12 Film Indonesia Terbaik Sarat Makna Dan Pesan Moral

September 02, 2020

12 Film Indonesia Terbaik Sarat Makna Dan Pesan Moral

Film Indonesia Terbaik - Industri perfilman Indonesia terus mengalami perkembangan dan semakin banyak ragam genre yang diciptakan. Dari sekian banyak film dengan alur cerita dan genre yang diberikan untuk meramaikan industri perfilman Indonesia, ada beberapa film Indonesia terbaik yang wajib kamu tonton sebagai penikmat film.

Berikut ini adalah daftar film Indonesia terbaik yang wajib kamu tonton:

    • 1. Laskar Pelangi (2008)

      Film Laskar Pelangi adalah adaptasi dari novel Andrea Hirata yang menceritakan tentang kehidupan 10 anak yang berasal dari keluarga miskin yang berjuang untuk menempuh pendidikan dengan segala keterbatasan di sekolah Muhammadiyah, Belitung.

      Film ini juga menggambarkan bagaimana masalah sosial, yaitu kontrasnya antara sekolah miskin dan sekolah mewah milik salah satu perusahaan tambang di Belitung pada tahun 70-an.

      Film ini berhasil mendapatkan 4.719.453 orang penonton dan menjadi favorit hampir di semua kalangan baik anak-anak hingga dewasa.

    • 2. Ayat-Ayat Cinta (2008)

      Film ini bercerita tentang kisah pemuda indonesia bernama Fahri (Fedi Nuril) yang menimba ilmu di negeri Arab dan dipertemukan dengan seorang muslimah bercadar yang taat beragama dan cantik, yaitu Aisyah (Rianti Cartwright).

      Pertemuan mereka berlanjut hingga ke jenjang pelaminan. Namun, pernikahan mereka diuji dengan datangnya salah satu perempuan yang beragama non Islam, Maria (Carissa Puteri). Bagaimana kelanjutan kisah cinta antara mereka?

      Film adaptasi sebuah novel karya Habiburrahman El Shirazy dengan judul yang sama ini memiliki alur cerita percintaan yang menarik dan unik. Film yang tayang pada tahun 2008 ini berhasil meraup jumlah penonton hingga 3.676.210.

    • 3. Habibie & Ainun (2012)

      Film yang diangkat berdasarkan kisah nyata percintaan antara mantan presiden Indonesia B.J. Habibie dan istrinya Ainun, menyuguhkan romansa percintaan keduanya saat masih duduk dibangku SMP. Cinta mereka terbangun selama perjalanan kehidupan mereka untuk mewujudkan mimpi masing-masing.

      Film ini menggambarkan romansa cinta sejati yang tidak hanya ditunjukkan dengan kasih sayang, tapi juga didampingi dengan pengorbanan, godaan, dan kesendirian. Film ini berhasil membuat penonton terlarut mengikuti kisahnya dari awal hingga akhir. Kisah cinta yang membuat penonton kagum. Kisah cinta yang membuat penonton terbuai dan menjadi kisah cinta yang menginspirasi penonton. Tidak salah kalau film ini wajib masuk dalam daftar film terbaik indonesia

    • 4. The Raid Series 1 & 2 (2011 & 2014)

      The Raid 1 atau diberi nama The Raid: Redemption ini menceritakan kisah seorang polisi bernama Rama (Iko Uwais) yang bertugas dengan timnya untuk menyerbu suatu apartemen yang menjadi pabrik narkoba. Film aksi seni bela diri ini menyuguhkan banyak scene perkelahian seni bela diri silat dan juga perkelahian baik dengan tangan kosong hingga senjata api.

      Sedangkan untuk film seri ke-2 nya yang diberi nama The Raid 2: Berandal ini menceritakan kelanjutan tokoh Rama yang sedang ditugaskan penyamaran untuk membasmi oknum polisi yang korupsi dan para komplotan geng kriminal.

      The Raid berhasil menjadi salah satu film Indonesia terbaik oleh para kritikus dan penonton internasional. Film ini juga ditayangkan pada beberapa festival film internasional, salah satunya adalah Festival Film Internasional Toronto

    • 5. Gie (2005)

      Film indonesia terbaik selanjutnya ada film Gie yang mengangkat biografi, kisah seorang tokoh nasional Indonesia dan mahasiswa universitas ternama di Indonesia, Soe Hok Gie. Film Gie ini menunjukkan bagaimana seorang mahasiswa berjuang untuk mendapatkan HAM bagi rakyat Indonesia, yang mana saat itu HAM menjadi persoalan yang kurang diperhatikan oleh pemerintahan Indonesia.

      Selain alur ceritanya, daya tarik film ini adalah pemeran Gie, Nicholas Saputra yang mampu berperan maksimal seakan mengajak orang untuk menonton film ini. Film ini juga berhasil meraih film cerita panjang terbaik dan pengarah sinematografi terbaik pada Piala Citra FFI.

    • 6. Dilan 1990 (2018)

      Film yang diadaptasi dari novel best seller dengan judul yang sama ini menyuguhkan realita kisah cinta tahun 90-an antara sepasang remaja bernama Dilan dan Milea di daerah Buah Batu, Bandung.

      Kisah cinta Dilan dan Milea mereka berawal dari masa-masa manis di SMA dan diwarnai dengan kehidupan geng motor, kenakalan masa remaja, kehidupan Bandung saat itu dan kesederhanaan para tokoh pada tahun 1990. Film ini berhasil menembus jumlah penonton sebanyak 6.315.644 orang

      Daya tarik dari film ini berasal dari sosok Dilan yang memiliki keunikannya sendiri untuk meluluhkan hati sang pujaan Milea lewat gombalan-gombalan mautnya.

    • 7. Marlina si Pembunuh Dalam Empat Babak (2017)

      Film ini menceritakan kisah seorang wanita Sumba, Marline yang membunuh seorang kepala penjahat yang telah merampas hewan ternak dan harga dirinya. Dalam kisahnya, Marline hidup sendiri di puncak perbukitan sabna di Sumba, Nusa Tenggara Timur.

      Penyajian alur cerita yang berlatar belakang kehidupan sosial di Sumba ini menjadi daya tarik untuk ditonton karena juga menyuguhkan potret sosial di pelosok Indonesia.

      Dengan dialek khasnya, film Indonesia terbaik 2017 ini berhasil memanjakan mata dan telinga yang sangat jarang dibumbui dialek asli Indonesia. Ditambah dengan panorama tanah Sumba dengan iringan musik membuat penonton betah berlama-lama menonton hingga selesai.

    • 8. Rumah Dara (2009)

      Film ini menceritakan tentang satu keluarga kanibal yang menjadikan daging manusia sebagai bahan utama sebuah restoran milik mereka. Ceritanya berawal dari lima orang yang terjebak oleh keluarga tersebut karena menolong dan mengantarkan pulang salah satu keluarga kanibal tersebut.

      Kejadian mengerikan dialami oleh kelima orang tersebut. Apalagi salah satu kelima orang tersebut ialah ibu yang sedang hamil tua. Walaupun termasuk dalam genre horror, film ini sangat minim dengan kemunculan hantu. Hal ini disebabkan karena konsep tema yang ditonjolkan adalah kanibalisme dan psikopat.

      Film ini sangat tidak cocok untuk kalangan anak-anak. Buat kamu penikmat film horor dan thriller, film ini sangat direkomendasikan untuk kamu tonton.

    • 9. Cek Toko Sebelah (2016)

      Film yang cocok menyandang film terbaik indonesia kali ini adalah Cek Toko Sebelah. Film ini mengisahkan tentang kehidupan keluarga Koh Afuk yang mempunyai dua anak lelaki, yaitu Erwin (Ernest Prakasa) dan Yohan (Dion Wiyoko).

      Erwin adalah anak yang dibanggakan oleh sang ayah karena otaknya yang pintar dan karir pekerjaan yang sempurna. Dan sang kakak Yohan yang kondisinya berbanding terbalik dengan Erwin. Awalnya usaha toko koh afuk berjalan dengan lancar, hingga suatu saat kondisi mulai menurun dan mengharuskan mencari penerus toko tersebut.

    • 10. 5 CM (2012)

      Film ini bercerita tentang persahabatan antara Genta, Arial, Zafran, Riani dan Ian yang merasa berada dititik jenuh dan memutuskan untuk tidak saling menghubungi selama tiga bulan. Genta yang dianggap sebagai pemimpin, memberi kejutan dengan rencana liburan yang tidak diketahui sahabatnya yang lain. Perjalanan itu adalah mendaki Mahameru untuk mengibarkan bendera merah putih tepat pada tanggal 17 Agustus.

      Perjalanan menuju puncak Mahameru menemui banyak hambatan. Mereka harus berhadapan dengan berbagai rintangan, mulai dari cuaca sampai faktor-faktor yang ada di dalam diri mereka sendiri. Perjalanan itu adalah sebuah pertaruhan yang akan mengubah hidup mereka setelahnya, mampukah mereka mencapai puncak?

    • 11. Pengabdi Setan (2017)

      Selanjutnya ada film bergenre horor yang berjudul Pengabdi Setan. Ini merupakan sebuah film remake dari film yang berjudul sama pada tahun 1980. Film ini bercerita soal perjuangan satu keluarga setelah ibu mereka yang sudah lama sakit akhirnya meninggal dunia. Bukan hanya berjuang dengan kondisi ekonomi pas-pasan, mereka juga harus berhadapan dengan hantu berwujud “ibu” yang kembali ke rumah.

      Film ini berhasil mengantarkan Pengabdi Setan menjadi film terlaris pada 2017 dengan jumlah penonton menembus 4.206.103. Pada Festival Film Indonesia tahun 2017, film ini berhasil menyabet beberapa penghargaan seperti Tata Sinematografi Terbaik, Tata Musik Terbaik dan masih banyak lagi. Jumlah penonton yang datang ke bioskop untuk menyaksikan film ini adalah 4.206.103 orang.

  • 12. Imperfect (2019)

    Kisah ini bercerita seorang Rara (Jessica Mila) adalah gadis yang lahir dengan gen gemuk dan kulit sawo matang yang ia peroleh dari ayahnya. Sedangkan adiknya, Lulu (Yasmin Napper) membawa gen ibunya yang mantan model di tahun 90-an.

    Rara yang bekerja di perusahaan kosmetik tak jarang memperoleh perlakuan tidak mengenakkan dari rekan kerja sekantornya, tetapi Rara tetap mencintai pekerjaannya. Rara juga mendapat dukungan dari Dika (Reza Rahadian), kekasih yang mencintainya apa adanya.

    Suatu hari, Rara memperoleh peluang untuk naik jabatan di kantor. Namun, Kelvin (Dion Wiyoko), bosnya, meminta Rara untuk mengubah penampilan agar lebih menarik.

    Film ini sangat bagus ditonton oleh siapapun yang merasa insecure dengan diri sendiri, terutama yang merasa memiliki berat badan tak seimbang atau kulit yang mungkin terlalu gelap. Ya, “Imperfect: Karier, Cinta, & Timbangan” adalah film yang bakal memberi kalian semangat untuk tetap percaya diri.

 

Itu dia deretan film indonesia terbaik yang sangat sayang untuk ditonton apalagi saat ini sudah banyak tersedia platform streaming film seperti netflix dan lain lain yang menayangkan film-film diatas. Bagaimana dengan deretan film di atas? Apakah kamu punya rekomendasi lainnya? Yuk, berikan rekomendasimu di kolom komentar di bawah ya!

Klik Untuk Berlangganan