3 Fungsi Penting Router Untuk Internet Rumah Dan Cara Kerjanya

Agustus 30, 2021

3 Fungsi Penting Router Untuk Internet Rumah Dan Cara Kerjanya

Kalian pengguna internet rumah pasti sudah sering mendengar kata “Router” tapi apakah kalian sudah tau apa sih fungsi router itu? dan bagaimana cara kerjanya.

Router adalah perangkat yang mengirimkan data melalui jaringan internet dan menghubungkan ke semua perangkat yang terhubung ke internet rumah kamu. Proses ini disebut juga dengan proses routing. Lalu, apa beda router dengan modem? Sebenarnya antara router dengan modem adalah alat yang sama sama mengirimkan data, tetapi tujuan nya yang berbeda. Modem mengambil data dari pusat internet dan kemudian mengirimkannya kepada router. Sedangkan router mengambil data dari modem yang kemudian dikirimkan ke seluruh perangkat yang terhubung dengan jaringan internet.

Berikut adalah 3 fungsi router :

  • Penghubung Jaringan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, salah satu fungsi router adalah sebagai penghubung jaringan dengan perangkat yang terhubung dengan internet.

  • Transmisi Informasi

Router juga berfungsi sebagai alat untuk mentransmisikan informasi atau data dari jaringan yang satu ke jaringan lainnya. Misalkan, jika kamu tinggal dirumah yang memiliki 2 lantai, pernahkah kamu berfikir dengan cara apa koneksi internet bisa sampai di lantai 2 rumah kamu? Dan apakah koneksi dari internet tersebut bisa terjangkau ke seluruh rumah? Nah disinilah fungsi ini bekerja. Dengan memasang router di lantai 1 dan lantai 2 rumah kamu, maka router utama akan mentransmisikan informasi atau data tersebut ke router selanjutnya yang menyebabkan koneksi internet dapat terjangkau ke seluruh bagian rumah.

  • Penghubung antara jaringan dengan DSL

Fungsi berikut nya adalah sebagai jembatan atau penghubung antara jaringan dengan DSL (Digital Subscriber Line) sehingga dapat terpasang nya firewall yang berfungsi sebagai penyaring dari data data yang akan diteruskan.

Setelah mengetahui betapa penting fungsi dari router ini, pastinya kamu perlu tau juga dong, hal hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan router agar koneksi internet rumah kamu lancar tanpa hambatan. Saat ini jika kamu berlangganan internet rumah atau Wi-Fi sudah pasti ISP (Internet Service Provider) akan menyediakan router sebagai bagian dari service nya, dan biasanya hanya 1 unit saja. Dan jika kamu memerlukan router tambahan atau ingin menggunakan router yang berbeda dengan apa yang sudah ISP kamu berikan, berikut hal – hal yang kamu perlu perhatikan dalam pemilihan router :

  1. Perhatikan cakupan atau jangkauan nya. Cari router yang memiliki kemampuan untuk menjangkau sudut terjauh rumah kamu. Juga, cari yang memiliki jaringan mesh untuk memperluas kemampuan Wi-Fi di seluruh rumah.
  2. Perhatikan performa nya. Pastikan Anda memiliki router yang menggunakan teknologi terbaru dan telah memperbarui firmware. Contohnya adalah yang sudah memiliki teknologi multi user, multiple input dan multiple output. Dengan teknologi terbaru ini, memungkinkan router Wi-Fi untuk berkomunikasi dengan beberapa perangkat secara bersamaan. Ini mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan kecepatan jaringan.
  3. Perhatikan sistem keamanannya. Sekarang ini cyber crime atau kejahatan digital makin marak. Mereka dapat melakukan hal – hal buruk pada perangkat kamu. Seperti mengirimkan virus bahkan dapat mengakses ke akun – akun digital keuangan dan pribadi kamu. Untuk itu cari router yang memiliki fitur keamanan bawaan, seperti pembaruan sistem yang sudah otomatis, memiliki karantina perangkat dan pembaruan firmware yang legal.
  4. Perhatikan sistem kontrol nya. Pastikan kamu membeli router yang dapat kamu kendalikan dengan mudah, tidak hanya mudah dipasang tapi juga mudah untuk digunakan. Saat ini banyak router yang sudah dilengkapi dengan aplikasi ramah pengguna, kontrol orang tua, batas waktu penggunaan, dan manajemen jaringan.

Sebagai informasi, MyRepublic memiliki produk dengan router berteknologi tinggi dan dengan jangkauan yang luas. Pastinya dengan harga yang sangat terjangkau. Selengkapnya cek disini

Router pun memiliki beberapa tipe, ada yang kita sebut wireless router (router tanpa kabel/nirkabel) dan wired router (router dengan kabel). Dari kedua tipe ini apa sih perbedaan dan kelebihannya :

  1. Wireless Router, tipe router ini adalah router yang langsung terhubung dengan modem dengan menggunakan antena internal.
  2. Wired Router, tipe router ini masih menggunakan kabel untuk mendistribusikan data atau informasi yang diterima. Router ini juga dilengkapi dengan port yang langsung terhubung dengan modem.

Setelah kita membahas tentang fungsi dan tipe dari router, kita perlu tau sebenarnya bagaimana cara kerjanya. Dirumah ada banyak perangkat yang bisa terhubung ke internet, mulai dari ponsel, Smart TV, Komputer, Laptop dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan router, perangkat perangkat tadi akan membentuk jaringan berupa informasi atau data, dan router yang akan merapikan jaringan jaringan yang keluar dan diterima oleh perangkat perangkat tersebut dengan cepat dan efisien.

Untuk kamu yang berencana memperbarui router atau akan membeli router dengan teknologi terbaru, semoga dengan penjelasan diatas sudah cukup bisa membantu. Dan yang paling penting, pilih router yang sesuai dengan kebutuhan internet rumah kamu.

Klik Untuk Berlangganan