5 Alternatif Web Browser Yang Cepat dan Aman Selain Google

Desember 03, 2021

5 Alternatif Web Browser Yang Cepat dan Aman Selain Google

Alternatif Web Browser Yang Cepat dan Aman Selain Google - Mungkin selama ini kamu hanya tau Google sebagai satu – satu nya web browser yang ada. Ternyata banyak sekali alternatif web browser yang bisa kamu gunakan untuk menjelajah internet dan mencari apapun yang kamu mau. Selain aman dan terpercaya beberapa web browser yang akan kita bahas juga memiliki fitur dan kelebihannya masing – masing. Berikut 5 alternatif web browser yang bisa kamu gunakan :

  • Mozilla Firefox

alternatif web browser

Browser yang dirancang oleh Mozilla Foundation pada tahun 2002 ini awalnya diberi nama Phoenix. Browser ini disambut dengan antusias oleh para pengguna nya, dan pada tahun 2008 Mozilla berhasil menarik pengguna internet dengan hasil lebih dari 500 juta kali unduh. Mozilla memiliki beberapa kelebihan yang menarik para penggunanya, diantaranya adalah : Bebas iklan, jaminan keamanan yang bagus, memiliki berbagai jenis add on, fitur reader view dan tab history. Selain kelebihan yang dimiliki, tentunya ada kekurangannya dari browser ini, yaitu : menghabiskan banyak memori dan metode download yang belum otomatis.

Pada tahun 2017, Mozilla firefox meluncurkan versi terbaru nya yang diberi nama Mozilla Firefox Quantum yang tentu saja memiliki fitur yang lebih cepat dan canggih dibanding versi sebelumnya. Tapi sayangnya, semenjak tahun 2019 kemarin, nasib perusahaan browser ini sepertinya diambang kehancuran akibat banyak nya krisis internal yang terjadi.

  • Opera

alternatif web browser

Meskipun Opera tidak mendominasi, Opera masih menjadi salah satu alternatif web browser yang cepat dan aman sampai saat ini. Bahkan beberapa sistem operasi seperti Windows, Linux, MAC, OS X hingga smartphone masih merekomendasikan browser ini.

Opera dikemas dengan fitur-fitur yang berguna, dan salah satu favorit nya adalah Opera Turbo, yang dapat mengkompresi data internet seperti gambar sehingga semuanya dimuat lebih cepat meski pada koneksi yang buruk sekalipun. Kamu juga bisa mendapatkan mode hemat baterai yang praktis, jadi saat unduhan kamu lambat setidaknya kamu tidak perlu khawatir baterai laptop akan habis.

Keunggulan lain dari browser ini adalah VPN Gratis, Fitur keamanan yang lengkap, Pemblokiran iklan pop up dan memiliki berbagai pilihan fitur add on. Sayang nya browser ini dalam pencarian fitur nya masih belum user friendly dan tidak memiliki bar loading.

  • Vivaldi

alternatif web browser

Vivaldi diciptakan oleh mantan pengembang Opera yaitu Jon Stephenson. Dan seperti Opera, ia memiliki fitur fitur yang berbeda dan lebih inovatif dari browser lainnya. Vivaldi adalah tentang penyesuaian, dan Anda dapat mengubah hampir semua hal mulai dari cara navigasi bekerja hingga tampilan antarmuka pengguna.

Keunggulan dari Vivaldi adalah Fitur Blink Rendering Engine (fitur yang bisa mengatur halaman interface sebebas mungkin, mulai dari tema, posisi tab hingga pengaturan mouse), Fitur Note dan Screen Capture, Fitur Page Tiling (penggabungan dua hingga empat halaman situs yang berbeda menjadi satu tampilan), Fitur Preview Tab dan berbagai macam fitur add on lainnya yang sama dengan Chrome. Kekurangan browser ini hanyalah pada penggunaan memori yang besar.

  • Yahoo! Search

alternatif web browser

Diciptakan pada tahun 1995 dan kemudian populer di tahun 2000-an, Yahoo! Search menjadi salah satu browser terbaik yang menjadi pesaing Google. Tidak hanya memiliki fitur pencarian, Yahoo! Juga memiliki fitur Yahoo! Answer dimana fitur ini berintegrasi dengan berbagai layanan informasi. Tidak hanya itu, Yahoo! Juga memiliki fitur lainnya seperti Yahoo! Mail, News, Finance dan Sport.

Kini Yahoo! Bekerjasama dengan Microsoft dan Bing untuk menghasilkan pencarian yang lebih lengkap dan relevan bagi para penggunanya.

  • UC Browser

alternatif web browser

Browser yang cukup populer di kalangan pengguna smartphone ini juga menjadi salah satu browser terbaik. Browser yang diciptakan di tahun 2004 terbilang browser yang memiliki kualitas yang cukup mumpuni yang bisa memberikan pengalaman berinternet yang lebih baik bagi para penggunanya.

Keunggulan dari UC Browser ini adalah memiliki kecepatan download yang cukup cepat, menjamin keamanan privasi, dan cukup menghemat kuota. Dan kekurangan nya adalah tidak adanya pemblokiran iklan sehingga banyak notifikasi yang muncul dan tidak mendukung RSS Feed serta Javascript.

Pemilihan browser sangat penting untuk memiliki pengalaman berinternet yang nyaman, jangan lupa tambahkan fitur fitur pendukung lainnya seperti password manager, fitur proteksi dan juga update browser.

Semoga referensi alternatif web browser yang cepat dan aman tadi bisa membantu kamu untuk bisa berinternet dengan nyaman, jangan lupa demi menambah kenyamanan kamu dan supaya internetan kamu tetap cepat dan gak putus – putus, pastikan juga ya untuk memakai provider internet terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Baca Juga: Cara Cek Imei HP Mudah & Cepat. Bisa Melacak HP Hilang

 

Klik Untuk Berlangganan
//