6 Pekerjaan Freelancer Untuk Pemula Yang Bisa Dikerjakan Dari Rumah

Agustus 13, 2021

6 Pekerjaan Freelancer Untuk Pemula Yang Bisa Dikerjakan Dari Rumah

Saat ini bekerja dari rumah secara online yang bisa mendapatkan penghasilan tidak kalah banyak dengan yang bekerja kantoran bukan lah sesuatu hal yang mustahil. Jika kita mengetahui cara dan tahu skill apa saja yang kita bisa, maka kita bisa memperoleh penghasilan yang memuaskan. Contohnya pekerjaan menjadi freelancer, salah satu pekerjaan yang bisa kita pilih sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Tidak hanya satu pekerjaan, bahkan kita bisa melakukan berbagai macam pekerjaan freelance asalkan kita bisa mengaturnya dengan baik. Sudah pasti, dengan semakin banyak pekerjaan freelance yang kita ambil, semakin banyak pula pundi pundi yang kita hasilkan. Berikut 6 pekerjaan freelancer untuk pemula yang bisa dikerjakan dari rumah :

1. Social Media Manager

Kebanyakan orang saat ini banyak menghabiskan waktu dengan membuka social media dan ternyata social media juga dapat menghasilkan uang. Social media menjadi salah satu tempat orang untuk promosi, baik itu untuk produk ataupun image. Untuk itulah diperlukan social media manager dimana fungsinya adalah untuk membuat dan membagikan konten, menjawab dan memberikan feedback atas semua pertanyaan dan juga pesanan yang masuk melalui social media tersebut serta memikirkan strategi untuk meningkatkan traffic dan juga follower baru dimana hal ini akan berdampak dengan penghasilan yang akan didapatkan. Berapa banyak gaji yang didapatkan jika menjadi social media manager? Pekerjaan ini biasanya dibayarkan sesuai dengan jam kerja yang dilakukan, dan biasanya penghasilannya berkisar 100.000 – 200.000/jam. Pekerjaan ini sangat cocok untuk kalian yang aktif di sosial media.

2. Design Graphis

Tidak dipungkiri lagi, semua perusahaan pasti membutuhkan seorang desain graphis. Baik itu perusahaan besar maupun UMKM sekalipun. Mengingat gaji seorang design grafis tergolong cukup mahal, kini banyak perusahaan – perusahaan yang memakai jasa freelance desain graphis. Biasanya untuk desain graphis ini akan dibayarkan sesuai dengan project yang dijalankan. Makin besar project nya, sudah pasti juga semakin mahal bayarannya.

3. Content Writer

Jika kamu orang yang gemar menulis, pekerjaan ini dapat dijadikan sebagai pekerjaan yang cukup menghasilkan. Kamu bisa membuat blog, artikel, ebook dan juga menulis tentang deskripsi produk. Pekerjaan ini terbilang cukup mudah, hanya mengandalkan kemampuan kalian dalam menulis sesuatu yang orisinil. Pekerjaan ini biasanya dibayarkan per artikel atau per penulisan, dan banyak juga yang dibayarkan dengan ukuran jam kerja nya.

4. Asisten Virtual

Pekerjaan ini sangat cocok untuk pemula yang belum punya pengalaman. Tidak perlu keahlian khusus, jika kalian memiliki waktu luang yang cukup banyak dan termasuk orang yang sangat terorganisir, pekerjaan ini cocok untuk kalian. Banyak pengusaha sukses yang cukup sibuk mengelola bisnis nya dan tidak memiliki asisten pribadi di kantor, mereka akan menggunakan jasa asisten virtual ini untuk membantu mereka dalam membuat janji, membalas email, mengatur jadwal dan juga mengontrol sosial media mereka. Pendapatan untuk pekerjaan ini bisa dibilang cukup lumayan untuk pekerjaan yang tidak memerlukan keahlian khusus.

5. Data Entry

Perusahaan banyak menggunakan jasa freelance data entry untuk membantu mereka dalam mengolah data, membuat spreadsheet, dan bahkan laporan keuangan yang nantinya akan digunakan sebagai strategi dalam penjualan. Sama seperti asisten virtual, pekerjaan ini tidak memerlukan keahlian khusus, cukup membutuhkan orang yang teliti dalam mengerjakannya. Pekerjaan ini pun terbilang cukup mudah karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Untuk pendapatan dari pekerjaan ini terbilang tidak cukup besar, tetapi untuk pemula dan tidak membutuhkan keahlian khusus bisa terbilang cukup lumayan.

6. Customer Service

Saat ini banyak perusahaan yang mempekerjakan customer service secara freelance untuk membantu mereka dalam menangani customer dan juga komplain yang masuk. Pekerjaan ini pun tergolong cukup mudah dan cocok untuk pemula. Hanya bermodalkan telepon saja kamu sudah bisa mendapatkan pekerjaan ini, pastinya ada beberapa training yang akan diajarkan dalam menangani customer sebelum kamu memulai pekerjaan ini.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba berbagai pekerjaan freelancer untuk pemula diatas. Selain bisa menghasilkan pendapatan, tentunya pekerjaan ini akan memberikan kamu pengalaman dalam dunia pekerjaan terutama untuk para pemula. Seperti pepatah berikut ini “Finding jobs is one thing – getting hired is a different story. And it’s especially hard if you’re a total beginner with no idea on how to proceed.” Selamat mencoba!

Klik Untuk Berlangganan