik follower dan pelanggan baru.

Itu tadi 8 Cara Terbaik untuk meningkatkan follower instagram, sudah cukup jelas dan bisa kamu terapkan di Instagram kamu kan? Yuk mulai dicoba dan jangan lupa selalu buat konten plan supaya kamu bisa mengatur strategi untuk lebih baik lagi.

Klik Untuk Berlangganan